CONTOH SOAL SKB CPNS MATERI SOAL TES SOSIO KULTURAL DAN SOAL TES MANAJERIAL
ContohSoal SKB CPNS 2021/2022 Materi Soal Tes Kompetensi Sosio Kultural dan Soal Tes KompetensiManajerial. Sesuai dengan Peraturan Menteri PendayagunaanAparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 38 tahun 2017, kompetensi sosialkultural merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku terkaitdengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk. Kompetensi ini eratkaitannya dengan sikap toleransi, keterbukaan, dan kepekaan terhadap perbedaanantar individu atau kelompok masyarakat. Saat ini kompetensi sosio kulturaltelah berdiri sendiri dan tidak lagi menjadi bagian dari kompetensi manajerial.
Kompetensisosio kultural merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikapatau perilaku terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.Lebih lanjut ia menerangkan bahwa dengan tersebarnya unit vertikal KementerianKeuangan di seluruh wilayah Indonesia, kompetensi sosio kultural menjadi sebuahkompetensi wajib bagi dimiliki seluruh ASN
Kompetensisosial kultural yang harus dimiliki ASN yaitu Perekat Bangsa. Kemampuandalam mempromosikan sikap toleransi, keterbukaan, peka terhadap perbedaanindividu/kelompok masyarakat; mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintahdalam mempersatukan masyarakat dan membangun hubungan sosial psikologis denganmasyarakat di tengah kemajemukan Indonesia sehingga menciptakan kelekatan yangkuat antara ASN dan para pemangku kepentingan serta diantara para pemangkukepentingan itu sendiri; menjaga, mengembangkan, dan mewujudkan rasa persatuandan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia
KompetensiManajerial (managerial competence) adalah kompetensi yangberhubungan dengan berbagai kemampuan manajerial yang dibutuhkan dalammenangani tugas organisasi. Kompetensi manajerial meliputi kemampuan menerapkankonsep dan teknik perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan evaluasikinerja unit organisasi, juga kemampuan dalam melaksanakan prinsip goodgovernance dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan termasuk bagaimanamendayagunakan kemanfaatan sumberdaya pembangunan untuk mendukung kelancaranpelaksanaan tugas.
Berdasarkan Peraturan Menteri PendayagunaanAparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 38 Tahun 2017,yang dimaksud Kompetensi Manajerial adalahpengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur,dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.
KompetensiManajerial ASN baik PNS maupun PPPK adalah Integritas, Kerjasama,Komunikasi, Orientasi pada Hasil, Pelayanan Publik, Pengembangan Diri dan OrangLain, Mengelola Perubahan, dan Pengambilan Keputusan.
KompetensiManajerial Integritas diartikan sebagai konsisten berperilakuselaras dengan nilai, norma dan/atau etika organisasi, dan jujur dalam hubungandengan manajemen, rekan kerja, bawahan langsung, dan pemangku kepentingan,menciptakan budaya etika tinggi, bertanggungjawab atas tindakan atau keputusanbeserta risiko yang menyertainya.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 1
1.1.Bertingkahlaku sesuai dengan perkataan; berkata sesuai dengan fakta;
1.2.Melaksanakanperaturan, kode etik organisasi dalam lingkungan kerja sehari-hari, padatataranindividu/ pribadi;
1.3.Tidakmenjanjikan/memberikan sesuatu yang bertentangan dengan aturan organisasi.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 2
2.1.Mengingatkan rekan kerja untuk bertindak sesuai dengan nilai, norma, dan etika organisasidalam segala situasi dan kondisi; Mengajak orang lain untuk bertindak sesuai etikadan kode etik.
2.2.Menerapkannorma-norma secara konsisten dalam setiap situasi, pada unit kerja terkecil/ kelompokkerjanya.
2.3.Memberikaninformasi yang dapat dipercaya sesuai dengan etika organisasi.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 3
3.1.Memastikan anggota yang dipimpin bertindak sesuai dengan nilai, norma, danetikaorganisasi dalam segala situasi dan kondisi.
3.2.Mampuuntuk memberi apresiasi dan teguran bagi anggota yang dipimpin agar bertindakselaras dengan nilai, norma, dan etika organisasi dalam segala situasi dan kondisi.
3.3.Melakukanmonitoring dan evaluasi terhadap penerapan sikap integritas di dalam unit kerjayang dipimpin.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 4
4.1.Menciptakansituasi kerja yang mendorong seluruh pemangku kepentingan mematuhi nilai,norma, dan etika organisasi dalam segala situasi dan kondisi.
4.2.Mendukungdan menerapkan prinsip moral dan standar etika yang tinggi,serta berani menanggungkonsekuensinya.
4.3.Beranimelakukan koreksi atau mengambil tindakan atas penyimpangan kode etik/ nilai-nilaiyang dilakukan oleh orang lain, pada tataran lingkup kerja setingkat instansi meskipunada resiko.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 5
5.1.Mempertahankan tingkat standar keadilan dan etika yang tinggi dalam perkataan dantindakan sehari-hari yang dipatuhi oleh seluruh pemangku kepentingan pada lingkupinstansi yang dipimpinnya.
5.2.Menjadi “rolemodel” atau keteladanan dalam penerapan standar keadilan dan etikayang tinggi di tingkat nasional.
5.3.Membuat konsep kebijakan dan strategi penerapan sikap integritas dalam pelaksanaantugas dan norma-norma yang sejalan dengan nilai strategis organisasi.
KompetensiManajerial Kerjasama merupakan Kemampuan menjalin, membina, mempertahankanhubungan kerja yang efektif, memiliki komitmen saling membantu dalam penyelesaiantugas, dan mengoptimalkan segala sumberdaya untuk mencapai tujuan strategis organisasi.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 1
1.1.Berpartisipasi sebagai anggota tim yang baik, melakukan tugas/bagiannya, danmendukung keputusantim;
1.2.Mendengarkan dan menghargai masukan dari orang lain dan memberikanusulan-usulan bagi kepentingantim;
1.3.Mampu menjalin interaksi sosialuntuk penyelesaian tugas
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 2
2.1.Membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka untuk mendukung sasarantim;
2.2.Berbagi informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim; mempertimbangkanmasukan dan keahlian anggota dalam tim/ kelompok kerja serta bersedia untuk belajardari orang lain;
2.3.Membangun komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tim.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 3
3.1.Melihat kekuatan/ kelemahan anggota tim, membentuk tim yang tepat, mengantisipasikemungkinan hambatan, danmencari solusi yang optimal
3.2.Mengupayakan dan mengutamakan pengambilan keputusan berdasarkan usulan-usulan anggotatim/ kelompok, bernegosiasi secara efektif untuk upaya penyelesaikan pekerjaanyang menjadi target kinerja kelompok dan/atau unit kerja.
3.3.Membangun aliansi dengan para pemangku kepentingan dalam rangka mendukungpenyelesaian target kerja kelompok
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 4
4.1.Membangun sinergi antar unit kerja di lingkup instansi yang dipimpin
4.2.Memfasilitasi kepentingan yang berbeda dari unit kerja lain sehingga terciptasinergi dalam rangka pencapaian target kerja organisasi.
4.3.Mengembangkan sistem yang menghargai kerja sama antar unit, memberikan dukungan/ semangat untuk memastikan tercapainya sinergi dalam rangka pencapaian targetkerja organisasi.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 5
5.1.Menciptakan hubungan kerja yang konstruktif dengan menerapkan norma/ etos/ nilai-nilaikerja yang baik di dalam dan di luar organisasi; meningkatkan produktivitas danmenjadi panutan dalam organisasi
5.2.Secara konsisten menjaga sinergi agar pemangku kepentingan dapat bekerja sama denganorang di dalam maupun di luar organisasi.
5.3.Membangun konsensus untuk menggabungkan sumberdaya dari berbagai pemangkukepentingan untuk tujuan bangsa dan negara.
KompetensiManajerial Komunikasi merupakan Kemampuan untuk menerangkan pandangandan gagasan secara jelas, sistematis disertai argumentasi yang logis dengancara-cara yang sesuai baik secara lisan maupun tertulis; memastikan pemahaman;mendengarkan secara aktif dan efektif; mempersuasi, meyakinkan dan membujukorang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Komunikasi Pada Hasil Level 1
1.1.Menyampaikan informasi(data), pikiran atau pendapat dengan jelas, singkat dan tepatdengan menggunakan cara/media yang sesuai dan mengikuti alur yang logis;
1.2.Memastikan pemahaman yang sama atas instruksi yang diterima/diberikan
1.3.Mampu melaksanakan kegiatan surat menyurat sesuai tata naskah organisasi.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Komunikasi Pada Hasil Level 2
2.1.Menggunakan gaya komunikasi informal untuk meningkatkan hubungan profesional;
2.2.Mendengarkan pihak lain secara aktif; menangkap dan menginterpretasikan pesan-pesandari orang lain, serta memberikan respon yang sesuai;
2.3.Membua tmateri presentasi, pidato, draft naskah, laporan dll sesuai arahanpimpinan
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Komunikasi Pada Hasil Level 3
3.1.Menyampaikan suatu informasi yang sensitif/ rumit dengan cara penyampaian dan kondisiyang tepat, sehingga dapat dipahami dan diterima oleh pihak lain;
3.2.Menyederhanakan topik yang rumit dan sensitif sehingga lebih mudah dipahami danditerima orang lain;
3.3.Membuat laporan tahunan/ periodik/ naskah/ dokumen/ proposal yang kompleks; Membuatsurat resmi yang sistematis dan tidak menimbulkan pemahaman yang berbeda;membuatproposal yang rinci dan lengkap;
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Komunikasi Pada Hasil Level 4
4.1.Mengintegrasikan informasi-informasi penting dari berbagai sumber dengan pihak lainuntuk mendapatkan pemahaman yang sama;
4.2.Menuangkan pemikiran/ konsep dari berbagai sudut pandang/ multidimensi dalam bentuktulisan formal;
4.3.Menyampaikaninformasisecara persuasive untuk mendorong pemangku kepentingan sepakatpada langkah-langkah bersama dengan tujuan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Komunikasi Pada Hasil Level 5
5.1.Menghilangkan hambatan komunikasi,mampu berkomunikasi dalam isu-isu nasional yangmemiliki resiko tinggi, menggalang hubungan dalam skala strategis ditingkat nasional
5.2.Menggunakan saluran komunikasi formal dannonformal guna mencapai kesepakatandengan tujuan meningkatkan kinerja di tingkat instansi/ nasional
5.3.Menggagas sistem komunikasi dengan melibatkan pemangku kepentingan sejak diniuntuk mencari solusi dengan tujuan meningkatkan kinerja ditingkat instansi/ nasional
KompetensiManajerial Orientasi Pada Hasil merupakan Kemampuan mempertahankankomitmen pribadi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas, dapat diandalkan,bertanggung jawab, mampu secara sistimatis mengidentifikasi risiko dan peluang denganmemperhatikan keterhubungan antara perencanaan dan hasil, untuk keberhasilan organisasi.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Orientasi Pada Hasil Level 1
1.1.Menyelesaikan tugas dengan tuntas; dapat diandalkan;
1.2.Bekerja dengan teliti dan hati-hati guna meminimalkan kesalahan dengan mengacu padastandar kualitas (SOP).
1.3.Bersedia menerima masukan, mengikuti contoh cara bekerja yang lebih efektif,efisien di lingkungan kerjanya.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Orientasi Pada Hasil Level 2
2.1.Menetapkandan berupaya mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi daristandar kerja yang ditetapkan organisasi
2.2.Mencari, mencoba metode kerja alternatif untuk meningkatkan hasil kerjanya.
2.3.Memberi contoh kepada orang-orang di unit kerjanya untuk mencoba menerapkan metodekerja yang lebih efektif yang sudah dilakukannya.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Orientasi Pada Hasil Level 3
3.1.Menetapkan target kinerja unit yang lebihtinggi dari targetyangditetapkan organisasi.
3.2.Memberikan apresiasi dan teguran untuk mendorong pencapaian hasil unitkerjanya.
3.3.Mengembangkan metode kerja yang lebih efektif dan efisien untuk mencapai targetkerja unitnya.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Orientasi Pada Hasil Level 4
4.1.Mendorong unit kerja di tingkat instansi untuk mencapai kinerja yang melebihi targetyang ditetapkan.
4.2.Memantau dan mengevaluasi hasil kerja unitnya agar selaras dengan sasaran strategisinstansi.
4.3.Mendorong pemanfaatan sumber daya bersama antar unit kerja dalam rangka meningkatkanefektifitas dan efisiensi pencaian target organisasi
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Orientasi Pada Hasil Level 5
5.1.Memastikan kualitas sesuai standar dan keberlanjutan hasil kerja organisasiyang memberi kontribusi pada pencapaian target prioritas nasional.
5.2.Memastikan tersedianya sumber daya organisasi untuk menjamin tercapainya targetprioritas instansi/nasional.
5.3.Membuat kebijakan untuk menerapkan metode kerja yang lebih efektif-efisien dalammencapai tujuan prioritas nasional
KompetensiManajerial Pelayanan Publik merupakan Kemampuan dalam melaksanakantugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kegiatan pemenuhan kebutuhanpelayanan publik secara profesional, transparan, mengikuti standar pelayananyang objektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif, serta tidakterpengaruh kepentingan pribadi/ kelompok/ golongan/ partai politik
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pelayanan Publik Level 1
1.1.Mampu mengerjakan tugas-tugas dengan mengikuti standar pelayanan yang objektif,netral, tidak memihak, tidak diskriminatif, transparan dan tidak terpengaruhkepentingan pribadi/ kelompok/ partai politik.
1.2.Melayani kebutuhan, permintaan dan keluhan pemangku kepentingan
1.3.Menyelesaikan masalah dengan tepat tanpa bersikap membela diri dalam kapasitas sebagaipelaksana pelayanan publik.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pelayanan Publik Level 2
2.1Menunjukan sikap yakin dalam mengerjakan tugas-tugas pemerintahan/ pelayananpublik, mampu menyelia dan menjelaskan secara obyektif bila ada yang mempertanyakankebijakan yang diambil;
2.2Secara aktif mencari informasi untuk mengenali kebutuhan pemangku kepentinganagar dapat menjalankan pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan danpelayanan public secara cepat dan tanggap;
2.3Mampu mengenali dan memanfaatkan kebiasaan, tatacara, situasi tertentu sehinggaapa yang disampaikan menjadi perhatian pemangku kepentingan dalam halpenyelesaian tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayananpublik.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pelayanan Publik Level 3
3.1.Memahami, mendeskripsikan pengaruh dan hubungan/ kekuatan kelompok yang sedangberjalan di organisasi (aliansi atau persaingan), dan dampaknya terhadap unitkerja untuk menjalankan tugas pemerintahan secara profesional dan netral, tidakmemihak;
3.2.Menggunakan keterampilan dan pemahaman lintas organisasi untuk secara efektifmemfasilitasi kebutuhan kelompok yang lebih besar dengan cara-cara yangmengikuti standar objektif, transparan, profesional, sehingga tidak merugikan parapihak di lingkup pelayanan publik unit kerjanya;
3.3.Mengimplementasikan cara-cara yang efektif untuk memantau dan mengevaluasi masalahyang dihadapi pemangku kepentingan/ masyarakat serta mengantisipasi kebutuhan merekasaat menjalankan tugas pelayanan publik di unit kerjanya.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pelayanan Publik Level 4
4.1.Memahami dan memberi perhatian kepada isu-isu jangka panjang, kesempatan atau kekuatanpolitik yang mempengaruhi organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar, memperhitungkandan mengantisipasi dampak terhadap pelaksanaan tugas-tugas pelayanan public secaraobjektif, transparan, dan professional dalam lingkup organisasi;
4.2.Menjagaagar kebijakan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh instansinya telahselaras dengan standar pelayanan yang objektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif,serta tidak terpengaruh kepentingan pribadi/ kelompok/ partaipolitik;
4.3.Menerapkan strategi jangka panjang yang berfokus pada pemenuhan kebutuhanpemangku kepentingan dalam menyusun kebijakan dengan mengikuti standarobjektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif, transparan, tidakterpengaruh kepentingan pribadi/ kelompok.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pelayanan Publik Level 5
5.1.Mampu menciptakan kebijakan kebijakan pelayanan publik yang menjamin terselenggaranyapelayanan publik yang objektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif,serta tidak terpengaruh kepentingan pribadi/ kelompok/ partai politik.
5.2.Menginternalisasikan nilai dan semangat pelayanan publik yang mengikuti standarobjektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif, transparan, tidakterpengaruh kepentingan pribadi/kelompok kepada setiap individu di lingkungan instansi/nasional.
5.3.Menjaminterselenggaranya pelayanan publik yang objektif, netral, tidak memihak,tidak diskriminatif, serta tidak terpengaruh kepentingan pribadi/ kelompok/ partaipolitik.
KompetensiManajerial Pengembangan Diri dan Orang Lain
Kemampuan untuk meningkatkanpengetahuan dan menyempurnakan keterampilan diri; menginspirasi oranglainuntukmengembangkandan menyempurnakan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan danpengembangan karir jangka panjang, mendorong kemauan belajar sepanjang hidup,memberikan saran/ bantuan, umpanbalik, bimbingan untuk membantu orang lainuntuk mengembangkan potensi dirinya.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengembangan Diri dan Orang Lain Level 1
1.1.Mengidentifikasikebutuhan pengembangan diri dan menyeleksi sumber serta metodologi pembelajaranyangdiperlukan
1.2.Menunjukkanusaha mandiri untuk mempelajari keterampilan atau kemampuanbarudari berbagaimedia pembelajaran
1.3.Berupayameningkatkan diri dengan belajar dari orang-orang lain yang berwawasan luas di dalamorganisasi.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengembangan Diri dan Orang Lain Level 2
2.1.Meningkatkankemampuan bawahan dengan memberikan contoh, instruksi, penjelasan dan petunjuk praktisyang jelas kepada bawahan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
2.2.Membantubawahan untuk mempelajari proses, program atau sistem baru
2.3.Menggunakanmetode lain untuk meyakinkan bahwa orang lain telah memahami penjelasan atau pengarahan
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengembangan Diri dan Orang Lain Level 3
3.1.Memberikantugas-tugas yang menantang pada bawahan sebagai media belajar untukmengembangkan kemampuannya.
3.2.Mengamatibawahan dalam mengerjakantugasnyadanmemberikan umpanbalik yang objektif dan jujur;melakukan diskusi dengan bawahan untuk memberikan bimbingan dan umpan balikyang berguna bagi bawahan.
3.3.Mendorong kepercayaandiri bawahan; memberikan kepercayaan penuh pada bawahanuntuk mengerjakan tugas dengan caranya sendiri; memberi kesempatan dan membantubawahan menemukan peluang untuk berkembang.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengembangan Diri dan Orang Lain Level 4
4.1.Menyusun program pengembangan jangka panjang bersama-sama dengan bawahan,termasuk didalamnya penetapan tujuan, bimbingan, penugasan dan pengalamanlainnya, serta mengalokasikan waktu untuk mengikuti pelatihan/ pendidikan/ pengembangankompetensi dan karir;
4.2.Melaksanakan manajemen pembelajaran termasuk evaluasi dan umpan balik pada tataranorganisasi;
4.3.Mengembangkan orang-orang disekitarnya secara konsisten, melakukan kaderisasiuntuk posisi-posisi di unit kerjanya.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengembangan Diri dan Orang Lain Level 5
5.1.Menciptakan situasi yang mendorong individu, kelompok, unit kerja untuk mengembangkankemampuan belajar secara berkelanjutan ditingkat instansi;
5.2.Merekomendasikan/ memberikan penghargaan bagi upaya pengembangan yang berhasil,memastikan dukungan bagi orang lain dalam mengembangkan kemampuan dalam unit kerjaditingkat instansi;
5.3.Memberikan inspirasi kepada individu atau kelompok untuk belajar secara berkelanjutandalam penerapan di tingkat instansi.
KompetensiManajerial Mengelola Perubahan
Kemampuan dalam menyesuaikandiri dengan situasi yang baru atau berubah dan tidak bergantung secaraberlebihan pada metode dan proses lama, mengambil tindakan untuk mendukung dan melaksanakaninsiatif perubahan, memimpinusahaperubahan, mengambil tanggung jawab pribadiuntuk memastikan perubahan berhasil diimplementasikan secara efektif.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Mengelola Perubahan Level 1
1.1.Sadar mengenai perubahan yang terjadi di organisasi dan berusaha menyesuaikan diridengan perubahan tersebut.
1.2.Mengikuti perubahan secara terbuka sesuai petunjuk/pedoman.
1.3.Menyesuaikan cara kerja lama dengan menerapkan metode/proses baru dengan bimbinganorang lain.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Mengelola Perubahan Level 2
2.1.Menyesuaikan cara kerja lama dengan menerapkan metode/proses baru selaras denganketentuan yang berlaku tanpa arahan orang lain
2.2.Mengembangkan kemampuan diri untuk menghadapi perubahan
2.3.Cepat dan tanggap dalam menerima perubahan
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Mengelola Perubahan Level 3
3.1.Membantu orang lain dalam melakukan perubahan
3.2.Menyesuaikan prioritas kerja secara berulang-ulang jika diperlukan
3.3.Mengantisipasi perubahan yang dibutuhkan oleh unit kerjanya secara tepat.Memberikan solusi efektif terhadap masalah yang ditimbulkan olehadanya perubahan
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Mengelola Perubahan Level 4
4.1.Mengarahkan unit kerja untuk lebih siap dalam menghadapi perubahan termasukmemitigasi risiko yang mungkin terjadi;
4.2.Memastikan perubahan sudah diterapkan secara aktif di lingkup unit kerjanya secaraberkala;
4.3.Memimpindan memastikan penerapan program-program perubahan selaras antaruni tkerja.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Mengelola Perubahan Level 5
5.1.Membuat kebijakan-kebijakan yang mendorong perubahan yang berdampak padapencapaian sasaran prioritasnasional;
5.2.Menggalang dan menggerakkan dukungan para pemangku kepentingan untukmengimplementasikan perubahanyangtelah ditetapkan
5.3.Secara berkelanjutan, mencari cara-cara baru untuk memberi nilai tambah bagi perubahanyang tengah dijalankan agar memberi manfaat yang lebih besar bagi para pemangkukepentingan.
KompetensiManajerial Pengambilan Keputusan
Kemampuan membuat keputusan yangbaik secara tepat waktu dan dengan keyakinan diri setelah mempertimbangkanprinsip kehati-hatian, dirumuskan secara sistematis dan seksama berdasarkanberbagai informasi, alternative pemecahan masalah dan konsekuensinya, serta bertanggungjawabatas keputusan yang diambil.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengambilan Keputusan Level 1
1.1.Mengumpulkan dan mempertimbangkan informasi yang dibutuhkan dalam mencari solusi.
1.2.Mengenali situasi/pilihan yang tepat untuk bertindak sesuai kewenangan.
1.3.Mempertimbangkan kemungkinan solusi yang dapat diterapkan dalam pekerjaan rutinberdasarkan kebijakan dan prosedur yang telah ditentukan.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengambilan Keputusan Level 2
2.1.Melakukan analisis secara mendalam terhadap informasi yang tersedia dalam upayamencari solusi.
2.2.Mempertimbangkan berbagai alternative yang ada sebelum membuat kesimpulan;
2.3.Membuat keputusan operasional berdasarkan kesimpulan dari berbagai sumber informasisesuai dengan pedoman yang ada.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengambilan Keputusan Level 3
3.1.Membandingkan berbagai alternative tindakan dan implikasinya,
3.2.Memilih alternatif solusi yang terbaik, membuat keputusan operasional mengacu padaalternatif solusi terbaik yang didasarkan pada analisis data yang sistematis,seksama, mengikuti prinsip kehati-hatian.
3.3.Menyeimbangkan antara kemungkinan risiko dan keberhasilan dalam implementasinya.
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengambilan Keputusan Level 4
4.1.Menyusun dan/atau memutuskan konsep penyelesaian masalah yang melibatkan beberapa/seluruhfungsi dalam organisasi.
4.2.Menghasilkan solusi dari berbagai masalah yang kompleks, terkait dengan bidang kerjanyayang berdampak pada pihak lain.
4.3.Membuat keputusan dan mengantisipasi dampak keputusannya serta menyiapkan tindakanpenanganannya (mitigasirisiko)
IndikatorPerilaku Kompetensi Manajerial Pengambilan Keputusan Level 5
5.1.Menghasilkan solusi yang dapat mengatasi permasalahan jangka panjang.
5.2.Menghasilkan solusi strategis yang berdampak pada tataran instansi/nasional.
5.3.Membuat keputusan atau kebijakan yang berdampak nasional dengan memitigasi risikoyang mungkin timbul.
Berikut ini Contoh Soal SKB CPNS 2021/2022 Materi SoalTes Kompetensi Sosio Kultural Dan Soal Tes Kompetensi Manajerial, Semogabisa menambah wawasan
Baca Juga! Sebagai Referensi Silahkan download dan BacaPermenpan RB Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN (disini)
Demikian informasi tentang Contoh Soal SKB CPNS 2021/2022 Materi SoalTes Kompetensi Sosio Kultural Dan Soal Tes Kompetensi Manajerial. Semogaada manfaatnya, terima kasih.