BUKU PANDUAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19
BukuPanduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19. PandemiCOVID-19 telah mengubah praktik dan kebiasaan belajar, bukan saja di Indonesiatapi juga di seluruh dunia. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di satuanpendidikan kemudian berpindah menjadi belajar dari rumah. Guru dan pesertadidik terlibat dalam pembelajaran jarak jauh yang menghadirkan sejumlahtantangan mulai dari ketersediaan peralatan digital dan jaringan internet,kondisi psikososial peserta didik maupun guru, disparitas kompetensi guruhingga rendahnya keterlibatan orang tua/wali peserta didik dalam pembelajaran.
Meski beragam kondisinya,hampir semua peserta didik, guru, dan orang tua mengalami pengalaman belajarberbeda yang membutuhkan waktu adaptasi. Meski telah banyak kebijakan danprogram untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19, perubahan pola pembelajaranyang begitu drastis berisiko menyebabkan penurunan kualitas pembelajaran.Padahal kualitas pembelajaran merupakan kunci dari hasil belajar peserta didik.Jika kualitas belajar menurun, hasil belajar peserta didik pun cenderung menurun(learning loss).
Untuk mengantisipasi haltersebut, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, danTeknologi, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan SuratKeputusan Bersama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN diMasa Pandemi COVID-19. Sebagai upaya menerjemahkan keputusan bersama tersebutuntuk dioperasionalkan oleh guru dan tenaga kependidikan, maka disusun PanduanPenyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19.
BukuPanduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 inimerupakan alat bantu bagi guru dan tenaga kependidikan sehingga diharapkandapat disesuaikan dan dikembangkan berdasarkan kondisi satuan pendidikan dandaerah masing-masing. Satuan pendidikan dapat melakukan upaya-upaya yangdiperlukan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan panduan ini.
Tujuan penyusunan Buku Panduan Penyelenggaraan PembelajaranPAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 adalah untuk: 1) Memandu guru dantenaga kependidikan dalam merancang, memfasilitasi, melaksanakan danmerefleksikan pembelajaran di masa pandemi COVID-19; 2) Memandu guru dan tenagakependidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran ketika ada perubahankondisi pada satuan pendidikan dan/atau status daerah terkait pandemi COVID-19;3) Memandu warga satuan pendidikan dalam melakukan pemantauan dan evaluasiterhadap efektivitas pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
Sasaran Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa PandemiCOVID-19, adalah 1) . Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah dan Kantor WilayahKementerian Agama. 2) Pengawas Sekolah/Madrasah; 3) Kepala Satuan Pendidikan(sekolah, madrasah dan satuan pendidikan lainnya); 4) Guru dan TenagaKependidikan
Manfaat Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa PandemiCOVID-19 adalah 1) Adanya arahan untuk penyesuaian konsep dan rencanapembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi guru dan tenaga kependidikan; 2) Adanyaacuan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dan satuan pendidikan bagipeserta didik dan warga satuan pendidikan; 3) Adanya rujukan bagi guru danpeserta didik dalam melakukan penyesuaian pembelajaran campuran di masa pandemiCOVID-19.
Ruang Lingkup Buku Panduan Penyelenggaraan PembelajaranPAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19, adalah 1) Panduan pengelolaanpembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan sebagai acuan bagiguru dan tenaga kependidikan; 2) Panduan pengaturan jadwal pembelajaran di masapandemi COVID-19 di satuan pendidikan sebagai acuan bagi seluruh warga satuanpendidikan; 3) Panduan penyusunan RPP kelas atau mata pelajaran di masa pandemiCOVID-19 sebagai acuan bagi guru; 4) Panduan pengaturan jadwal pembelajarankelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19 sebagai acuan bagi guru,peserta didik dan orang tua/wali peserta didik.
Sosialisasi Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TataMuka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 akan dilakukan olehKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan sejumlah caradan kanal yaitu: 1) Mengirimkan dokumen panduan ke Dinas Pendidikan dankementerian terkait melalui surat elektronik (surel). 2) Menyediakan dokumenpanduan untuk diunduh pada laman https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.iddan https://spab.kemdikbud.go.id/; 3)Webinar untuk publik melalui kanal Youtube; 4) Pelatihan guru secara daringasinkron melalui Guru Belajar dan Berbagi https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id
Sosialisasi bisa dilakukanjuga oleh kementerian terkait, mitra pembangunan, dinas pendidikan, kanwilkementerian terkait, satuan pendidikan, organisasi pendidikan, perusahaan dankomunitas pendidikan lainnya. Partisipasi dari seluruh pihak sangat dibutuhkanuntuk memastikan kelancaran pembelajaran di masa pandemi COVID-19 pada tahunajaran 2021 - 2022.
Berikut ini salinan Buku Panduan Penyelenggaraan PembelajaranPAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19, yang dapat di download melalui linkyang tersedia di bawah ini
Link download Buku Panduan Penyelenggaraan PembelajaranPAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 (disini)
Demikian informasi tentang Buku Panduan Penyelenggaraan PembelajaranPAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19, Semoga ada manfaatnya, terimakasih.