Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEPUTUSAN KEPALA BSKAP NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

Keputusan Kepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka


KeputusanKepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Sub elemen ProfilPelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka diterbitkan denganpertimbangan bahwa  untuk  melaksanakan kebijakan Kurikulum  Merdeka, perlu  menetapkan Keputusan  Kepala  Badan Standar, Kurikulum,  dan  Asesmen Pendidikan  Kementerian Pendidikan,  Kebudayaan, Riset,  dan  Teknologi tentang Dimensi,  Elemen,  Dan Subelemen    Profil  Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

 

Profil pelajar Pancasilamerupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional.  Profil pelajar  Pancasila  berperan sebagai  referensi  utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan  termasuk  menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensipeserta didik. Profil pelajar Pancasila harus dapat dipahami oleh seluruhpemangku kepentingan karena perannya yang penting. Profil ini perlu sederhanadan mudah diingat dan dijalankan baik oleh pendidik maupun oleh pelajar agar dapat  dihidupkan dalam  kegiatan  sehari-hari. Berdasarkan  pertimbangan tersebut,profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: 1) beriman, bertakwakepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)  bergotong-royong,  4) berkebinekaan  global,  5) bernalar  kritis,  dan  6)kreatif. 

 

Keenam dimensi profilpelajar Pancasila perlu dilihat  secarautuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjanghayat yang  kompeten,  berkarakter, dan  berperilaku  sesuai nilai-nilai  Pancasila. Pendidik  perlu mengembangkan  keenam  dimensi tersebut  secara menyeluruh sejakpendidikan anak usia dini. Selain itu, untuk membantu pemahaman yang lebihmenyeluruh tentang dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila,  maka setiap  dimensi  dijelaskan maknanya  dan  diurutkan perkembangannya  sesuai dengan  tahap  perkembangan psikologis  dan kognitif  anak dan  remaja  usia sekolah.  Selanjutnya,  setiap dimensi  profil pelajar  Pancasila terdiri  dari  beberapa elemen  dan  sebagian elemen dijelaskan  lebih  konkrit menjadi  subelemen.  Berikut uraian  terkait  profil pelajar Pancasila.

 

Diktum KESATU  KeputusanKepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen BSKAP Nomor 009/H/KR/2022 TentangDimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdekmenyatakan  Menetapkan  Dimensi, Elemen,  dan  Subelemen   Profil Pelajar  Pancasila  Untuk Pembelajaran  di  Satuan Pendidikan Pelaksana KurikulumMerdeka.

 

Diktum KEDUA   KeputusanKepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen ProfilPelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka menyatakan bahwa  Dimensi, Elemen, dan Subelemen  Profil Pelajar Pancasila digunakan dalamprojek penguatan profil pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan PelaksanaKurikulum Merdeka.

 

Diktum KETUGA Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum,Dan Asesmen BSKAP Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan SubelemenProfil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdek menyatakan  Menetapkan Dimensi,  Elemen,  dan Subelemen    Profil  Pelajar Pancasila  pada  Kurikulum Merdeka  dalam  Lampiran merupakan bagian yang tidakterpisahkan dari  Keputusan ini.

 

Diktum KEEMPAT   KeputusanKepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen ProfilPelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka menyatakan bahwa  Keputusan Kepala  Badan  ini mulai  berlaku  sejak tanggal ditetapkan.

 

Selengkapnya silahkandownload dan baca Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen BSKAP Nomor009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila PadaKurikulum Merdeka, melalui salian dokumen yang tersedia di bawah ini

 

Link download Keputusan Kepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022 TentangDimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka(DISINI)

 

Demikian informs tentang Keputusan Kepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022 TentangDimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =