Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

REKRUTMEN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SILN TAHUN 2021

Rekrutmen Guru Dan Tenaga Kependidikan SILN Tahun 2021


Rekrutmen Guru DanTenaga Kependidikan Sekolah Indonesia DiLuar Negeri (SILN) Tahun 2021, disampaikan melalui Pengumuman SesjenKemendikbud Nomor 14878/A.A3/KP/2021 tentang Seleksi Bersama Penerimaan GuruDan Tenaga Kependidikan  SekolahIndonesia Di Luar Negeri Tahun 2021.


A.Informasi Umum

Rekrutmen Guru DanTenaga Kependidikan SILN Tahun 2021 dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhanGuru pada Sekolah Indonesia di Luar Negeri dan Tenaga Kependidikan pada SekolahIndonesia di Luar Negeri dan Pusat Kegiatan Belajar (Community LearningCenter/CLC). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kesempatan bagiputra putri terbaik bangsa yang memenuhi persyaratan dan berminat untukditugaskan pada Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dan CLC.

 

FormasiGuru SILN dan Tenaga Kependidikan SILN dan CLC yang dibuka sebagai berikut:

Rekrutmen Guru Dan Tenaga Kependidikan SILN Tahun 2021

Rekrutmen Guru Dan Tenaga Kependidikan SILN Tahun 2021


 

B.Persyaratan Umum Rekrutmen Guru DanTenaga Kependidikan  Sekolah Indonesia DiLuar Negeri (SILN) Tahun 2021. Bagi yang berminat berikut ini PersyaratanUmum yang harus dipenuhi, sbb.

1.Warga Negara Indonesia (WNI)

2.Usia maksimal saat mendaftar 40 tahun

3.Sehat jasmani, rohani dan bebas NARKOBA

4.Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkanputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap

5.Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta sertatidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansipemerintah.

6.Bagi pelamar calon Guru/Tendik berstatus PNS wajib melampirkan surat pernyataanyang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) terkait izinmengikuti seleksi dan kesediaan menerima kembali di instansi asal.

 

C.PERSYARATAN KHUSUS

1.GURU

a.Berstatus sebagai Guru PNS maupun Guru bukan PNS

b.Bagi guru PNS minimal pangkat Penata Muda Tk.l, golongan ruang Ill/b

c.Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75

1)Bagi pelamar Guru Seni Budaya penempatan Johor Bahru memiliki latar belakang PendidikanSeni Musik

2)Bagi pelamar Guru Produktif Kuliner penempatan Kota Kinabalu memiliki latar belakangpendidikan S1 Tataboga

3)Bagi pelamar Guru Produktif Perhotelan dan Jasa Pariwisata penempatan Kota Kinabalumemiliki latar belakang pendidikan S1 Perhotelan

4)Bagi pelamar Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara penempatan Kota Kinabalu memilikilatar belakang pendidikan S1 Teknik Mesin

d.Memiliki Sertifikat Profesi Pendidik yang linear dengan jabatan yang dilamar,kecuali bagi pelamar Guru Produktif Kuliner, Guru Produktif Perhotelan dan JasaPariwisata, serta Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara dapat digantikandengan sertifikat keahlian.

e.Diutamakan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)

f.Memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL PredictionScore minimal 450 atau IELTS 5.0 yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa yang berafiliasidengan Perguruan Tinggi atau Lembaga Bahasa yang terakreditasi.

g.Memiliki pengalaman mengajar sesuai bidang yang diampu minimal 5 (lima) tahun, dibuktikandengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah/Ketua Yayasan.

h.Diutamakan menguasai bahasa lokal sesuai negara penempatannya i. Bagi pelamarGuru Seni Budaya penempatan Cairo diutamakan memiliki kemampuan memainkan alatmusik Tradisional. Diutamakan memiliki sertifikat/penghargaan tingkat nasionalsebagai keterampilan tambahan selain mengajar, seperti: Olahraga, Pramuka, SeniBudaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT),Akuntansi/Keuangan dll.

