PENGERTIAN CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP), TUJUAN CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN PRINSIP PERUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN DI KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK
Apa yang dimaksud CP atau Capaian Pembelajaran? Apa dan bagaimana Pengertian CapaianPembelajaran (CP) dan Capaian Pembelajaran Di Kurikulum Sekolah Penggerak.Berikut ini Uraian tentang Pengertian CapaianPembelajaran (CP) dan Tujuan CapaianPembelajaran (CP) di Kurikulum Sekolah Penggerak, Prinsip Perumusan Capaian Pembelajaran (CP) di Kurikulum SekolahPenggerak. (Tulisan ini bersumber dari modul Sekolah Penggerak).
PengertianCapaian Pembelajaran (CP)
Capaian pembelajaran (CP) bukanlah istilah asing di dunia pendidikan. Di Indonesia sendiri, istilah CP lebih sering digunakan di dunia pendidikantinggi. Meski demikian istilah CPsendiri sebenarnya tidak merujuk pada satuan pendidikan tertentu. CP dikenal juga dengan istilah learning achievement, achievementstandard atau learning outcomes.
Capaian pembelajaran adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar (Dikti, 2015: 1). Kondisi ini juga dijalankan olehsebagian besar negara di Eropa saat ini yang saat ini menggunakan CP untuk mengungkapkanapa yang mereka harapkan agar diketahui dan dapat dilakukan oleh peserta didikdan memahami di akhir program atau urutan pembelajaran.
Capaian pembelajaran biasanya digunakan untuk menentukan tingkat kerangka kualifikasi, menetapkan standar kualifikasi, menjelaskan program dankursus, mengarahkan kurikulum, dan menentukan spesifikasi penilaian. Selain itu capaian pembelajaran secara tak langsung akan mempengaruhi metode pengajaran, pembelajaran lingkungan dan praktik penilaian (ECFOP,2017:14).
CP berfokus apa yang diharapkan pada siswa di akhir pembelajaran, hal ini sejalan dengan pendekatan student centered dalam dunia pendidikan. Kondisi ini juga ditegaskan oleh Kennedy et.al (2014:3) yang menyatakan bahwa trend internasional dalam pendidikan menunjukkan pergeserandari tradisional pendekatan "berpusat pada guru" ke pendekatan "berpusat pada siswa". Model alternatif ini berfokus pada apa yang diharapkan dari siswa yang harus dilakukan di akhir modul atau program. Oleh karena itu, pendekatan ini biasa disebut sebagai pendekatan berbasishasil.
Sejalan dengan hal tersebut menurut Gosling dan Moon (2001) dalam Mahajan dan Singh (2017: 65) disebutkan bahwa pendekatan berbasis hasil untuk mengajar menjadi semakin populer di tingkat internasional, bahkan sejumlah negara pun telah mengadopsinya secara progresif dalam kerangka kualifikasi nasional seperti QAA (Quality Assurance Agency for Higher Education) di Inggris, Australia,Selandia Baru dan Afrika Selatan.
Dalam Keputusan Menteri Republik Indonesia (Kepmendikbud) Nomor 958 tahun 2020Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah dinyatakan bahwa CapaianPembelajaran merupakan bentuk pengintegrasian kompetensi inti dan kompetensi dasar yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi yang meliputi: sekumpulan kompetensi dan lingkup materi. Sehingga CP memungkinkan setiap anak.
Secara sederhana Pengertian CP atau CapaianPembelajaran bisa didefinisikan sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan peserta didik untuk setiap mata pelajaran padasatuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Capaian pembelajaran memuatsekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalambentuk narasi.
Menurut Mahajan dan Singh (2017: 65) CP diibaratkan sebagai alat navigasi atau GPS. Setelah tujuan diumpankan ke perangkat GPS, selanjutnya pengemudi akan dipandu sepanjang perjalanan dan membawa pengemudi ke tujuan yang disebutkan dengan benar tanpa rasa takut kehilangan arah atau salahtujuan.
Ketika pengemudi mengambil rute yang salah, GPS akan memandu pengemudi dan membantu untukKembali pada rute semula yang mengarah ke tujuan yang hendak dituju. Sehingga CP adalah acuan yang membimbing siswa untuk hasil yang diinginkan dari kegiatan pembelajaran yang direncanakan. CP juga menunjukkan dan mengarahkan para guru jalan yang harus diikuti dan menyadarkan siswa tentang apa yang akan mereka capai di akhir pembelajaran.
Dalam Keputusan Menteri Republik Indonesia atau Kepmendikbud Nomor 958 tahun 2020 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar,Dan Pendidikan Menengah dinyatakan bahwa capaian pembelajaran juga menjadi kompetensi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Capaian Pembelajaran memuat sekumpulankompetensi dan lingkup yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Padasatuan PAUD disebut dengan Capaian Perkembangan PAUD (CP PAUD).
B. Tujuan CapaianPembelajaran
● Tujuan Capaian Pembelajaran PAUD
Pembelajaran di PAUD adalah pembelajaran yang mengintegrasikan semua aspek perkembangan anak dengan penekanan pada kesejahteraannya. Tujuan Capaian Pembelajaran di PAUD adalah memberikan arah yang sesuai denganusia perkembangan anak (nilai agama, fisik-motorik, emosional, bahasa, dankognitif) agar anak siap mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.
● Tujuan Capaian Pembelajaran Tingkat SD-SMA
Capaianpembelajaran menunjukkan kemajuan belajar yang digambarkan secara vertikal darisatu tingkat ke tingkat yang lain serta didokumentasikan dalam suatu kerangka kualifikasi. Selain itu, capaian pembelajaranjuga harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat yang dapat digunakanuntuk menilai bahwa hasil pembelajaran yang diharapkan telah dicapai. Capaian pembelajaran –bersama dengan kriteria penilaian– hal tersebut mengidentifikasi capaian pembelajaran sebagai tujuan belajar yang terukur. Sehingga dapat disimpulkan bahwa capaian pembelajaran kedudukannya sangat penting dalam pelaksanaan dan penilaian. Pencapaian CP hanya dapat diidentifikasi setelah siswa mengikuti proses pembelajaranmelalui penilaian dan harus dapat didemonstrasikan dalam kehidupan nyata.
C.Prinsip Perumusan atau Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP)
Apa prinsip perumusan atau penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) ? Dalamperumusannya, CP memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut :
1. Terukur dan spesifik
CP harus dapat diukur dan spesifik, berdasarkan hierarki tahapan konseptual proses pembelajaran yang hasil belajarnya dapat digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa, seperti yang dinyatakan oleh European Commission (2011) dalam (ECFOP, 2017:33), bahkansecara spesifik Mahajan (2017:65) menyebutkan bahwa CP harus ditulisberdasarkan Taksonomi Bloom karena telah terbukti relevan untuk untuk membantu mengembangkan hasil belajar. Konsep taksonomiBloom sangat sederhana, yaitu:
a.Sebelum memahami konsepnya, ingatlah dengan baik,
b.Pahami sebelum anda menerapkannya,
c.Analisis proses sebelum anda mengevaluasinya.
Dalam proses menerapkan prinsip terukur dan spesifik tersebut ada beberapa aspek yang yang diperhatikan, yaitu :
a. Pemahaman dan pengetahuan
Kata pemahaman sering digunakan sebagai salah satu luaran yang diharapkan dari suatu pembelajaran tetapi maknanya seringkali kurang dipahami. John Dewey (1933) merangkum ‘Pemahaman’ dalam How We Think Understanding dengan menyampaikan bahwa (Pemahaman) adalah makna yang dikembangkan atau diproses dari fakta-fakta. Secara umum,pemahaman seringkali diidentikkan dengan pengetahuan. Padahal keduanya adalah duahal yang sangat berbeda. Perbedaan keduahal tersebut bisa dilihat dalam contoh berikut ini :
1. Pengetahuan: Fakta-fakta atau informasi
Pemahaman: Arti dari fakta-fakta atau informasi
2.“Teori” atau kesimpulan yang membantu hubungan dan pemaknaan dari fakta2tersebut
Pemahaman:Sekumpulan fakta yang berhubungan
3.Pengetahuan:Pernyataan yang masih dapat diperdebatkan, teori2 masih dapat diproses
Pemahaman:Pernyataan yang akurat
4.Pengetahuan: Benar atau salah bukan merupakan sesuatu yang sifatnya absolut, tetapi bisa dianalisis dan disimpulkan tergantung kompleksitas dankapasitas
Pemahaman:Benar atau salah
5.Pengetahuan: “Saya tahu mengapa hal tersebut benar”
Pemahaman: “Saya tahu bahwa hal tersebut benar”
6.Pengetahuan: “Saya mampu membuat keputusan kapan perlu memberikan respon dengan pengetahuan yang saya miliki”
Pemahaman:“Saya merespon petunjuk atau instruksi dengan pengetahuan yang sayamiliki”
b. Praktis
Bagaimana merancang dan melaksanakan eksperimen? Kata-kata yang umum digunakan adalah menunjukkan, menerapkandll.
c. Keterampilan Generik
Keterampilan umum mencakup teknik pemecahan masalah, inti pembelajaran. Yang biasa digunakan kata-kata menganalisis, membandingkan, dll.
2. Fleksibel (sesuai proses dan tahap belajarsiswa)
Fleksibel( sesuai proses dan tahap belajar siswa) Seringkali belajar dirasa sebagaisebuah perlombaan dan bukan proses. Kurikulum disusun sedemikian rupa sehinggasiswa dijejali dengan berbagai materi yang hasil akhirnya berorientasi pada“sekadar tahu” dan bukan pemahaman atau penguasaan sedangkan siswa memerlukan waktu dan tahapanuntuk mengupas konsep.
Capaianpembelajaran membawa perubahan dalam pendekatan pembelajaran di kelas dari yangberfokus kepada guru menjadi fokus kepada siswa. Menurut Harden karakteristikCP sebagai berikut:
• Pengembangan CP jelas mendefinisikan hasil yang harus dicapai siswa pada akhir program pembelajaran
• Desain kurikulum, strategi belajar, dan kesempatan belajar dilakukan untuk menjamin tercapainya CP
• Proses penilaian disesuaikan dengan CP dan penilaian setiap individu siswa dilakukan untuk memastikan bahwasiswa mencapai target pembelajaran.
Demikian materi tentangmodul Pengertian Capaian Pembelajaran(CP), Tujuan Capaian Pembelajaran (CP)dan Prinsip Perumusan CapaianPembelajaran (CP) di Kurikulum Sekolah Penggerak. Semoga bermanfaat.