Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US/UAS/USBD) IPA SD MI TAHUN 2022 (DAN KUNCI JAWABAN – PEMBAHASAN)

Soal Latihan dan Pembahasa Soal USBN IPA SD 2018 2019

Latihan Soal Ujian Sekolah US/UAS/USBD IPA SD  MI Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2021/2022 (danKunci Jawaban – Pembahasan). IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) secaragaris besar berarti suatu cabang ilmu sains yang mempelajari fenomena alammelalui observasi dan menganalisis bukti-bukti empiris sehingga mampumenjabarkan, memprediksi dan memahami fenomena alam tersebut. Di dalam ilmupengetahuan alam kriteria-kriteria seperti validitas, akurasi dan mekanismesosial untuk menjamin kualitas harus ada di setiap observasi dan analisis buktiempiris. Menurut H.W. Fowler dkk, IPA adalah ilmu yang mempelajarigejala-gejala kebendaan melalui pengamatan dan induksi dan dilakukan secaraperumusan dan sistematis.Sedangkan Nokes berpendapat, di dalam buku Sciencein Education, bahwa pengertian IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalahpengetahuan teoritis yang didapat melalui suatu metode khusus.Ilmu pengetahuanalam dibagi menjadi dua cabang utama yaitu ilmu hayati dan ilmu alam.

Saat ini IPA merupakan salahsatu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah dasar hingga sekolahmenengah atas. Materi Pelajaran IPA SD antara lain: makhluk hidup dan proseskehidupan, benda dan sifatnya, energi dan perubahannya, bumi dan alam semesta,sifat-sifat cahaya, Konsep kelistrikan dan kemagnetan,  jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari, peristiwapemuaian dalam kehidupan sehari-hari, peran kalor dalam mengubah suhu dan wujudbenda dan materi lainnya



Selain sebagai matapelajaran wajib mata pelajaran IPA di SD  Juga termasuk salah satu mata pelajaran yangdi-USBN-kan atau pelaksanaan ujian termasuk kelompok Ujian Sekolah BerstandarNasional (USBN). Sebagai salah satu mata pelajaran wajib, tentunya nilai matapelajaran ini berpengaruh terhadap kelulusan siswa dari sekolah.

Untuk membantu siswa dalammenghadapi Soal Ujian Sekolah US / UASBD IPA SD MI Tahun 2022 berikut ini admin contohLatihan soal dan pembahasan Soal USBN IPASD  MI Tahun 2022 (Bukan bocoran Soal USBD IPA SD Tahun 2022). Semoga denganmempelajari Latihan Soal US / USBN IPA SD MI Tahun 2022 yang sudah jelas disusunsesuai kisi-kisi USBD IPA SD tahun 2021/2022 ini akan membantu para siswa SD –MI dalam menghadapi USBD tahun 2021/2022 yang akan datang.

Berikut ini Latihan Soal Ujian Sekolah US / USBD IPA SD  MI Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2021/2022.




Link Download Latihan Soal US/UASBD IPA SD  MI Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2021/2022  ---disini---

Berikut Pembahasan atau Kunci Jawaban Latihan Soal US / USBD IPA SD MI Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2021/2022 


PEMBAHASAN LATIHAN USBN IPA SD – MI TAHUN 2022
1. Jawaban D (Pilihan A salah karena ayamdimakan belalang, Pilihan B salah karena tikus dimakan kelinci, Pilihan C salahkarena kucing dimakan ayam)
2. Jawaban  B (Cara adaptasi enceng gondok Akarnya lebatTangkai daun berongga Batang beruas dimiliki bambu dan tebu)
3. Jawabab A (Hubungan antara tumbuhan pakudan pohon kelapa adalah simbiosis komensalisme, karena tumbuhan paku mendapattempat hidup sedangkan pohon kelapa tidak mendapatkan keuntungan dan tidak puladirugikan)
4. Jawaban D (Tumbuhan yang menggulungkandaun untuk mengurangi penguapan contohnya: jagung, tebu, padi. D
5. Jawaban C (Gajah tidak perlu melakukanpenyamaran karena merupakan hewan yang kuat)
6. Jawaban  D (Menyemburkan cairan seperti tinta :cumi-cumi, Mengeluarkan zat berbisa : ular, Memutuskan ekornya : cecak, Mengeluarkanbau menyengat : walang sangit)
7.  JawabanB (Urutan rantai makanan: rumput – belalang – burung – ular. Jika salah satupunah maka urutan rantai makanan di depannya akan meningkat, dan di belakangnyaakan menurun.
8.  JawabanB
9.  Jawaban D (Ciri pubertas laki-laki: Tumbuhjakun, Dada membidang, Tumbuh kumis, Mimpi basah)
10. Jawaban  A (Fungsi tulang rusuk: Melindungi jantung danMelindungi paru-paru)
11. Jawaban  A (telur → ulat (larva/nimfa) → kepompong(pupa) → hewan dewasa (imago))
12. Jawaban  D (Bambu → tunas Lumut → spora Apel → bijikunyit → akar tinggal Stroberi → geragih)
13. Jawaban  A (Metamorfosis sempurna: melewati fasekepompong (pupa) dan antara fase larva dan dewasa berbeda jauh. Contoh:kupu-kupu, katak, nyamuk, lalat, tawon, undur-undur, lebah Metamorfosis tidaksempurna: tidak melewati fase kepompong Contoh: belalang, kecoa, capung,tenggoret, jangkrik, rayap)
14. Jawaban  D (Otot merupakan alat gerak aktif sedangkantulang merupakan alat gerak pasif)
15. Jawaban A
16. Jawaban  C (Konstipasi (sembelit) kondisi sulit buangair besar secara teratur dan tuntas. Muntaber (muntah berak) disertai pusing.Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darahatau lendir. Diare merupakan buang air besar encer dengan frekuensi yangsering. Tifus adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonellatyphi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telahterkontaminasi)
17. Jawaban B
18. Jawaban D (Mentega dipanaskan: mencair;Balok es pada suhu ruangan: mencair; Bunga es yang terbentuk di freezer:membeku; Kapur barus yang digunakan: menyublim)
19. Jawaban B
20. Jelas C
21. Jawaban  B (Air dipanaskan akan menguap, terkena suhudingin akan mengembun)
22. Jawaban B (Senter: energi kimia menjadienergi listrik menjadi energi cahaya)
23. Jawaban  B (Melewati kaca = menembus benda bening,membentuk bayangan meja = merambat lurus)
24. Jawaban  C (Sudip terasa panas → konduksi Bagian luargelas terasa hangat saat diisi air panas → konduksi Badan terasa hangat saat disamping api unggun → radiasi Terjadi angin darat pada malam hari → konveksi)
25. Jawaban  A (Stopwatch: kimia → listrik → cahaya)
26. Jawaban  C Perubahan energi pada gambar yaitu darilistrik menjadi panas C
27. Jawaban A
28. Jawaban  D (Untuk membuat paku menjadi magnet, makaperlu lilitan kawat pada paku yang dialiri arus listrik)
29. Jawaban A
30. Jawaban C
31. Jawaban B
32. Jawaban B
33. Jawaban  B (Tepung kanji = tepung tapioka dibuat darisaripati singkong Tepung maizena dibuat dari saripati jagung)
34. Jawaban C
35. Jawaban B
36. Hasil panen sayur terkontaminasipestisida Terjadi pencemaran pada lingkungan Hama tanaman menjadi kebalKonsumen tingkat 2 punah
37. 4-9-5-10-1 2-7-6-8-3 10-1-2-7 8-3-4-9 
38.Perut terasa mual Lambung terasa perih Perut kembung Ulu hati terasa nyeri
39. Air laut dalam tambak menguap Volume airlaut dalam tambak berkurang Suhu air di dalam tambak naik
40. Evaporasi/penguapan: proses penguapan airdi permukaan air laut Kondensasi/pengembunan: proses perubahan uap air menjadititik-titik air Transpirasi: proses penguapan air pada tanaman 

Demikian informasi tentang LatihanSoal Ujian Sekolah dan Pembahasan US / UAS UASBD IPA SD – MI Tahun 2022 Tahun Pelajaran 2022-2022. Ingat ini hanya soal Latihan, bukan bocoran Soal US / USBD IPA SD Tahun 2022. Semoga bermanfaat dalammembatu persiapan siswa SD/MI dalam menghadapi US yang sebentar lagi akandilaksanakan.





= Baca Juga =