Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEPMENDIKBUD NOMOR 958 TAHUN 2020 TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PAUD SD SMP SMA

Kepmendikbud  Nomor  958  tahun  2020  Tentang  CP atau Capaian  Pembelajaran  Pada  PAUD  SD  SMP  SMA


Dalam  Keputusan Mendikbud  -  Kepmendikbud  Nomor  958  tahun  2020  Tentang CP atau Capaian  Pembelajaran Pada  PAUD  SD  SMP  SMA atau  Capaian  Pembelajaran Pada  Pendidikan  Anak  Usia  Dini,  Pendidikan  Dasar, Dan  Pendidikan  Menengah dinyatakan  bahwa  Capaian Pembelajaran  merupakan  bentuk pengintegrasian  kompetensi  inti  dan  kompetensi dasar  yang  disusun secara  komprehensif  dalam  bentuk  narasi yang  meliputi:  sekumpulan kompetensi  dan  lingkup materi.  Sehingga  CP  memungkinkan  setiap anak.

 

Capaian  pembelajaran (CP)  bukanlah  istilah asing  di  dunia  pendidikan.  Di  Indonesia  sendiri, istilah  CP  lebih  sering  digunakan di  dunia  pendidikan tinggi.  Meski  demikian istilah  CP  sendiri  sebenarnya tidak  merujuk  pada  satuan  pendidikan tertentu.  CP  dikenal juga  dengan  istilah learning  achievement,  achievement standard  atau  learning outcomes. 

 

Capaian  pembelajaran adalah  suatu  ungkapan tujuan  pendidikan,  yang  merupakan  suatu  pernyataan  tentang apa  yang  diharapkan diketahui,  dipahami,  dan  dapat  dikerjakan oleh  peserta  didik  setelah  menyelesaikan suatu  periode  belajar (Dikti,  2015:  1).  Kondisi  ini  juga  dijalankan oleh  sebagian  besar  negara  di  Eropa  saat  ini  yang  saat  ini  menggunakan  CP  untuk  mengungkapkan apa  yang  mereka harapkan  agar  diketahui dan  dapat  dilakukan oleh  peserta  didik  dan  memahami di  akhir  program atau  urutan  pembelajaran. 

 

Capaian  pembelajaran biasanya  digunakan  untuk  menentukan  tingkat kerangka  kualifikasi,  menetapkan standar  kualifikasi,  menjelaskan program  dan  kursus, mengarahkan  kurikulum,  dan  menentukan  spesifikasi penilaian.  Selain  itu  capaian  pembelajaran secara  tak  langsung akan  mempengaruhi  metode pengajaran,  pembelajaran  lingkungan dan  praktik  penilaian (ECFOP,  2017:14). 

 

CP  berfokus apa  yang  diharapkan pada  siswa  di  akhir  pembelajaran, hal  ini  sejalan dengan  pendekatan  student centered  dalam  dunia  pendidikan.  Kondisi ini  juga  ditegaskan oleh  Kennedy  et.al  (2014:3)  yang  menyatakan  bahwa  trend  internasional dalam  pendidikan  menunjukkan pergeseran  dari  tradisional pendekatan  "berpusat  pada  guru"  ke  pendekatan  "berpusat  pada  siswa".  Model  alternatif  ini  berfokus  pada  apa  yang  diharapkan  dari  siswa  yang  harus  dilakukan di  akhir  modul  atau  program. Oleh  karena  itu,  pendekatan  ini  biasa  disebut sebagai  pendekatan  berbasis hasil. 

 

Sejalan  dengan hal  tersebut  menurut Gosling  dan  Moon  (2001)  dalam  Mahajan  dan  Singh  (2017: 65)  disebutkan  bahwa  pendekatan  berbasis hasil  untuk  mengajar menjadi  semakin  populer di  tingkat  internasional,  bahkan sejumlah  negara  pun  telah  mengadopsinya secara  progresif  dalam  kerangka  kualifikasi nasional  seperti  QAA  (Quality  Assurance Agency  for  Higher Education)  di  Inggris,  Australia, Selandia  Baru  dan  Afrika  Selatan.

 

 

Secara  sederhana Capaian  Pembelajaran  bisa  didefinisikan  sebagai kompetensi  pembelajaran  yang  harus  dicapai peserta  didik  pada  setiap  tahap  perkembangan  peserta didik  untuk  setiap mata  pelajaran  pada  satuan  pendidikan dasar  dan  pendidikan menengah.  Capaian  pembelajaran memuat  sekumpulan  kompetensi dan  lingkup  materi yang  disusun  secara komprehensif  dalam  bentuk narasi.

 

Menurut  Mahajan dan  Singh  (2017: 65)  CP  diibaratkan sebagai  alat  navigasi atau  GPS.  Setelah tujuan  diumpankan  ke  perangkat  GPS,  selanjutnya  pengemudi akan  dipandu  sepanjang perjalanan  dan  membawa pengemudi  ke  tujuan yang  disebutkan  dengan benar  tanpa  rasa  takut  kehilangan arah  atau  salah  tujuan. 

 

Ketika  pengemudi mengambil  rute  yang  salah,  GPS  akan  memandu pengemudi  dan  membantu untuk  Kembali  pada  rute  semula yang  mengarah  ke  tujuan  yang  hendak  dituju. Sehingga  CP  adalah acuan  yang  membimbing siswa  untuk  hasil  yang  diinginkan dari  kegiatan  pembelajaran yang  direncanakan.  CP  juga  menunjukkan dan  mengarahkan  para  guru  jalan  yang  harus  diikuti  dan  menyadarkan  siswa  tentang  apa  yang  akan  mereka  capai  di  akhir  pembelajaran. 

 

Ditegaskan  dalam  Keputusan  Mendikbud -  Kepmendikbud  Nomor  958  tahun  2020 Tentang  Capaian Pembelajaran  Pada  PAUD  SD  SMP  SMA  atau  Capaian  Pembelajaran Pada  Pendidikan  Anak  Usia  Dini,  Pendidikan  Dasar, Dan  Pendidikan  Menengah dinyatakan  bahwa  capaian pembelajaran  juga  menjadi kompetensi  pembelajaran  minimal yang  harus  dicapai peserta  didik  untuk  setiap  mata  pelajaran  pada  satuan  pendidikan anak  usia  dini,  pendidikan  dasar, dan  pendidikan  menengah. Capaian  Pembelajaran  memuat sekumpulan  kompetensi  dan  lingkup  yang  disusun  secara komprehensif  dalam  bentuk narasi.  Pada  satuan PAUD  disebut  dengan Capaian  Perkembangan  PAUD  (CP  PAUD). 

 

Format  Rumusan Capaian  Pembelajaran 

1.  Bentuk Penulisan 

Format  CP  ditulis  dalam  bentuk  paragraf, sehingga  keterkaitan  antara pengetahuan,  keterampilan,  dan  kompetensi  umum  terlihat  jelas  dan  utuh  sebagai  satu  kesatuan  yang  tak  terpisahkan dalam  pembelajaran  dan  menggambarkan  apa  yang  akan  dicapai  peserta didik  di  akhir  pembelajaran. 

 

Hal  ini  berfungsi  untuk  memberikan  kesempatan mengeksplorasi  materi  pelajaran lebih  mendalam,  tidak  terburu-buru,  dan  cukup  waktu  untuk  menguatkan kompetensi,  mengingat  tahap  perkembangan  dan  kecepatan  anak  untuk  memahami sesuatu  belum  tentu  sama  untuk  setiap  anak.  Kondisi  ini  juga  memungkinkan seorang  anak  dengan kondisi  berkebutuhan  khusus dapat  menggunakan  CP  yang  sama  dengan  anak  pada  umumnya (anak  di  sekolah reguler). 

 

Hal  ini  secara  tidak  langsung  juga  akan  memudahkan guru  mengajar  pada  level  yang  seharusnya  (teaching at  the  right  level).  Hal  ini  tentunya impian  setiap  guru  untuk  dapat  mengajar  anak  sesuai  dengan tahapan  perkembangan  anak.  Impian  anak  pula  memperoleh layanan  pendidikan  sesuai haknya. 

 

Capaian  Pembelajaran  yang  disesuaikan  dengan tujuan  untuk  mengembangakan  dan  menguatkan  kompetensi dan  karakter  yang  sesuai  dengan Profil  Pelajar  Pancasila adalah  salah  satu  komponen  penting dalam  pelaksanaan  pembelajaran dengan  paradigma  baru. 

 

Capaian  pembelajaran yang  digunakan  di  Sekolah  Penggerak merupakan  hal  utama  dalam  suatu  kurikulum  dan  kriteria  suatu  capaian  pembelajaran yang  baik  yang  dikembangkan  oleh  satuan  pendidikan yang  telah  ditetapkan oleh  Pemerintah  Pusat. 

 

2.  Integrasi Pengetahuan,  Keterampilan,  dan  Sikap 

CP  merupakan hasil  peleburan  kompetensi inti  dan  kompetensi dasar.  Hasil  peleburan ini  menjadi  satu  kesatuan  penjabaran kemampuan  yang  diharapkan dapat  dikuasai  anak  di  akhir  pembelajaran.  Tidak  lagi  terpisah antara  komponen  sikap, pengetahuan  dan  keterampilan. CP  akan  menjadi acuan  deskripsi  keberhasilan anak  dalam  mempelajari sesuatu  hal. 

 

Pengintegrasian  tersebut juga  disesuaikan  dengan tujuan  untuk  mengembangakan  dan  menguatkan  kompetensi dan  karakter  yang  sesuai  dengan Profil  Pelajar  Pancasila,yang merupakan  salah  satu  komponen  penting dalam  pelaksanaan  pembelajaran dengan  paradigma  baru. 

 

3.  Fase  dalam  Perumusan  CP  (Capaian  Pembelajaran) PAUD  SD  SMP  SMA

CP  (Capaian Pembelajaran)  dirumuskan  dalam  bentuk  fase-fase yang  menyatakan  target capaian  untuk  rentang waktu  yang  lebih  panjang  (bukannya per  tahun  seperti kurikulum  terdahulu).  Durasi setiap  fase  dapat  berbeda  untuk  setiap  jenjang pendidikan.  Penggunaan  istilah “fase”  dilakukan  untuk  membedakannya  dengan kelas  karena  peserta didik  di  satu  kelas  yang  sama  bisa  jadi  belajar dalam  fase  pembelajaran yang  berbeda.  Ini  merupakan  penerapan dari  prinsip  pembelajaran sesuai  tahap  capaian belajar  atau  yang  dikenal  juga  dengan  istilah teaching  at  the  right  level  (mengajar  pada  tahapan/tingkat  yang  sesuai).  Apabila peserta  didik  kelas  5  masih  harus  belajar materi  Fase  B  (fase  untuk  kelas  3-4),  misalnya,  maka  guru  dapat  menggunakan  materi pelajaran  fase  tersebut. 

 

Di  PAUD  terdapat  fase  awal  yang  disebut  fase  pondasi  (TK  B).  Fase  fondasi  ini  mencakup  capaian perkembangan  yang  diharapkan dikuasai  oleh  anak  jenjang  PAUD  hingga  SD  kelas  awal  sehingga  terlihat adanya  transisi  kemampuan dari  PAUD  ke  SD  termasuk di  dalamnya  kesiapan bersekolah. 

 

Pembelajaran  di  SD  berbeda dengan  pembelajaran  di  PAUD  termasuk kompetensi  yang  diharapkan di  dalamnya.  Pembelajaran di  PAUD  tidak  menggunakan  mata  pelajaran  tetapi muatan  pembelajaran  yang  didalamnya  mengintegrasikan  keenam aspek  perkembangan  sedangkan di  SD  pembelajaran mengacu  pada  mata  pelajaran  meski  disajikan  secara tematik. 

 

CP  (Capaian Pembelajaran)  pada  jenjang SD  terdapat  3  fase  yaitu  fase  A  (kelas  1  -  2),  fase  B  (  kelas  3-4)  dan  fase  C  (  kelas  5  -  6.  Pada  jenjang  SMP,  CP  (Capaian Pembelajaran)  terdapat  1  fase  yaitu  fase  D,  dengan  durasi  3  tahun,  untuk  kelas  7-  9  SMP.  Sedangkan  CP  (Capaian  Pembelajaran) di  SMA  terdapat 2  fase,  yaitu  fase  E  (  kelas  10)  dan  fase  F  (  kelas  11-12).  Perbedaan durasi  fase  ini  lebih  didasari oleh  alasan  praktikal dan  bukan  teoritis. Durasi  2  tahun  di  SD  disebabkan  banyaknya sekolah  yang  menggunakan kelas  multi  usia  (  multi  aging  class) dengan  mengakomodir  2  kelas.  Sedangkan durasi  fase  di  SMP  didasari oleh  alasan  tahap  perkembangan  dan  di  SMA  didasari  oleh  kebutuhan  siswa  SMA  untuk  memperkuat  materi dan  keterampilan  di  SMP  dan  peminatan. 

