PENGERTIAN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DAN INDIKATOR PENILAIAN SIKAP SOSIAL

Salah satu jenis penilaian Afektifadalah Penilaian kompetensi sikap Sosial. Pengertian penilaian keterampilan sikapsosial adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan sikapsosial siswa dalam menghargai, menghayati, dan berperilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauanpergaulan dan keberadaanya. Dalam pelajaran PPKn dan PAI guru diwajibkan untuk melakukanpenilaian kompetensi Sikap Sosial. Dalam pelajaran lainnya, penilaian kompetensisikap sosial dikembangkan terintegrasi dalam pembelajaran KD dari KI-3 danKI-4.
Indikator KD dari KI-2 matapelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan PPKn dirumuskan dalam perilakuspesifik sebagaimana tersurat di dalam rumusan KD mata pelajaran tersebut.Sementara indikator KD dari KI-2 mata pelajaran lainnya dirumuskan dalamperilaku sosial secara umum. Di samping itu, pada mata pelajaran tertentu padaKD tertentu, dapat dikembangkan indikator yang secara spesifik sesuai dengankarakteristik KD pada mata pelajaran tersebut.
Bagaimana Contoh Indikator PenilaianSikap Sosial? Berikut contoh indikator-indikator sikap sosial:
1) Sikap jujur,yaitu perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. Indikatorsikap jujur, antara lain:
• tidakmenyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan;
• tidak menjadiplagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber);
• mengungkapkanperasaan apa adanya;
• menyerahkankepada yang berwenang barang yang ditemukan;
• membuatlaporan berdasarkan data atau informasi apa adanya;
• mengakuikesalahan atau kekurangan yang dimiliki;
2) Sikap disiplin,yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagaiketentuan dan peraturan. Indikator sikap disiplin, antara lain:
• datang tepatwaktu;
• patuh padatata tertib atau aturan bersama/ sekolah;
• mengerjakan/mengumpulkantugas sesuai dengan waktu yang ditentukan, mengikuti kaidah berbahasa tulisyang baik dan benar;
3) Sikap tanggungjawab, yaitu sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dankewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat,lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa:. Indikatorsikap tanggung jawab, antara lain:
• melaksanakantugas individu dengan baik;
• menerimaresiko dari tindakan yang dilakukan;
• tidakmenyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat;
• mengembalikanbarang yang dipinjam;
• mengakui danmeminta maaf atas kesalahan yang dilakukan;
• menepatijanji;
• tidakmenyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri;
• melaksanakanapa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta;
4) Sikap toleransi,yaitu sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan,dan keyakinan. Indikator sikap toleransi, antara lain:
• menerimakesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya;
• dapat menerimakekurangan orang lain;
• dapatmememaafkan kesalahan orang lain;
• mampu dan maubekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang,pandangan, dan keyakinan;
• tidakmemaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain;
• kesediaanuntuk belajar dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agardapat memahami orang lain lebih baik;
• terbukaterhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru;
5) Sikap gotongroyong, yaitu bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuanbersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. Indikatorsikap gorong royong, antara lain:
• terlibataktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah;
• kesediaanmelakukan tugas sesuai kesepakatan;
• bersediamembantu orang lain tanpa mengharap imbalan;
• aktif dalamkerja kelompok;
• memusatkanperhatian pada tujuan kelompok;
• tidakmendahulukan kepentingan pribadi;
• mencari jalanuntuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan oranglain;
• mendorongorang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama;
6) Sikap Santunatau sopan, yaitu sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupunbertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggapbaik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktuyang lain. Indikator sikap santun atau sopan (sopan santu), antara lain:
• menghormatiorang yang lebih tua;
• tidakberkata-kata kotor, kasar, dan takabur;
• tidak meludahdi sembarang tempat;
• tidak menyelapembicaraan pada waktu yang tidak tepat;
• mengucapkanterima kasih setelah menerima bantuan orang lain;
• bersikap 3S(salam, senyum, sapa);
• meminta ijinketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik oranglain;
• memperlakukanorang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan;
7) Sikap percayadiri, yaitu suatu keyakinan atas kemampuannya sendiri untuk melakukan kegiatanatau tindakan. Indikator sikap percaya diri, antara lain:
• berpendapatatau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
• mampu membuatkeputusan dengan cepat
• tidak mudahputus asa
• tidakcanggung dalam bertindak
• beranipresentasi di depan kelas
• beraniberpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
Indikator untuk setiap butir sikapdapat dikembangkan sesuai kebutuhan satuan pendidikan dan dapat berlaku untuksemua mata pelajaran. Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Penilaian Sikap Sosial dan Contoh Indikator Penilaian SikapSosial. Semoga bermanfaat.