 

2.TENAGA KEPENDIDIKAN

PenempatanSILN

1)Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kemendikbud

2)Berijazah minimal S-1 dengan minimal IPK 2.75

3)Memiliki masa kerja sebagai PNS

4)Memiliki kecakapan dalam berbahasa manajemen dan diutamakan memiliki Inggrisdibuktikan dengan sertifikat pengalaman pengelolaan CLC TOEFL Prediction Scoreminimal 450 atau IELTS 5.0 yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa yangberafiliasi dengan Perguruan Tinggi atau Lembaga Bahasa yang terakreditasi.

 

PenempatanCLC

1)Berstatus bukan Pegawai Negeri Sipil.

2)Berijazah minimal S-1, Ekonomi/Akuntansi yang bersertifikat Akuntansi denganminimal IPK 2.75

3)Memiliki pengalaman dalam minimal 5 (lima) tahun pengelolaan Dapodik, kurikulumdan

4)Memiliki kecakapan dalam berbahasa manajemen dan diutamakan memiliki Inggrisdibuktikan dengan sertifikat pengalaman pengelolaan CLC TOEFL Prediction Scoreminimal 450 atau IELTS 5.0 yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa yangberafiliasi dengan Perguruan Tinggi atau Lembaga Bahasa yang terakreditasi.

 

D.RENCANA PENJADWALAN *)

1.Pengumuman Resmi Seleksi :3 Maret 2021

2.Waktu Pendaftaran :3-16 Maret 2021

3.Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 25 Maret 2021

4.Pelaksanaan Seleksi :6-9 April 2021

5.Pengumuman Hasil Seleksi : Mei 2021

 

E.TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftarandaring mulai tanggal 3 s.d 16 Maret 2021 pukul 12.00 WIB, dengan mekanismesebagai berikut:

1.peserta seleksi wajib memiliki alamat surat elektronik yang aktif

2.peserta seleksi melakukan pendaftaran/registrasi awal secara daring melaluilaman http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln 

3.pendaftaran lanjutan dilakukan dengan cara login menggunakan username danpassword yang dikirim oleh Sekretariat Panitia Seleksi Bersama melalui suratelektronik peserta seleksi. Tahapan pendaftaran lanjutan meliputi:

a.Memilih jabatan yang akan dilamar;

b.Mengisi informasi data diri pelamar meliputi:

1)Data pokok pelamar

2)Riwayat Pendidikan yang telah ditempuh

3)Riwayat jabatan/pengalaman jabatan yang pernah ditekuni

4)Informasi pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti

c.Mengunggah hasil pindai dokumen/berkas yang dipersyaratkan paling lambattanggal 16 Maret 2021 pukul 24.00 WIB sebagai berikut:

 

Bagi semua pelamar:

1)Pas foto ukuran 3x4 dengan besar file maksimal 500 Kb

2)Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp10.000,00 yang ditujukan kepadaplt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan tembusankepada Pimpinan unit kerja yang bersangkutan (format 1 dapat diunduh pada menuUNDUH)

3)NUPTK bagi yang memiliki

4)Kartu Tanda Penduduk dan Akte Lahir

5)ijazah pendidikan terakhir beserta transkrip nilai

6)Sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0 yang diterbitkan olehLembaga Bahasa yang berafiliasi dengan Perguruan Tinggi atau Lembaga Bahasayang terakreditasi

7)Sertifikat/penghargaan keterampilan tambahan selain mengajar, seperti: olahraga,pramuka, seni-budaya, keagamaan, prakarya, atau teknologi informasi komunikasi(ICT), akuntansi/keuangan, dll.

8)Surat Keterangan sehat dan bebas NARKOBA yang dibuktikan dengan surat keterangandari Dokter Pemerintah paling lama 6 (enam) bulan terakhir.

9)Deskripsi diri, potensi dan motivasi menjadi guru/tenaga kependidikan dalam BahasaIndonesia dan Bahasa Inggris masing-masing 1 lembar yang diketik menggunakanjenis huruf Arial ukuran 12 dengan spasi 1,15 ukuran kertas A4 dalam formatPDF.

 

Bagi pelamarberstatus PNS:

1)Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh PPK terkait izin mengikuti seleksi dankesediaan menerima kembali di instansi asal (format 2 dapat diunduh pada menuUNDUH)

2)Sertifikat Profesi Pendidik yang linear dengan jabatan yang dilamar, kecualibagi pelamar Guru Produktif Kuliner, Guru Produktif Perhotelan dan JasaPariwisata, serta Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara dapat digantikandengan sertifikat keahlian (bagi pelamar guru SILN)

3)Surat keterangan mengajar dari Kepala Sekolah yang menunjukkan akumulasi pengalamanmengajar sesuai dengan bidang yang diampu minimal 5 (lima) tahun bagi pelamarguru SILN

4)SK Kenaikan Pangkat dan SK Jabatan terakhir

5)Surat keterangan berkelakuan baik dari atasan (format 4 dapat diunduh pada menuUNDUH)

 

Bagi pelamarberstatus NON PNS:

1)Surat izin mengikuti proses seleksi yang ditandatangani oleh pimpinan institusiasal (sekolah/yayasan), (format 3 dapat diunduh pada menu UNDUH)

2)Sertifikat Profesi Pendidik yang linear dengan jabatan yang dilamar, kecualibagi pelamar Guru Produktif Kuliner, Guru Produktif Perhotelan dan JasaPariwisata, serta Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara dapat digantikandengan sertifikat keahlian (bagi pelamar guru SILN)

3)Surat keterangan mengajar dari Ketua Yayasan yang menunjukkan akumulasi pengalamanmengajar sesuai dengan bidang yang diampu minimal 5 (lima) tahun bagi pelamarguru SILN.

4)Surat keterangan pengalaman bekerja sebagai Tenaga Kependidikan di sekolah yangdikeluarkan oleh Kepala Sekolah/Ketua Yayasan (bagi pelamar tenaga kependidikanuntuk penempatan CLC)

5)Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

d.Menandatangi surat pernyataan bermaterai Rp10.000,00 bahwa semua dokumen yangdisampaikan adalah benar dan dapat dibuktikan keasliannya (format 5 dapat diunduhpada menu UNDUH); Panitia hanya akan memroses lamaran bagi pelamar yangmengunggah dokumen/ berkas yang dipersyaratkan secara lengkap dan benar.

 

F.Proses Seleksi dalam Rekrutmen Guru DanTenaga Kependidikan  SILN (SekolahIndonesia Di Luar Negeri) Tahun 2021 adalah sebagai berikut

1.Daftar nama pelamar dengan kualifikasi terbaik akan diumumkan pada portal resmiKementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dapat mengikuti proses SeleksiKompetensi yang terdiri dari;

a.Bagi calon guru SILN: Psikotes, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia, Tes Kemampuan BahasaInggris, Microteaching dan Wawancara.

b.Bagi calon Tenaga Kependidikan SILN : Psikotes, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia,Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Wawancara.

3.Daftar nama peserta Seleksi Kompetensi yang dinyatakan lulus akan diumumkanmelalui portal resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

G.Ketentuan Lain

1.Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan

2.Panitia Seleksi Bersama dapat merekomendasikan calon Guru/Tenaga KependidikanSILN pada negara selain yang dilamar.

3.Pendidik Tetap pada Pusat Kegiatan Belajar (Community Learning Center/CLC) yangtelah menyelesaikan masa penugasan awal selama 2 (dua) tahun dan saat ini beradadi CLC Malaysia, dapat mengikuti seleksi untuk formasi Guru/Tenaga Kependidikanpenempatan SILN di Malaysia.

4.Untuk mengikuti proses seleksi ini, Pelamar seleksi tidak dipungut biayaapapun.

5.Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak sesuaidengan fakta atau melakukan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksimaupun setelah diangkat menjadi Guru/Tenaga Kependidikan SILN maka kelulusanyang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikansebagai Guru/Tenaga Kependidikan SILN.

6.Apabila pelamar telah dinyatakan lulus tetapi tidak menyampaikan kelengkapanberkas untuk penetapan sebagai Guru/Tenaga Kependidikan SILN sampai batas waktuyang ditentukan, maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atauyang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.

7.Panitia Seleksi Bersama tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun.Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan padaportal resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

8.Segala kerugian akibat kelalaian tidak memantau perkembangan informasi yang diumumkanpada laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi tanggung jawabpelamar.

 

Demikianinformasi tentang Rekrutmen Guru DanTenaga Kependidikan  SILN (SekolahIndonesia Di Luar Negeri) Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =