Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LATIHAN SOAL AKM NUMERASI SMP MTS 2021/2022 DAN PEMBAHASAN

Latihan Soal AKM AN Numerasi SMP MTS 2021 2022


LatihanSoal AKM AN Numerasi SMP MTS 2021/2022 dan Pembahasan. AsesmenKompetensi Minimum (AKM) merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN). AsesmenNasional merupakan upaya untuk memotret secara komprehensif mutu proses danhasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia.Informasi yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan digunakan untukmemperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang padagilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.Salah satu komponenhasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membacaserta literasi matematika (numerasi).

 

Asesmen ini disebut sebagaiAsesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atauminimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif dimasyarakat. Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret hasilbelajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret kompetensi mendasaryang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran.

 

Asesmen Kompetensi Minimum(AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua muriduntuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca danliterasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca maupun numerasi,kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis,keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari,serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalahdengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh muridmenggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKMdimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaankonten.

 

Literasi membaca didefinisikansebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagaijenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai wargaIndonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktifkepada masyarakat. Sedangkan Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakankonsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-haripada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesiadan warga dunia.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal AKM AN Numerasi SMP MTS 2021/2022,berikut penjelasn tentang Tujuan AKM. Dalam pembelajaran terdapat tigakomponen penting, yaitu kurikulum (apa yang diharapkan akan dicapai),pembelajaran (bagaimana mencapai) dan asesmen (apa yang sudah dicapai). Asesmendilakukan untuk mendapatkan informasi mengetahui capaian murid terhadap kompetensiyang diharapkan. Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk menghasilkaninformasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannyadapat meningkatkan hasil belajar murid.

 

Pelaporan hasil AKMdirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi murid. Tingkatkompetensi tersebut dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untukmenyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengantingkat capaian murid. Dengan demikian “Teaching at the right level” dapat diterapkan.Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat capaian murid akanmemudahkan murid menguasai konten atau kompetensi yang diharapkan pada suatumata pelajaran.

 

Untuk memastikan AKMmengukur kompetensi yang diperlukan dalam kehidupan, juga sesuai denganpengertian Literasi Membaca dan Numerasi yang telah disampaikan terdahulu, soalAKM diharapkan tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten,berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. Konten padaLiterasi Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakandalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Pada Numerasi kontendibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Datadan Ketidakpastian, serta Aljabar.

 

Tingkat kognitif menunjukkanproses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalahatau soal. Proses kognitif pada Literasi Membaca dan Numerasi dibedakan menjaditiga level. Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi,interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Pada Numerasi, ketigalevel tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran. Konteks menunjukkanaspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKMdibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik.

 

Berikut ini salah satu contohLatihan Soal AKM AN Numerasi SMP MTS 2021/2022,silahkan diperhatikan!

 DISKONHARGA 

Latihan Soal AKM AN Numerasi SMP MTS 2021/2022

Menjelang akhir tahunbeberapa toko memberikan diskon yang bervariasi. Beberapa diskon yang diberikanoleh toko A, B, C, D E dan F. Arti diskon (50%+20%) adalah memberikan diskon50% terhadap harga suatu barang, kemudian menambahkan diskon 20% terhadap hargasesudah diskon pertama.

 

Pertanyaan 1 Diskon Harga

Harga suatu barang Rp. 100.000,00maka Harga sesudah diskon 50% adalah ......

Jawaban Pertanyaan 1 DiskonHarga

Rp 100.000,00 – (50% x Rp.100.000,00) = Rp. 100.000,00 – Rp. 50.000,00 = Rp. 50.000,00.

 

Pertanyaan 2 Diskon Harga

Harga suatu barang Rp. 100.000,00maka Harga sesudah diskon tambahan 20% adalah .......

Jawaban Pertanyaan 2 DiskonHarga

Rp.50.000,00 – (20% xRp.50.000,00) = Rp. 50.000,00 – 10.000,00 = Rp. 40.000,00

 

Untuk mengetahui lebihlengkap tentang Latihan Soal AKM AN NumerasiSMP MTS 2021/2022 dan Pembahasannya. silahkan pelajari seperti tampak pada file PDF di bawahini



 

Link download Latihan Soal AKM AN Numerasi SMP MTS 2021/2022 (disini


Demikian informasi tentang Latihan Soal AKM AN Numerasi SMP MTS 2021/2022 dan Kunci Jawabannya.Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =