Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LOMBA MEMBUAT APLIKASI MOBILE EDUKASI (MAME) TAHUN 2021 UNTUK GURU, SISWA DAN UMUM

Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) Tahun 2021 untuk guru, siswa dan umum


LombaMembuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa danUmum. BalaiPengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) memiliki tugas“Melaksanakan pengembangan model multimedia untuk Pendidikan dan Kebudayaan”. MAME2021 merupakan nama dari Lomba AplikasiMobile Kihajar tahun 2021. MAME memilih karyaAplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagi pendidikan diIndonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atautablet serta mengandung unsur pendidikan. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPKbeserta konten bahan ajarnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsungmanfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

 

Dalam rangka melaksanakantugas tersebut, BPMPK menyelenggarakan fungsi: 1) Pengkajian model multimedia untukpendidikan dan kebudayaan, 2) Perancanganmodel multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, 3) Pembuatan model multimedia untukpendidikan dan kebudayaan,  4) Pendayagunaansarana dan peralatan multimedia, 5) Fasilitasi pengembangan model multimedia untuk pendidikandan kebudayaan, 6) Evaluasipengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, dan 7) Pelaksanaan urusan ketatausahaan Balai.

 

Sehubungan dengan tugas danfungsi BPMPK serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, BPMPK perlumempublikasikan keberadaan dan fungsinya agar dikenal oleh masyarakat luas yangberkecimpung dalam dunia pendidikan. Selain itu, program-program yang telah dilaksanakanbeserta produk-produknya bisa secara langsung dikenal dan dinikmati olehsekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya penggunamobile edukasi. Salah satu strategi publikasi yang ditempuh oleh BPMPK adalahdengan melaksanakan pembuatan bahan ajar berbasis komunitas yang kita sebutdengan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi atau disingkat dengan MAME. Konseputama diadakan MAME ini adalah “mendapatkan konten bahan ajar mobile edukasiyang dikembangkan oleh komunitas”. 

 

MAME 2021 merupakan nama dariLomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi(Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum.MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagipendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dijalankan diperangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan.Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya dapat dikenaldan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan diIndonesia.

 

Waktu dan Tempat Lomba MembuatAplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Pendaftarandan pengumpulan karya dilaksanakan pada 1 April 2021 sampai 31 Juli 2021secara online.

 

Kegiatan Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi(Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Setelahkegiatan sosialisasi dimulai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pendaftarandan pengumpulan hasil karya bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya MAME2021 bagi peserta ditentukan selama 4 bulan. Pendaftarandan pengumpulan karya bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagaidaerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta wajibmendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload)karya di website resmi di

http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame

 

Langkah Pendaftaran Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi(Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum

        Kunjungi website resmi MAME kemudianmendaftar menjadi peserta http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame

        Akun user peserta adalah alamat email yangdidaftarkan

        Peserta mendapatkan konfirmasi email yangdidaftarkan

        Peserta diwajibkan: 

        Melengkapi biodata

        Mengunggah identitas bukti diri (kartuidentitas dan foto diri)

        Mengunggah karya yang diajukan beserta suratpernyataan orisinalitas karya

        Mengunggah video demo karya dengan durasi30-60 detik (contoh video bisa dilihat di web resmi lomba)

        Upload ikon ( 512 x 512 px) dan 3 screenshot karya(ukuran sesuai smartphone)

        Peserta memberikan deskripsi atau sinopsismengenai karya yang diunggah

        Biodata, karya lomba, video demo, ikon dandeskripsi bisa diperbaharui dan diunggah ulang sampai batas akhir waktupendaftaran. 

 

Persyaratan Peserta Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi(Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum

        Warga Negara Indonesia (WNI)

        Peserta diwajibkan aktif mengikutiberita/informasi dari panitia MAME melalui website, email, dan media sosialresmi MAME .

        Kegiatan dibagi menjadi empat kategori yaitu: 

        Kategori Pelajar : 

        SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saatSeleksi Karya Terbaik  masih berstatus pelajar dengan menunjukkan buktiyang sah.

        Wajib melampirkan/mengunggah surat izin darikepala sekolah untuk mengikuti MAME.

        Apabila lolos ke Seleksi Karya Terbaik,peserta masih berstatus pelajar dan wajib membawa surat tugas dari kepalasekolah

        Panitia memberi fasilitas satu gurupendamping setiap peserta untuk menghadiri acara Seleksi Karya Terbaik

        Guru pendamping wajib membawa surat tugasdari kepala sekolah peserta.

        Panitia akan menanggung transportasi danakomodasi (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.

        Kategori Guru : 

        Guru segala jenjang (SD, SMP, SMA/SMK atausederajat)

        Pamong belajar, tutor keaksaraan, pendidikPAUD

        Wajib melampirkan/mengunggah surat izin yangmencantumkan mata pelajaran yang diampu, dari atasan langsung untuk mengikutiMAME.

        Jika lolos ke Seleksi Karya Terbaik, pesertamasih berstatus guru, pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik PAUD,dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung.

 

Kategori Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME)untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021. Program mobile edukasi merupakan salah satu modelpembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model iniadalah dapat menggunakan alat (device) smartphone, yang banyak digunakan dandimanfaatkan masyarakat sebagai alat komunikasi.

Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yangdikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, gurudan masyarakat umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimediaberbasis mobile edukasi, dalam bentuk kegiatan Membuat Aplikasi Mobile Edukasiyang disebut MAME 2021 dengan 4 kategori, yakni:

        Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya

        Kategori Guru bertema Mata Pelajaran

        Kategori Umum bertema Virtual, dan

        Kategori Umum bertema Game Edukasi.

 

Pelaksanaan kegiatan MAME 2021 ini dibagi dalam 4tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya,Seleksi Karya Kontributor, dan Seleksi Karya Terbaik.

 

Karakteristik Peserta

        Perorangan atau kelompok maksimal 3 orang(panitia menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babakSeleksi Karya Terbaik)

        Peserta yang pernah menjadi Juara 1 LombaAplikasi Mobile Kihajar tidak akan menjadi peserta seleksi karya terbaik MAMEpada kategori yang sama.

        Peserta hanya boleh mengikuti satu kategorikegiatan.

        Peserta yang tidak bersedia mengikuti SeleksiKarya Terbaik, akan diturunkan sebagai Kontributor

 

Persyaratan Karya

        Satu karya yang diunggah dalam format APK(Android) dan HTML5. Jika peserta hanya mengunggah satu format saja, makapanitia berhak mendiskualifikasi.

        Karya berupa konten mata pelajaranmencantumkan  nama mapel, topik, jenjang, dan tujuan pembelajaran.Sedangkan karya untuk konten umum mencantumkan topik, tujuan, dan sasarannya(semisal Pendidikan Khusus, Pendidikan Masyarakat Budaya atau Bahasa).  

        Karya adalah hasil ide dan kreasi originalpeserta (dilampiri surat pernyataan orisinalitas karya), isi karya menjaditanggung jawab peserta.  

        Karya berupa aplikasi mobile yangbisa dipublikasikan dan dimanfaatkan melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id

        Aplikasi mobile yang dimaksudadalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat smartphone atautablet.

        Aplikasi yang terkoneksi dengan server atauinternet harus dapat dijalankan tanpa koneksi internet.

        Aplikasi yang terkoneksi server harusmenyertakan dokumentasi dan panduan instalasi, jika masuk kontributor, data diserver harus dipindah ke server Kemdikbud.

        Konten karya adalah kreasi original tanpamengambil dari pihak ketiga.

        Karya peserta tidak boleh lebih dari 200 MB.Jika karya melebihi ukuran tersebut, maka karya tidak bisa diunggah.

        Karya belum pernah dipublikasikan.

        Karya tidak mengandung unsur komersial

        Karya belum pernah menjadi juara di lombayang lain.

        Karya wajib mencantumkan splashscreen dengan logo standar yang telah disediakan oleh panitia (dapatdiunduh di website resmi lomba), tetapi animasi dan musik boleh dimodifikasidengan durasi maksimal 5 detik.

        Tema karya tidak boleh sama  dengankarya yang sudah dipublish di m-edukasi.kemdikbud.go.id. (gunakan fiturpencarian pada portal m-edukasi.kemdikbud.go.id untuk menghindari kesamaanpemilihan tema). Contoh, hindari tema-tema berikut ini: Alfabet,Tata Surya, Aksara Jawa, Operasi Hitung Sederhana, Pengenalan hurufabjad/hijaiyah, Bangun Ruang dan Menangkal HOAX. Tema yang sama tidak akandiikutsertakan dalam proses seleksi.

        Di dalam aplikasi, peserta diwajibkanmencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi yangdigunakan (apabila menggunakan aset dari pihak lain).

 

        Pelajar : Berisi tentang sosial budaya(Misalnya : Pelajar Pancasila, Kenakalan Remaja, Pendidikan Karakter, BudiPekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, Peninggalan Sejarah, danlain-lain)

        Guru : Berisi tentang materipembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu dengan mencantumkan tujuanpembelajaran (mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam surat izin).

        Umum Virtual : Umum Virtual dapat berupaVirtual Lab, Virtual Reality, atau Augmented Reality. Untuk karyaVirtual Lab berisi simulasi praktikum di laboratorium sekolah, denganmenyertakan lembar kerja praktikum (judul, tujuan, dasar teori, hasilpengamatan, pernyataan, dan kesimpulan) dalam bentuk PDF.

        Umum Game Edukasi : Berisi tentangaplikasi permainan yang mengandung unsur pembelajaran, Membantu orang untukmempelajari subjek tertentu, mengembangkan konsep, memperkuat pengembangan,memahami peristiwa atau budaya historis, atau membantu mempelajari keterampilansaat bermain. Mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan cenderunginstruksional (ditunjukan adanya storyline) serta dapat memberikan pengalamanyang menarik dan menyenangkan.

        Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesiayang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing / daerah / muatanlokal.

        Peserta yang masuk Seleksi Karya Kontributor25 peserta per kategori, menyertakan Source Code atau Resource gunakeperluan sinkronisasi karya ke website resmi BPMPK untuk keperluan publikasidan Seleksi Karya Terbaik.

        Satu karya hanya boleh di ikut sertakan padasatu kategori saja. Jika ditemukan karya yang sama dan terdaftar pada lebihdari satu kategori, maka panitia berhak mendiskualifikasi. 

 

Ketentuan Umum LombaMembuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021

Peraturan dan ketentuan umumdalam pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut: 

        Panitia tidak menerima komplain keterlambatandikarenakan peserta tidak mengikuti berita/informasi dari panitia kegiatan.

        Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelumbatas akhir pengumpulan karya.

        Panitia berhak membatalkan kepesertaan calonpeserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telahditetapkan.

        BPMPK berhak mempublikasikan danmendistribusikan 100 karya hasil seleksi kontributor dan karya terbaik. 

        Keputusan panitia dan/atau tim selektor tidakdapat diganggu gugat.

 

Hadiah bagi pemenang LombaMembuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021

Total keseluruhan penghargaan yang disediakan untuksemua kategori dalam MAME 2021 kurang lebih Rp. 358.000.000,-

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Pelajar

        KaryaTerbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-

        KaryaTerbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

        KaryaTerbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 8.000.000,-

        Peringkat4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

 

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Guru

 

        KaryaTerbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-

        KaryaTerbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-

        KaryaTerbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

        Peringkat4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

 

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Virtual

        KaryaTerbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-

        KaryaTerbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-

        KaryaTerbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

        Peringkat4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

 

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Game Edukasi

        KaryaTerbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-

        KaryaTerbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-

        KaryaTerbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

        Peringkat4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

 

Demikian informasi tentang LombaMembuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. (Sumber: https://www.ainamulyana.com/2021/04/lomba-membuat-aplikasi-mobile-edukasi.html)



= Baca Juga =