CIRI DAN PENGERTIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Ciri-ciri dan Pengertian ProfilPelajar Pancasila.Di Indonesia, Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa danbernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Itulah sebab Pancasila memilikisembilan fungsi sebagai ideologi Negara, Pancasila sebagai dasar negaraPancasila sebagai dasar negara atau sering juga disebut sebagai Dasar FalsafahNegara ataupun ideologi Negara, Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, PancasilaPancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai pandanganhidup Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atausumber tertib hukum bagi Negara Republik Indonesia, Pancasila sebagaiperjanjian luhur Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai cita-cita dan tujuanBangsa Indonesia, serta Pancasila merupakan sarana yang ampuh untuk mempersatukanBangsa Indonesia.
Dalamkaitan mewujudkan fungsi tersebut, Kemendikbud telah menjadikan Profil Pelajar Pancasila sesuai salahsatu Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuangdalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun2020-2024.
Laluseperti apa yang Profil PelajarPancasila dan bagaimana ciri-ciriProfil Pelajar Pancasila ? PelajarPancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayatyang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilaiPancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, danberakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalarkritis, dan kreatif, seperti ditunjukkan oleh gambar berikut:

Berdasarkangambar tersebut ciri-ciri Profil Pelajar Pancasila yang adminkutip dari ditpsd.kemdikbud, adalah sebagai berikut
1)Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Pelajar Indonesiayang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajaryang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaranagama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannyasehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, danberakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepadamanusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.
2)Berkebinekaan global
Pelajar Indonesiamempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiranterbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa salingmenghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dantidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaanglobal meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasiinterkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawabterhadap pengalaman kebinekaan.
3)Bergotong royong
Pelajar Indonesiamemiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatansecara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapatberjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalahkolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
4)Mandiri
Pelajar Indonesiamerupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses danhasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diridan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
5)Bernalar kritis
Pelajar yang bernalarkritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupunkuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisisinformasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritisadalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis danmengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambilKeputusan.
6)Kreatif
Pelajar yang kreatifmampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna,bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkangagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
Demikianuraian singkat ciri-ciri dan pengertian Profil Pelajar Pancasila. Semoga semuaelemen pendidikan, terutama para guru dapat mewujudkan dan mencetak generasimuda yang memiliki ciri-ciri pelajar pencasila. Terima kasih, semoga adamanfaatnya. (Sumber : ditpsd.kemdikbud)