KERANGKA KURIKULUM DAN STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK PAUD SD SMP SMA
KerangkaKurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak PAUD SD SMP SMA. Peningkatankualitas pendidikan dilakukan melalui hal yang paling fundamental yaitu kurikulum.Kurikulum bersifat dinamis sehingga harus selalu dikembangkan seiring dengan kebutuhanperkembangan zaman maka perlu pembelajaran dengan paradigma baru. Atas dasaritulah maka terbentuklah kurikulum Sekolah Penggerak.
Salah satu prinsip pembelajarandengan kurikulum Sekolah Penggerak adalah adanya pembagian kewenangan antara pemerintahpusat dan satuan pendidikan. Pemerintah pusat memiliki kewenangan untuk menetapkan:1) struktur kurikulum, 2) Profil Pelajar Pancasila, 3) capaian pembelajaran, 4)prinsip pembelajaran dan asesmen. Sedangkan setiap satuan pendidikan memiliki kewenanganuntuk menyusun visi, misi, dan tujuan sekolah, kebijakan sekolah terkait kurikulum,pembelajaran, dan asesmen.
Kurikulum sekolah penggerak inimeneruskan proses peningkatan kualitas pembelajaran yang telah diinisiasi kurikulum-kurikulumsebelumnya, yakni 1) Berbasis kompetensi dalam artian pengetahuan,keterampilan, dan sikap dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yangberkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh, dinyatakan sebagai CapaianPembelajaran (CP). 2) Pembelajaran yang fleksibel. Capaian Pembelajaran (CP) disusun dalam fase-fase(2-3 tahun per fase), sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk belajar sesuaidengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level-TaRL), kebutuhan, kecepatan,dan gaya belajarnya. Serta muatan atau kontendikurangi agar peserta didik memiliki waktu yang memadai untuk menguasai kompetensiyang ditargetkan.3) Karakter Pancasila, dalam artian sinergi antara kegiatan pembelajaranrutin sehari-hari di kelas dengan kegiatan non-rutin (projek) interdisipliner yangberorientasi pada pembentukan dan penguatan karakter berdasarkan kerangka ProfilPelajar Pancasila.
Kurikulum sekolah penggerakjuga menguatkan praktik kurikulum berbasis konteks satuan pendidikan yang sudahdiatur dalam kurikulum-kurikulum sebelumnya, yakni 1) Struktur minimum. Pemerintahmenetapkan struktur kurikulum minimum dan satuan pendidikan dapat mengembangkanprogram dan kegiatan tambahan sesuai dengan visi misi dan sumberdaya yangtersedia. 2) Otonomi. Kurikulum memberikan kemerdekaan pada satuan pendidikan danpendidik untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.Pemerintah menyediakan buku teks dan perangkat ajar untuk membantu guru yangmembutuhkan panduan dalam merancang pembelajaran. 3) Sederhana. Perubahan yang seminimalmungkin, Namun beberapa aspek berubah secara signifikan dari kurikulum sebelumnya.Tujuan, arah perubahan, dan rancangannya jelas dan mudah dipahami sekolah danpemangku kepentingan. 4) Gotong royong. Pengembangan kurikulum dan perangkat ajarnyadilakukan dengan melibatkan puluhan institusi termasuk Kemenag, universitas, sekolah,dan lembaga pendidikan lainnya.
KerangkaKurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak PAUD. Arahperubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum sekolah penggerak untuk jenjang PAUD,yakni 1) Per minggu 1050 menit; 2) Asesmen merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP);3) Asesmen yang dilaporkan cukup asesmen semester; 4) Pendekatan pembelajaran berbasis literasi(buku bacaan anak dan bahan teks lainnya) 5) Pengintegrasian persiapan literasidan numerasi ke dalam CP melalui kegiatanbermain-belajar.
KerangkaKurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak SD. Arahperubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum sekolah penggerak untuk jenjang SD, yakni1) IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu Pengetahuan Alamdan Sosial) sebagai fondasisebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP; 2) Pendekatan pengorganisasianmuatan pelajaran (berbasis mata pelajaran, tematik, dsb.) merupakan kewenangan satuanpendidikan. Sekolah boleh tetap menggunakan tematik ataupun beralih ke pendekatanberbasis mata pelajaran.
Berikut ini Kerangka Kurikulum dan Struktur Kurikulum SekolahPenggerak SD Kelas 1
Berikut ini Kerangka Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak SD Kelas 2
Berikut ini Kerangka Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak SD Kelas 3
Berikut ini Kerangka Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak SD Kelas 4 - 6
KerangkaKurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak SMP. Arahperubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum sekolah penggerak untuk jenjang SMP,yakni 1) Informatika sebagai mata pelajaran wajib. Guru yang mengajar tidak harus memiliki latar belakangpendidikan informatika. Buku guru disiapkan untuk membantu guru-guru “pemula” dalammata pelajaran ini.
Berikut ini Kerangka Kurikulum dan Struktur Kurikulum SekolahPenggerak SMP.
KerangkaKurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak SMA. Arahperubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum sekolah penggerak untuk jenjang SMA,yakni
1) Di kelas 10, belum ada peminatan, siswa mengambil semua mata pelajaranwajib. Di kelas 10 siswa menyiapkan diri untuk menentukan pilihan matapelajaran di kelas 11. Siswa perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas,dan orang tua. Mata pelajaran kelompok IPA dan IPS terdiri dari: IPA: Fisika, Kimia, Biologi (6JP)/minggusedangkan IPS: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi (8JP/minggu). Sekolahdapat menentukan pengorganisasian IPA dan IPS berdasarkan sumber daya yangtersedia, yaitu dengan memilih: a) Sistem blok - team teaching dalam perencanaannamun guru Fisika, Kimia, Biologi mengajar bergantian; b) Sebagai matapelajaran berdiri sendiri-sendiri; c) Terintegrasi - team teaching dalamperencanaan dan pembelajaran. Setiap tengah dan akhir semester ada unit inkuiriyang mengintegrasikan mapel-mapel dalam masing-masing IPA dan IPS; Siswa menulis esai sebagaisalah satu syarat kelulusan. Partisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran diharapkanmemberi inspirasi terkait topik yang dipilih.
2) Di kelas 11 dan 12, Siswamemilih mata pelajaran dari kelompok pilihan. Siswa memilih mata pelajaran dariminimum 2 kelompok pilihan hingga syarat minimum jam pelajaran terpenuhi (totalJP: 40/minggu; JP untuk mapel pilihan atau 22 JP/minggu). Ada 5 kelompok matapelajaran yang direkomendasikan, yaitu:
●MIPA: Matematika peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika
●IPS: Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Antropologi
●Bahasa dan Budaya: Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris,Bahasa Asing lainnya
●Vokasi/Karya Kreatif: Budidaya, Rekayasa, dsb.
●Seni dan Olahraga* (khusus untuk sekolah-sekolah yang ditetapkan pemerintah)
Sekolah membuka minimum 2kelompok mata pelajaran. Apabila sumber daya memungkinkan, sekolah dapat membukalebih dari dua kelompok Sekolah dapat bekerja sama dengan pemangku kepentingansetempat untuk mengembangkan CP matapelajaran Vokasi.
Berikut Kerangka Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak SMA Kelas 10
Berikut Kerangka Kurikulum dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak SMA Kelas 11 - 12
Demikian informasi tentang Kerangka Kurikulum dan Struktur Kurikulum SekolahPenggerak PAUD SD SMP SMA. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.