Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LATIHAN SOAL AKM KELAS 8 SMP MTS TAHUN 2021 (LITERASI DAN NUMERASI)

Latihan Soal AKM Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasanny


Contoh Latihan Soal AKM Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 beserta Kunci Jawabannya atauPembahasannya. Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangkamewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunyadengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmennasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum(AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.


Contoh Latihan Soal AKM Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 beserta Kunci Jawabannya atauPembahasannya. Sebagaimana diketahui, diterapkannya kebijakan inimerupakan penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan peningkatansistem evaluasi pendidikan. Tujuan utamanya mendorong perbaikan mutupembelajaran dan hasil belajar peserta didik.


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)adalah kompetensi yang benar-benar minimum, dimana melalui AKM kita bisamemetakan sekolah-sekolah di daerah berdasarkan kompetensi minimum yang harusdipersiapkan. Kompetensi Minimun adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan muriduntuk bisa belajar, apapun materinya dan apapun mata pelajarannya. Sehinggamateri AKM ada dua yaitu terkait literasi atau baca tulis, serta literasinumerasi.


Literasi yang dimaksudkan di sinibukan sekedar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaanserta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut.Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Sertamenekankan literasi dan numerasi bukan tentang mata pelajaran bahasa ataumatematika, melainkan kemampuan murid agar dapat menggunakan konsep literasiini untuk menganalisa sebuah materi.


AKM dan Survei Karakter terdiridari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa, kemampuanbernalar menggunakan numerasi, dan penguatan pendidikan karakter. Dan AKMdirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitifyaitu literasi dan numerasi.


Kedua aspek kompetensi minimun inimenjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat.Terlepas dari bidang kerja dan karir yang ingin mereka tekuni di kemudianhari.,Namun, fokus pada kemampuan literasi dan numerasi tidak kemudianmengecilkan arti dari pentingnya mata pelajaran. Karena justru dengan literasidan numerasi ini membantu murid-murid untuk mempelajari bidang ilmu lain,terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalambentuk angka atau kuantitatif.


Bagian lain dari Asesmen Nasionaladalah Survei Karakter yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik darihasil belajar sosio emosional berupa pilar karakter untuk mencetak profilPelajar Pancasila. Ada enam indikator profil Pelajar Pancasila yaitu berakhlakmulia, kreativitas, gotong royong, kebhinekaan global, bernalar kritis dankemandirian.


Alasan AKM memilih literasi dannumerasi karena literasi membaca dan numerasi adalah dua kompetensi minimumbagi siswa untuk belajar sepanjang hayat dan dapat berkontribusi kepada masyarakat.Menurut studi nasional & internasional, tingkat literasi siswa Indonesiamasih rendah. Dan mengapa juga ada survei karakter dalam asesmen ini, karenapendidikan bertujuan mengembangkan potensi siswa secara utuh. Asesmen nasionalmendorong mengembangkan sikap, values, dan perilaku yang mencerminkanPancasila.


Dampak dari AKM diharapkan dapatmemperbaiki budaya belajar, tidak ada dikotomi antara mata pelajaran UN danmapel non UN, tidak ada mata pelajaran utama dan pelengkap, tidak adapercepatan materi atau bimbingan intensif serta meningkatkan prosespembelajaran.


Berikut ini Contoh Latihan Soal AKM Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 beserta Kunci Jawabannyaatau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Siswa SMPMTS Tahun 2021 maupaun Contoh Latihan Soal AKM Literasi Siswa SMP MTS Tahun2021.

 

Contoh Latihan Soal dan Pembahasan AKM Numerasi SMP MTS Tahun 2021 (disini)

Kumpulna Latihan Soal dan Pembahasan AKM Numerasi SMP MTS Tahun 2021 (disini)

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi SMP MTS Tahun 2021 Bagian 1 https://bit.ly/39Bb8gA

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi SMP MTS Tahun 2021 Bagian 2 https://bit.ly/38RoOFg

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 Bagian 3 https://bit.ly/3qqT27Y

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 Bagian 4 https://bit.ly/3bKMzRd

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 5 https://bit.ly/2KjbFeq

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 6 https://bit.ly/3sE5CTl

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 7 https://bit.ly/2LvHSA5

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 8 https://bit.ly/3nNTXxy

 

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 1 https://bit.ly/38N5s40

Contoh Latihan AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 2 https://bit.ly/3qE8TQL

 

Demikianinformasi tentang Contoh Latihan AKMNumerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh LatihanSoal AKM Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2021 maupaun Contoh Latihan Soal AKM  Literasi Siswa SMP MTS Tahun 2021. Semoga adamanfaatnya. 

==================


Berikut ini Sekedar Contoh SoalAsesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMP. Soal ini diambil daridokumen soal PISA dan Soal Latihan HOTS (Higher Order Thinking Skills) Litbang Kemendikbud,dan Sumber lainnya.


Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMPKemampuan LiterasiMatematika

POPULASIPENDUDUK TIONGKOK


Soal Asesmen Kompetensi Minimum / Minimal (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Literasi Matematika

Hasil sensus pendudukTiongkok tahun 2010 menunjukkan jumlah penduduk negeri Tirai Bambu itu tercatat1,34 miliar jiwa dan jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas meningkat pesat.Jumlah penduduk berusia tua itu kini mencapai 13,3% atau naik 3% sejak tahun2000. Selain itu, sensus menunjukkan hampir separuh penduduk Tiongkok kinitinggal di perkotaan. Meski hasil sensus menunjukkan angka penduduk yang luarbiasa besar, namun pertumbuhan penduduk Tiongkok kini lebih lambat dibanding dimasa lalu.

Pertanyaan 1: Populasi penduduk Tiongkok
Berdasarkan piramida di atas, pada kelompok umur manakah Tiongkokmemiliki jumlah penduduk terbesar pada tahun 2010?
a.    20-24 tahun
b.    35-39 tahun
c.     40-44 tahun
d.    45-49 tahun


Pertanyaan 2: Populasi penduduk Tiongkok
Dari pertumbuhan jumlah penduduk laki-laki tahun 2010-2050, pada kisaranusia berapakah jumlah penduduk mengalami kenaikan?
............................................................................................

Pertanyaan 3: Populasi penduduk Tiongkok

Berapakah kisaran persentase penduduk laki-laki Tiongkok yang berusia 50-54tahun pada tahun 2010 yang bertahan hidup sampai tahun 2050? Tuliskan langkahjawabanmu!
...........................................................................................


Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum / Minimal (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Lietrasi Sains


KEBAKARAN

Soal Asesmen Kompetensi Minimum / Minimal (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Lietrasi Sains
Dalam pembakaran sempurna, unsur karbon akan bereaksi dengan unsur oksigenmenghasilkan karbon dioksida

Pertanyaan 1 : KEBAKARAN
Manakah di antara gas berikut ini yang diperlukan dalam proses pembakaran?
A.      NaHCO3
B.      CO2
C.      CO
D.      O2


Pertanyaan 2 : KEBAKARAN

Pada musim kemarau kita sering mendengar dan melihat berita kebakaran diTV. Petugas pemadam kebakaran selalu menyemprotkan air untuk memadamkan apitersebut, mengapa air dapat memadamkan api?
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................

Instalasi listrik di rumah sebaiknya diperiksa secara berkala. Apabila adakabel rapuh, sambungan atau stop kontak aus atau tidak rapat, segera gantilahdengan yang baru. Pemakaian kabel yang tidak sesuai dengan peruntukannyamenyebabkan terbakarnya lapisan pembungkus kabel, pemasangan instalasi listrikyang kurang tepat dapat menimbulkan korsluiting listrik yang akan memicuterjadinya kebakaran, juga penumpukan steker pada salah satu stop kontak seringmenimbulkan percikan api. Jika hal ini diabaikan, besar kemungkinan dapatterjadi kebakaran.




Pertanyaan 3 : Memadamkan Api

Jika terjadi kebakaran seperti pada gambar di atas, untuk memadamkan apitersebut menggunakan tabung gas pemadam kebakaran lebih efektif daripadamenggunakan air, mengapa?
A.      Air dapat berperan sebagaiisolator listrik.
B.      Air dapat berperan sebagaikonduktor listrik.
C.      Gas CO2 dalam tabung pemadamjika disemprotkan berbentuk busa.
D.      Gas CO2 dalam tabung pemadamdapat mengisolasi O2 di udara dengan api.



Kebakaran pada penggorengan sering terjadi di Indonesia, khususnya iburumah tangga yang ceroboh meninggalkan penggorengan di atas kompor yang masihmenyala. Untuk memadamkan api secara darurat pada peristiwa ini dapatmenggunakan tutup panci yang ditutupkan ke wajan tersebut. Api dapat segeradipadamkan.


PERINGATAN: Minyak goreng panas kalau terbakar jangan disiram dengan airkarena air dan minyak tidak akan bisa bersatu dan ini menyebabkan api bisamenjalar ke tempat lain dengan mudah
Pertanyaan 4: Kebakaran

Untuk memadamkan api pada penggorengan yang terbakar, selain dengan tutuppanci, kita dapat juga menyemprotkan gas dari tabung pemadam kebakaran, mengapademikian?
...........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
...........................................................................................................
.........................................................................................

PENGOLAHAN AIR

     Penyediaan air bersih bagiseluruh lapisan masyarakat masih merupakan satu masalah besar di Indonesia.Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan upaya untuk mendapatkan air bersihdari air keruh maupun air tawar dari air payau atau air laut. KepulauanIndonesia berada di sekitar garis katulistiwa memiliki iklim tropis. Melimpahnyasinar matahari yang menyinari kepulauan Indonesia hampir sepanjang tahun dapatdigunakan sebagai sumber energi. Energi matahari yang tersedia merupakan sumberenergi yang murah dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.Salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya matahari adalah upaya memanfatkanenergi matahari untuk memproduksi air tawar dengan memanfaatkan energi panasdari matahari untuk penyulingan air laut. Rancangan alat penyulingan yangdimaksud dapat diperlihatkan seperti gambar berikut.





Pertanyaan 1.  Pengolahan air
Pada rancangan alat penyulingan air laut salah satu komponen yang sangatpenting adalah kaca pengembunan. Kaca pengembunan dipasang dengan kemiringantertentu. Salah satu alasan kaca pengembunan dipasang miring pada rancanganalat penyulingan air laut menjadi air bersih adalah ….
A. kaca yang dipasang miring akanmenimbulkan efek rumah kaca sehingga suhunya maksimal dan dapat mempengaruhiair laut menguap
B. memungkinkan memperoleh airbersih yang lebih banyak karena kalau datar pengembunan air laut  pada kaca jumlahnya lebih sedikit
C. dengan kemiringan tertentu uapair yang mengembun lebih banyak mengalir menuju ke tempat penampungan yangtelah disediakan
D. kemungkinan kaca pecah lebihkecil apabila dipasang miring dibandingkan kaca dipasang mendatar

Pertanyaan 2:  Pengolahan air
Perhatikan skema rancangan penyulingan air laut!, Tentukan pada penampunganyang mana kadar garam tertinggi! Jelaskan jawabanmu!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Pertanyaan 3 :Pengolahan air
Proses penyulingan air laut menjadi air bersih layak minum tampak sederhanadan murah. Mengapa instalasi pengolahan air bersih seperti yang ditunjukkanpada diagram memerlukan biaya murah?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Pertanyaan 4 :  Pengolahan Air
Apakah volume air yang dihasilkan dapat diprediksi stabil? Berikanpenjelasan!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Literasi Membaca

CERITA RAKYAT
Di suatu kerajaan, ada seorang raja yang sudah tua. Dia mempunyai tiga oranganak laki-laki. Raja itu bingung memilih calon pengganti yang akan ditunjuksebagai putra mahkota. Sebenarnya, bisa saja ia menunjuk salah seorang putrayang ia sukai. Akan tetapi, ia khawatir bahwa putra pilihannya itu tidakmencintai rakyatnya. Raja yang tidak cinta kepada rakyat, tentu saja tidak akanmemikirkan nasib rakyatnya.

Akhirnya, sang raja mendapat ilham untuk menguji ketiga putranya. Ketigaputranya dipanggil untuk menghadap. Raja berkata, “Anak-anakku tercinta, saatini aku akan menguji kalian dengan satu pertanyaan. Siapa yang paling bagusjawabannya maka ia berhak menjadi putra mahkota. Bagaimana, apakah kalianbertiga siap menjawab?”
“Siap, Ayah!” jawab ketiga putra itu.
“Pertanyaannya begini, kalau kamu menjadi raja, seperti apa besar cintamukepada rakyat?”

Putra tertua mengacungkan tangan. Raja mempersilakan anak itu menjawab.
“Cintaku kepada rakyatku setinggi gunung,” jawab putra tertua. Kemudian,putra kedua menjawab, “Cintaku kepada rakyatku setinggi bintang.”
“Kini, giliranmu untuk menjawab!” Kata raja kepada si bungsu.
“Cintaku kepada rakyatku seperti garam,” jawab si bungsu.

“Sekarang aku ingin tahu,mengapa cintamu kepada rakyatmu seperti gunung?”
Tanya raja kepada putra tertua.
“Gunung itu tinggi dan besar. Di dunia ini tidak ada benda setinggi gunung.Karena itu, tidak ada yang bisa menandingi cintaku kepada rakyatku, “Jawabputra tertua” Di Pulau Madura ini tidak ada gunung, yang ada hanya bukit-bukit.Dimanakah engkau pernah melihat gunung?” tanya raja.
Aku belum pernah melihat gunung. Kata orang, di Jawa banyak gunung yangtinggi sampai ke awan.”
“Engkau telah membuat perumpamaan dengan benda yang belum pernah engkaulihat,” Kata raja dengan raut muka masam.

Kemudian, dia menunjuk putra kedua untuk mengemukakan alasan.
“Bintang itu benda paling tinggi. Jika cintaku kepada rakyatku setinggibintang, berarti cintakulah yang paling tinggi,” kata putra kedua. Kali iniraja hanya terdiam membisu mendengar jawaban putra kedua.

“Mengapa cintamu kepada rakyatmu seperti garam?” tanya raja kepada sibungsu.
“Karena hidupku sehari-hari membuat garam bersama orang-orang kecil. Selainitu, setiap manusia memerlukan garam pada saat makan. Jika cintaku sepertigaram, berarti semua orang akan merasakan secara nyata wujud cintaku. Takseorangpun rakyatku yang tidak mendapat cintaku. Itu maksud cintaku sepertigaram,” jawab si bungsu.

Mendengar penjelasan si bungsu, raja mengangguk-angguk sambil tersenyum.Setelah diam sejenak, raja pun berkata,”Aku memutuskan, anak bungsuku yangberhak menjadi putra mahkota.”

Cerita Rakyat dari Madura, “Mencari Calon Raja”

Pertanyaan 1: Cerita Rakyat
Inti cerita di di atas berisi tentang...
a.    Raja memilih salah satu anaknya yang berwatak sopan danrendah hati,sehingga anak bungsulah yang terpilih.
b.    Mencari calon raja harus berdasarkan ilham supaya adildan dianggap bijak dalam menentukan pilihan.
c.     Raja memilih salah satu anaknya yang berwatak pemberaniuntuk menjadi calon raja.
d.    Upaya bijaksana seorang raja dalam mencari pengganti yangmemiliki karakter cinta kepada rakyatnya.

Pertanyaan 2: Cerita Rakyat
Tunjukkan dua kalimat pada wacana di atas yang menunjukkan kekecewaan raja kepadaputranya!
.......................................................................................................
Pertanyaan 3: Cerita Rakyat
Tunjukkan satu kalimat pada wacana di atas yang menunjukkan kepuasan raja kepadaputranya!
.......................................................................................................

LinkContoh Soal AKM SMP- MTs

Link 1 Contoh Soal AKM SMP MTS terkait Literasi (disini)

Link 2 Contoh Soal AKM SMP MTS terkait Literasi (disini)

Link 3 Contoh Soal AKM SMP MTS terkait Literasi (disini)

Link 4 Contoh Soal AKM SMP MTS terkait Literasi (disini)

Link 5 Contoh Soal AKM SMP MTS terkait Literasi (disini)

Link 6 Contoh Soal AKM SMP MTS terkait Literasi (disini)


Link Simulasi Asesmen KompetensiMinimum AKM SMP - MTS Lainnya

1.    SimulasiAsesmen Kompetensi Minimum AKM KemampuanLiterasi Membaca

2.    SimulasiAsesmen Kompetensi Minimum AKM KemampuanLiterasi Sains


3.    SimulasiAsesmen Kompetensi Minimum AKM KemampuanLiterasi Matematika

4.    SimulasiAsesmen Kompetensi Minimum AKM KemampuanLiterasi Finansial


Berikut ini ContohLatihan Soal AKM SMP MTS Tahun 2021 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya,baik berupa Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2021maupaun Contoh Latihan Soal AKM Literasi Siswa SMP MTS Tahun 2021


Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 Bagian 1 https://bit.ly/39Bb8gA

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 Bagian 2 https://bit.ly/38RoOFg

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 Bagian 3 https://bit.ly/3qqT27Y

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP MTS Tahun 2021 Bagian 4 https://bit.ly/3bKMzRd

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 5 https://bit.ly/2KjbFeq

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 6 https://bit.ly/3sE5CTl

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 7 https://bit.ly/2LvHSA5

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 8 https://bit.ly/3nNTXxy

 

Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 1 https://bit.ly/38N5s40

Contoh Latihan AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 Bagian 2 https://bit.ly/3qE8TQL

 

Demikian informasi tentang Contoh Latihan AKM Numerasi Kelas 8  SMP MTS Tahun 2021 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya, baik berupa Contoh Latihan Soal AKM Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2021 maupaun Contoh Latihan Soal AKM  Literasi Siswa SMP MTS Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya. 


LinkContoh Soal AKM SD- MI

Link 1 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 2 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 3 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 4 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 5 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 6 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 7 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 8 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 9 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)

Link 10 Contoh Soal AKM SD MI terkait Literasi (disini)


Demikian informasi tentang Contoh AsesmenKompetensi Minimum AKM SMP. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. 


= Baca Juga =