BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SELEKSI PPPK GURU TAHUN 2021
BukuPetunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 inimerupakan Panduan bagi peserta seleksi PPPK guru tahun dalam melakukanpendaftaran yang dimulai dari pembuatan akun, ogin Pemilihan Jenis Seleksi danPengisian Biodata, sampai melihat Resume Pendaftaran SSCASN dan mencetak kartupendaftaran.
BukuPetunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK GURU Tahun 2021 merupakanbuku versi 01.00 yang diterbitkan pada bulan Juni 2021. Secara umum isi bukuini hampir sama dengan Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2021, namunada perbedaan detail penjelasan terkait fitur Memilih Jenis Seleksi danMendaftar Formasi.
Isi Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK GURU Tahun 2021 membahas AlurPendaftaran Seleksi CASN 2021, Hal – Hal Yang Harus Disiapkan, Tata CaraPendaftaran CASN 2021 yang meliputi Cara Daftar ke Portal SSCASN, cara LoginPemilihan Jenis Seleksi dan Pengisian Biodata, cara Memilih Jenis Seleksi danMendaftar Formasi, cara Unggah Dokumen, cara melihat Resume Pendaftaran SSCASN sampaidengan cara melihat Hasil Seleksi Administrasi.
Apa saja hal – hal yangharus disiapkan untuk mengikuti Seleksi PPPK Guru tahun 2021. Dalam Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru(P3K Guru) Tahun 2021, dinyatakan bahwa Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju,pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran.Dokumen tersebut terdiri dari : Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) atauSurat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ijazah, TranskripNilai, Pas foto, Swafoto/selfie, dan Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenisseleksi dan instansi yang akan dilamar
Berikut ini Tata Cara Pendaftaran Seleksi PPPK Guru(P3K Guru) Tahun 2021, berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru(P3K Guru) Tahun 2021, yakni sebagai berikut.
1.Pelamar harus masuk ke portal SSCASN https://sscasn.bkn.go.id
2.Pelamar diwajibkan untuk memahami tata cara dan syarat pendaftaran denganteliti.
3.Terdapat beberapa menu yang tersedia pada portal SSCASN 2021 terdiri dari Home,Alur, Registrasi, FAQ, Helpdesk dan Layanan Informasi
4.Dari menu Layanan Informasi, lalu klik Info Lowongan untuk mencari informasiterkait Instansi, Jabatan, Lokasi Penempatan, Pendidikan, Jenis Formasi, danJumlah Formasi yang tersedia untuk dilamar.
5.Klik Alur untuk melihat tata cara pendaftaran Seleksi CASN 2021. Pelamar wajib membacadengan teliti dan mempelajarinya supaya tidak ada informasi yang tertinggalsebelum melanjutkan ke proses pendaftaran.
6.Pelamar hanya dapat melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi di 1(satu) instansi pada 1 (satu) jenis seleksi.
7.Untuk melanjutkan ke proses pendaftaran, klik dan akan tampil halamanPendaftaran Akun SSCASN 2021
8.Klik Helpdesk untuk bantuan dan pengaduan.
9.Klik FAQ untuk mencari permasalahan terkait SSCASN.
Cara Daftar ke Portal SSCASNdalam Pendaftaran Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021. Apabila pelamar siapuntuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah :
1.Klik BUAT AKUN dan akan muncul tampilan Langkah 1 : Pengecekan Identitas
2.Langkah ini bertujuan untuk mencocokkan data pelamar dengan database Disdukcapil.
3.Masukkan sesuai KTP data-data berikut: Nomor Induk Kependudukan (NIK), NomorKartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Apabila muncul PesanGalat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat, BUKANmenghubungi instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia SeleksiNasional (Panselnas).
4.Masukkan Nomor Handphone dan Email Pribadi yang aktif
5.Masukkan kode CAPTCHA.
6.Setelah data di atas dimasukan, klik LANJUTKAN untuk proses selanjutnya. Makaakan muncul tampilan Langkah 2 : Lengkapi Data.
7.Langkah ini bertujuan untuk membandingkan data pelamar di KTP dengan di Ijazah.Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yangterdiri dari Nama Lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, Tempat Lahir, danTanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar.
8.Kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, dan Tanggal Lahir sesuai KTP sudah terisiotomatis.
