Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN 2021

Download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021


Download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021. Jadwal PendaftaranSekolah Kedinasan 2021 akan segera dimulai hal ini ditandai dengan rilis Buku Petunjuk Pendaftaran SekolahKedinasan 2021. Buku ini berisi tata cara pendaftaran, alur pendaftaran, hal– hal yang harus disiapkan saat melakuna pendaftaran sekolah kedinasan, sertalainnya.

 

Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan2021, pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikandan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memilikipersyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telahmempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :

1. Kartu Keluarga

2. Kartu TandaPenduduk (KTP)

3. Ijazah

4. RaporSMA/Sederajat

5. Pas foto

6. Dokumen lainsesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

 

Bagaimana Tata CaraPendaftaran Sekolah Kedinasan 2021. Dalam BukuPetunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021, diuraikan bahwalangkah-langkah Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 adalah sebagai berikut.

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN sepertitampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk keportal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun dialamat: https://dikdin.bkn.go.id

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK danpassword yang telah didaftarkan

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah danjurusan yang tersedia dan melengkapi form isian Pelamar hanya dapat melamar di1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan danjurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolahkedinasan

5. Pelamar memasukkan Nilai

6. Pelamar melengkapi Biodata

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai denganpersyaratan

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telahdilengkapi (Resume)

9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirimtidak dapat diubah

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akanmendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenaipembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudahdiverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterimadi sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkaituntuk proses selanjutnya

 

Berikut ini Tata CaraMembuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021.

1. Klik Registrasi atau Daftar

2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK KepalaKeluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga

Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga,silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamarbukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia SeleksiNasional (Panselnas)

4. Nama lengkap sesuai KTP

5. Tanggal lahir sesuai KTP

6. Kabupaten/Kota sesuai KTP

7. Masukan kode captcha yang terlampir

8. Setelah data di atas dimasukan, klik . Bila data sesuaimaka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.

9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atasdengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :

a) Alamat

Isi alamat sesuai dengan KTP

b) Tempat Lahir

Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah

c) Tanggal Lahir

Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah

d) Jenis kelamin

Pilih jenis kelamin yang sesuai

e) E-mail

Masukan e-mail aktif dan valid

f) Password

Masukan password yang mudah diingat.

Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login

g) Konfirmasi Password

Masukkan kembali password telah Anda masukan

h) Pertanyaan Pengaman 1

Pilih pertanyaan pengaman Anda

i) Jawaban Pengaman

Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih

j) Pertanyaan Pengaman 2

Pilih pertanyaan pengaman Anda

k) Jawaban Pengaman

Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih

l) Captcha

Masukan kode captcha yang tampil di layar

10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalamformat JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar danlengkap

12. Selanjutnya klik Lanjutkan

13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Datacek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik Kembali dan jika sudah benar klik Proses Pendaftaran Akun

Akan tampil halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN SekolahKedinasan 2021 berhasil, klik CetakInformasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai buktibahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik. Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk keform berikutnya.

 

Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan2021, tata cara Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata, adalahsebagai berikut.

1.       Setelah pelamarberhasil daftar, silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol yangtertera di sudut kanan atas

2.       Masukan NIK danpassword yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form BiodataPeserta

a. Upload Swafoto

Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapatmelanjutkan ke tahap selanjutnya seperti contoh gambar di bawah ini:

Klik tombol Choose File cari dokumenswafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb danmaksimal 200kb.

 

b. Mendaftar Formasi

1) Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai denganpeminatan

2) Klik tombol Pilih

3) Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda berada

4) Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah(SMA/SMK/Sederajat)

5) Isi Tahun Lulus

6) Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda

7) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda

8) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda

9) Isi kode captcha yang tampil

10) Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar,klik tombol

Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi.

 

c. Pengisian Nilai

Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini,harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiapSekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.

a. Pengisian Biodata

Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia denganbenar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah,Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.

Data Diri Pelamar:

Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, CatatanPrestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalamcentimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama,Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.

 

Data Diri Orang Tua:

NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, PekerjaanAyah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu,Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat DomisiliIbu, Status Hidup Ibu.

Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke halamanselanjutnya.

 

b. Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenisdokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.

Untuk mengunggah dokumen, klik tombol Unggah, cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamardapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol lihat. Bila dokumen yang diunggah belum sesuai,klik tombol Unggah untuk mengganti dokumentersebut. Kolom status akan menampilkan status. dokumen telah diunggah atau belum.Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.

 

c. Resume

Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resumependaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentangsetiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

Centang (v) pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendaftaran. Setelah tomboltersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistemdengan alasan apapun.

Selanjutnya klik tombol Iya ,dan tombol Cetak Kartu Informasi Akundan Cetak Kartu Pendaftaan Dikdinakan tampil. Bila pelamar klik tombol PendaftaanDikdin akan tampil Kartu Pendaftaran.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tandatangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

 

Berikut Salinan Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan2021

 



Link download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan2021 (DISINI)

 

Demikian informasitentang Link Download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih

 




= Baca Juga =