 

Dengan  fase  diharapkan  siswa  akan  dapat  memiliki  banyak waktu  untuk  menjalani proses  belajar  sehingga dapat  mengupas  konsep-konsep dan  mempelajari  keterampilan kunci,  sehingga  materi dapat  dihantarkan  dengan eksploratif  dan  pendalaman, bukan  sekadar  transfer pengetahuan. 

 

4.  Capaian Perkembangan  (CP)  Untuk  PAUD 

Khusus untuk PAUD,  istilah  CP  dimaknai  sebagai capaian  perkembangan  bukan  capaian  pembelajaran. Mengingat  pembelajaran  di  PAUD  berbasis pada  enam  aspek  perkembangan  kognitif, sosial  emosi,  bahasa, fisik  dan  motorik serta  seni.  Aspek  ini  menjadi satu  kesatuan  dalam  pembelajaran.  Pembelajaran di  SD  berbeda dengan  pembelajaran  di  PAUD  termasuk kompetensi  yang  diharapkan di  dalamnya.  Pembelajaran di  PAUD  tidak  menggunakan  mata  pelajaran  tetapi muatan  pembelajaran  yang  didalamnya  mengintegrasikan  keenam aspek  perkembangan  sedangkan di  SD  pembelajaran mengacu  pada  mata  pelajaran  meski  disajikan  secara tematik.  Selanjutnya  diturunkan menjadi  capaian  pembelajaran menurut  elemen  yang  dipetakan  menurut perkembangan  peserta  didik. 

 

Lingkup  Capaian pembelajaran  di  PAUD  mencakup  tiga  elemen  stimulasi yang  saling  terintegrasi. Tiga  elemen  stimulasi tersebut  merupakan  penggabungan lima  aspek  perkembangan anak  (nilai  agama  dan  moral, fisik-motorik,  kognitif,  sosial-emosi, dan  bahasa)  dan  bidang-bidang  lain  untuk  optimalisasi tumbuh  kembang  anak  sesuai  dengan kebutuhan  pendidikan  abad  21  dalam  konteks  Indonesia. 

 

Tiap  elemen stimulasi  mengeksplorasi  aspek-aspek perkembangan  secara  utuh  dan  tidka  terpisah.  Ketiga elemen  stimulasi  tersebut adalah;  1)  Nilai  agama  dan  budi  pekerti, yang  mencakup  kemampuan dasar-dasar  agama  dan  akhlak  mulia; 2)  Jati  diri  mencakup  pengenalan jati  diri  anak  Indonesiayang  sehat  secara  emosi  dan  sosial dan  berdasarkan  Pancasila, serta  memiliki  kemandirian fisik,  3)  Literasi dan  sains,  tekhnologi rekayasa,  seni  dan  matematika  yang  mencakup  kemampuan memahami  sebagai  informasi dan  berkomunikasi  serta  berpartisipasi  dalam  kegiatan  pramembaca. Juga  kemampuan  dasar  berpikir  STEAM  untuk  membangun anakyang  kreatif  dan  mampu  memecahkan masalah.  


Jadi CP atau CapaianPembelajaran Pada PAUD SD SMP SMA bukan diatur dalam Permendikbud tetapi  Kepmendikbud Nomor  958 tahun 2020Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar(SD SMP), dan Pendidikan Menengah (SMA)


Demikian informasi tentangIsi Keputusan  Mendikbud  -  Kepmendikbud  Nomor  958  tahun  2020  Tentang CP atau Capaian  Pembelajaran  Pada  PAUD  SD  SMP  SMA atau  Capaian  Pembelajaran Pada  Pendidikan  Anak  Usia  Dini,  Pendidikan  Dasar, Dan  Pendidikan  Menengah. Semoga ada manfaatnya




= Baca Juga =