9.Masukkan Email, Nama Tanpa Gelar (sesuai Ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/KotaLahir (sesuai Ijazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah). Khusus kolom Kab/KotaLahir, cukup ketikkan beberapa karakter pertama saja kemudian klik salah satudari pilihan yang tersedia (autocomplete).
10.Pilih Jenis Kelamin yang sesuai
11.Unggah foto scan KTP sesuai dengan ketentuan di web dengan mengklik CHOOSE FILE,cari foto yang akan diunggah, kemudian klik OPEN . Setelah foto berhasilterunggah, maka akan muncul notifikasi. Pelamar dapat memilih KLIK INI untukmengunggah ulang scan KTP
12.Unggah swafoto sesuai dengan ketentuan di web dengan mengklik CHOOSE FILE, carifoto yang akan diunggah, kemudian klik OPEN. Setelah foto berhasil terungga,maka akan muncul notifikasi. Pelamar dapat memilih KLIK INI unuk mengunggahulang swafoto
13.Data lain yang perlu diisi adalah :
a) Passworddan Konfirmasi Password
Masukanpassword yang mudah diingat.
Harapmencatat dan menyimpan password Anda karena akan digunakan untuk loginpendaftaran SSCN
b) PertanyaanPengaman 1
Pilihpertanyaan pengaman Anda
c) JawabanPengaman 1
Masukanjawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih.
Harapmencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda
d) PertanyaanPengaman 2
Pilihpertanyaan pengaman Anda
e) JawabanPengaman 2
Masukanjawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih.
Harapmencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda
f) CAPTCHA
Masukankode CAPTCHA.
14.Pastikan Anda mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telahdisimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah.
15.Selanjutnya klik LANJUTKAN . Maka akan muncul tampilan Langkah 3 : PengecekanUlang Data seperti berikut :
16.Pada tahap ini, pendaftar HARUS melakukan pengecekan ulang terhadap Swafoto;NIK; Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai KTP); Nama Lengkap, TempatLahir, Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah); Email; dan Nomor Handphone. Jika nantinyaterdapat kesalahan penulisan setelah proses pendaftaran, maka peserta TIDAKDAPAT memperbaiki kesalahan penulisan.
17.Klik KEMBALI jika terdapat kesalahan pada data yang diinput sebelumnya untukdiperbaiki, dan klik PROSES PENDAFTARAN AKUN untuk memproses pendaftaran akun
18.Sebelum akhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakahdata yang diinput sudah sesuai atau belum, klik YA atau TIDAK
19.Jika sudah sesuai, maka akan muncul tampilan Informasi cetak Kartu InformasiAkun
20.Untuk mencetak Kartu Informasi Akun, pilih menu CETAK INFORMASI PENDAFTARAN.
21.Setelah mencetak Kartu Informasi Akun, pelamar dapat melanjutkan tahap selanjutnya.
Berikut ini Tata Cara Login Pemilihan Jenis Seleksi danPengisian Biodata Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021 berdasarkan BukuPetunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021, yakni sebagaiberikut.
1.Setelah pelamar berhasil membuat akun, akses https://sscasn.bkn.go.id kemudianklik tombol LOGIN yang tertera di sudut kanan atas, atau klik tombol LANJUTKAN LOGINPENDAFTARAN setelah pelamar mencetak Kartu Informasi Akun.
2.Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu klik MASUK, maka akanmuncul tampilan 1. Pengisian Biodata.
HARAPMEMBACA seluruh info dan himbauan yang tercantum di web. Sebelum melanjutkanproses login, pastikan pendaftar :
a.Mengakhiri pendaftaran sampai tahapan terakhir (RESUME) agar berkas dapatdiverifikasi oleh instansi
b.Tidak diperkenankan mengubah data setelah mengakhiri pendaftaran
c.Perhitungan usia pada saat melamar dihitung pada waktu MENGAKHIRI PENDAFTARAN
3.Kolom Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah), Tempat Lahir dan TanggalLahir (Sesuai KTP), serta Nama Pembuatan Akun telah terisi secara otomatis.
4.Pada form ini pelamar masih dapat mengubah beberapa data yang diinput padatahap sebelumnya yaitu: Nama (Sesuai Ijazah), Email, dan Jenis Kelamin
5.Lengkapi kolom Gelar Depan Ijazah dan Gelar Belakang Ijazah. Bagi pelamar yangtidak memiliki gelar depan dan atau gelar bekalang, isi dengan tanda ‘ - ‘
6.Masukkan Alamat (Sesuai KTP) dan isi apakah pelamar sedang mengikuti programbeasiswa.
