PENGERTIAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) DAN BAGAIMANA MENYUSUN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Konsep atau Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)dan Bagaimana menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) serta Contoh Alur TujuanPembelajaran (ATP) pada Kurikulum Sekolah Penggerak. Sebagaimana diketahuidalam Kurikulum Sekolah Penggerak, CapaianPembelajaran ditetapkan olehPemerintah dan disusun dalam fase-fase. Secara umum, ada 2 langkah besar dalammengembangkan Capaian Pembelajaran atau penyusunan perangkat ajar untuk suatumata pelajaran, yakni Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dan Pengembangan ModulAjar.
Lalu apa yang dimaksud alur pembelajaran ? Alur Pembelajaran adalah rangkaiantujuan pembelajaran yang disusun secaral ogis menurut urutan pembelajaran sejakawal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutankegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari kehari. Sedangkan yang dimaksudModul Ajar sama seperti halnya RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran,lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapaisiswa. Perangkat ajar kurikulum Sekolah penggerak berupa Alur Tujuan Pembelajaran(ATP) dan Modul Ajar ini diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi.
Apa Konsep atau Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran dan Bagaimana menyusun AlurTujuan Pembelajaran (ATP). Alur Pembelajaran (AP)adalah rangkaian tujuanpembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secarautuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alurini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yangdilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP (Capaian Pembelajaran).Sebagaimana telah dijelaskan pada posting sebelumnya Capaian Pembelajaran (CP) adalahkompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiridari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasardan menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 –2), Fase B(kelas 3 –4), Fase C (kelas 5-6), Fase D (kelas 7-9), Fase E (kelas 10), danFase F (kelas 11 –12).
Bagaimanamenyusun AlurTujuan Pembelajaran (ATP)? Alur Pembelajaran disusun untukmenjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatuCapaian Pembelajaran. Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP(Capaian Pembelajaran) di akhir fase tersebut. Dalam penyusunan tujuan pembelajaranharus disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Guru berhak untuk menyusun alurpembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintahmenyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulumyang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.
Alur tujuan pembelajaranharus mencakup kompetensi, konten dan variasi. Adapun yang dimaksud kompetensiadalah kemampuan yang dapat didemontrasikan atau dikuasi oleh peserta didik.Konten adalah materi atau konsep utama yang perlu dipahami peserta didik di akhirsatu unit pembelajaran. Sedangkan yang dimaksud variasi adalah keterampilanberpikir yang perlu dikuasai siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Berikut ini Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)pada pelajaran Bahasa Indonesia Fase E kelas 10.
Capaian Pembelajaran(CP) :
Pelajar memahami ide pokok danide perinci serta mengenali akurasi informasi dalam paparan lisan, menjelaskannyakembali, menganalisisnya, serta menyampaikan pendapatnya menggunakan pengetahuanyang diperolehnya dari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Pelajar jugamembaca dengan fasih dan memahami kata-kata baru dalam konteks yang spesifik,serta mengenali akurasi informasi dalam bacaan. Pelajar menuliskan tanggapannyaterhadap bacaan menggunakan Pengetahuan yang diperolehnya dari bacaan lain.Pelajar menulis riset sederhana terkait topik yang dikenali menggunakan rujukanyang dapat dipertanggungjawabkan dan metodologi sederhana.
Tujuan Pembelajaran 10.1:
Pelajar menemukan idepokokdan ide perinci serta menjelaskan kembali isi / informasi dengan kata-katasendiri setelah menyimak diskusi dan paparan lisan orang lain terkait dengan topikyang dikenali.
Tujuan Pembelajaran 10.2:
Pelajar mengidentifikasi danmenjelaskan arti kata-kata jarang muncul (low-frequency words) dan kata-katabaru dalam bacaan, serta menggunakan kata-kata tersebut dalam konteks yangspesifik yang dikenali
Tujuan Pembelajaran 10.3:
Pelajar menerapkan norma kesopanan(sikap), dan menggunakan kata-kata / diksi sesuai konteks budaya dan konteks bahasalisan, serta menghargai penjelasan lawan bicara pada saat berdialog atau berdiskusiuntuk menyelesaikan masalah secara bersama-sama.
Tujuan Pembelajaran 10.4:
...........................DST
Baca Juga: Prinsip dan Prosedur Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pada Kurikulum Sekolah Penggerak
Demikian informasi tentang Konsepatau Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran(ATP) dan Bagaimana menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) serta Contoh AlurTujuan Pembelajaran (ATP) pada Kurikulum Sekolah Penggerak. Semoga adamanfaatnya, terima kasih.