7.Pilih Jenis Disabilitas pada menu yang tersedia
8.Apabila pelamar memilih Jenis Disabilitas selain Non Disabilitas, maka pelamarharus menginput Link Video yang berkaitan dengan disabilitas yang dipilih
9.Lengkapi Alamat Domisili (termasuk kelurahan dan kecamatan), Provinsi dan Kab/KotaDomisili, Akun Media Sosial, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Agama, NomorTelepon, dan Nomor Handphone.
10.Bila data telah dilengkapi, klik SELANJUTNYA.
Berikut ini Tata Cara Memilih Jenis Seleksi dan MendaftarFormasi Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021 berdasarkan Buku PetunjukPendaftaran Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021, yakni: setelah pelamar melengkapiPengisian Biodata, tahap selanjutnya adalah Memilih Jenis Seleksi dan MendaftarFormasi, sebagai berikut
1.Pada tampilan 2. Memilih Jenis Seleksi, pilih jenis seleksi yang sesuai pada kolomyang tersedia, setelah itu klik SELANJUTNYA .
Padatahapan ini pemeriksaan data DAPODIK berdasarkan NIK yang dimiliki akandilakukan. Bagi pelamar yang datanya terdapat pada DAPODIK, maka akan tampildata sekolah mengajar dan instansi tempat mengajar. Bagi seluruh pelamar yang dataKualifikasi Pendidikan nya belum tervalidasi oleh Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi, maka akan ada tombol untuk melanjutkanvalidasi Kualifikasi pendidikan pada INFO GTK Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Prosesvalidasi Kualifikasi Pendidikan akan berlangsung paling lama selama 3x24 jamdiharapkan pelamar selalu memantau dengan login kembali pada akun SSCASN untukmelihat apakah validasi Kualifikasi Pendidikan sudah selesai atau belum.
BagiPelamar yang termasuk dalam eks TH K-II dapat juga mengisi data pada form berikut,sehingga terdata juga sebagai pelamar dengan status eks TH-II dengan memasukannomor registrasi ataupun nomor peserta ujian pada Seleksi CPNS 2013 FormasiTenaga Honorer Kategori II sebelumnya.
2.Setelah itu, akan muncul tampilan 3. Mendaftar Formasi
3.Pertama, pilih instansi pada kolom berikut :
4.Jika instansi yang dilamar belum tampil dalam daftar tersebut, silahkan periksakembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yangakan dilamar.
5.Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi tersebut. PilihanJenis Formasi dapat dilihat di pengumuman instansi.
6.Klik PILIH dan form isian akan tampil seperti di bawah ini. Pelamar dapat mengubahinstansi dan formasi yang dipilih dengan klik ULANG.
7.Pemilihan Pendidikan yang tampil adalah berdasarkan data validasi kualifikasi pendidikandan/atau sertifikat pendidik yang dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi
8.Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikandan/atau sertifikat pendidik yang dimiliki.
9.Pilih Lokasi Formasi.
10.Isi IPK sesuai dengan yang tercantum di transkrip nilai, contoh 3.21. Nilai IPKmenggunakan tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma Untuk formasilulusan SMA/Sederajat, isi dengan nilai ijazah.
11. Isi Nomor Ijazah.
12. Isi Tahun Lulus sesuaidengan yang tertera di Ijazah.
13. Isi Jenis PerguruanTinggi (Dalam Negeri atau Luar Negeri).
14. Isi Tanggal Ijazahsesuai dengan yang tertera di Ijazah.
15.Untuk formasi Ketik nama Perguruan Tinggi. Kolom ini merupakan autocomplete,untuk mengisi Nama Perguruan Tinggi, masukkan beberapa huruf atau kombinasinama panjang/nama singkatan/penambahan nama daerah, kemudian pilih nama yangsesuai.
16.Ketik nama Perguruan Tinggi atau sekolah sesuai dengan yang tercantum di Ijazah.
17.Isi Nama Perguruan Tinggi (PT) dan Nama Program Studi (Prodi). Pada saat, jikaPT atau Prodi yang dipilih sudah terdapat data akreditasinya di BAN-PT, makaAkreditasi Lembaga dan Akreditasi Program Studi akan muncul secara otomatis. JikaLembaga/Prodi tidak terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka pelamar dapatmengisi secara mandiri akreditasi Lembaga/Prodinya (A,B,C, atau Lainnya).Akreditasi yang dimaksud adalah Akreditasi Lembaga/Prodi pada saat pelamarlulus.
18. Isi kode CAPTCHA.
19. Klik SELANJUTNYA.
Berikut ini Tata Cara Unggah Dokumen dalam Pendaftaran SeleksiPPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021 berdasarkan Buku Petunjuk PendaftaranSeleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021. Setelah pelamar Memilih Jenis Seleksidan Mendaftar Formasi, tahap selanjutnya adalah Unggah Dokumen. Jenis dokumenyang diunggah akan berbeda-beda sesuai dengan persyaratan instansi yangdilamar.
1.Pada tampilan 3. Unggah Dokumen, Pelamar WAJIB membaca dan memperhatikanketentuan dokumen yang tercantum, baik ketentuan dari instansi maupun ketentuanformatnya.
2.Perhatikan tipe dokumen dan ukuran yang dapat diunggah ke sistem.
3.Klik UNGGAH lalu cari dokumen tersebut di komputer Anda.
4.Status dokumen akan berubah menjadi “Sudah Diunggah” jika proses unggah dokumenberhasil.
5.Pelamar dapat melihat dokumen yang telah diunggah dengan klik LIHAT.
6.Jika pelamar salah unggah dokumen, klik UNGGAH kembali kemudian cari dokumen yangbenar. Sistem akan menyimpan dokumen yang terakhir diunggah.
7.Jika pelamar mengunggah file yang tidak sesuai Ketentuan Unggah
8.Setelah pelamar mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan tersebut, klikPeriksa kembali apakah dokumen yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuaninstansi dan format. Dokumen yang telah diunggah tidak dapat diubah kembalisetelah mengakhiri pendaftaran
9.Setelah pelamar yakin bahwa semua dokumen yang diunggah sudah sesuai, klik SELANJUTNYA.
Cara Melihat ResumePendaftaran SSCASN dan Mencetak Kartu Informasi Akun atau Kartu Pendaftaran SSCASN.Setelah pelamar melengkapi Unggah Dokumen, maka akan tampil halaman resume sepertigambar di bawah. Pelamar wajib membaca dan mengecek kembali data-data yangtelah diisi. Jika pelamar masih belum yakin dengan data yang telah dilengkapi ataudengan instansi/ formasi/ jabatan yang dipilih, pelamar dapat kembali ke form sebelumnyadengan melakukan klik SEBELUMNYA, kemudian perbaiki data tersebut.
Pada tahap ini. PesertaHARUS memeriksa kembali seluruh data yang sudah diinput pada sistem, pastikan tidakada data yang salah input, dan juga memeriksa kembali dokumen yang sudah diunggahsebelumnya dengan memilih tombol LIHAT .
Setelah sudah yakin tidakada kesalahan lagi, maka pelamar dapat menandai (check list) seluruh kotak yangada pada tampilan yang tersedia, mulai dari Nama Instasi sampai pada PersyaratanInstansi.terakhir.
Jika sudah menandai semuakotak, Kemudian tandai kotak pernyataan dan klik AKHIRI PROSES PENDAFTARAN. Denganmengklik tombol tersebut, pelamar bersedia menanggung akibat hukum apabila datapeserta tidak sesuai dengan dokumen.
Kemudian akan tampil notifikasiuntuk mengakhiri proses pendaftaran dan peringatan bahwa setelah proses diakhiri,semua data tidak dapat diubah kembali.
Jika pelamar sudah yakin,klik IYA, maka akan tampil halaman Final Resume. Saat ini, pelamar sudah tidakdapat mengubah data kembali. Pada halaman ini, pelamar dapat mencetak Kartu InformasiAkun dengan mengklik dan Kartu Pendaftaran SSCASN dengan mengklik CETAK KARTUPENDAFTARAN.
Bagaimana melihat HasilSeleksi Administrasi Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 ? Hasil Seleksi Administrasiakan ditampilkan pada Akun masing- masing. Diharapkan pelamar selalu memantaulogin akun nya masing- masing ataupun pengumuman pada kanal- kanal informasipada instansi yang dilamar.
Bertikut ini Salinan Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK GURUTahun 2021, bagi yang membutuhkan silahkan download melalui link yangtersedia di bawah ini.
Link download Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK GURUTahun 2021 (disini)
Demikian informasi tentang Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru(P3K Guru) Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.