BUKU PANDUAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN TATA MUKA (PTM) PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19
BukuPanduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tata Muka (PTM) PAUDDIKDASMEN di MasaPandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 telah mengubah praktik dankebiasaan belajar, bukan saja di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.Pembelajaran yang biasanya dilakukan di satuan pendidikan kemudian berpindahmenjadi belajar dari rumah. Guru dan peserta didik terlibat dalam pembelajaran jarakjauh yang menghadirkan sejumlah tantangan mulai dari ketersediaan peralatandigital dan jaringan internet, kondisi psikososial peserta didik maupun guru,disparitas kompetensi guru hingga rendahnya keterlibatan orang tua/wali pesertadidik dalam pembelajaran.
Meski beragam kondisinya,hampir semua peserta didik, guru, dan orang tua mengalami pengalaman belajarberbeda yang membutuhkan waktu adaptasi. Meski telah banyak kebijakan danprogram untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19, perubahan pola pembelajaranyang begitu drastis berisiko menyebabkan penurunan kualitas pembelajaran.Padahal kualitas pembelajaran merupakan kunci dari hasil belajar peserta didik.Jika kualitas belajar menurun, hasil belajar peserta didik pun cenderung menurun(learning loss).
Untuk mengantisipasi haltersebut, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, danTeknologi, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan SuratKeputusan Bersama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN diMasa Pandemi COVID-19. Sebagai upaya menerjemahkan keputusan bersama tersebutuntuk dioperasionalkan oleh guru dan tenaga kependidikan, maka disusun PanduanPenyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19.
BukuPanduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tata Muka (PTM) PAUDDIKDASMEN di MasaPandemi COVID-19 ini merupakan alat bantu bagi guru dantenaga kependidikan sehingga diharapkan dapat disesuaikan dan dikembangkanberdasarkan kondisi satuan pendidikan dan daerah masing-masing. Satuanpendidikan dapat melakukan upaya-upaya yang diperlukan untuk mengembangkan danmengoptimalkan panduan ini.
Tujuan penyusunan Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TataMuka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 adalah untuk: 1) Memanduguru dan tenaga kependidikan dalam merancang, memfasilitasi, melaksanakan danmerefleksikan pembelajaran di masa pandemi COVID-19; 2) Memandu guru dan tenagakependidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran ketika ada perubahankondisi pada satuan pendidikan dan/atau status daerah terkait pandemi COVID-19;3) Memandu warga satuan pendidikan dalam melakukan pemantauan dan evaluasiterhadap efektivitas pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
Sasaran Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tata Muka (PTM) PAUDDIKDASMENdi Masa Pandemi COVID-19, adalah 1) . Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah danKantor Wilayah Kementerian Agama. 2) Pengawas Sekolah/Madrasah; 3) KepalaSatuan Pendidikan (sekolah, madrasah dan satuan pendidikan lainnya); 4) Gurudan Tenaga Kependidikan
Manfaat Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tata Muka (PTM) PAUDDIKDASMENdi Masa Pandemi COVID-19 adalah 1) Adanya arahan untuk penyesuaian konsepdan rencana pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi guru dan tenagakependidikan; 2) Adanya acuan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelasdan satuan pendidikan bagi peserta didik dan warga satuan pendidikan; 3) Adanyarujukan bagi guru dan peserta didik dalam melakukan penyesuaian pembelajarancampuran di masa pandemi COVID-19.
Ruang Lingkup Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TataMuka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19, adalah 1) Panduanpengelolaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan sebagaiacuan bagi guru dan tenaga kependidikan; 2) Panduan pengaturan jadwalpembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan sebagai acuan bagiseluruh warga satuan pendidikan; 3) Panduan penyusunan RPP kelas atau matapelajaran di masa pandemi COVID-19 sebagai acuan bagi guru; 4) Panduan pengaturanjadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19 sebagaiacuan bagi guru, peserta didik dan orang tua/wali peserta didik.
Sosialisasi Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TataMuka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 akan dilakukan olehKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan sejumlah caradan kanal yaitu: 1) Mengirimkan dokumen panduan ke Dinas Pendidikan dankementerian terkait melalui surat elektronik (surel). 2) Menyediakan dokumenpanduan untuk diunduh pada laman https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.iddan https://spab.kemdikbud.go.id/; 3)Webinar untuk publik melalui kanal Youtube; 4) Pelatihan guru secara daringasinkron melalui Guru Belajar dan Berbagi https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id
Sosialisasi bisa dilakukanjuga oleh kementerian terkait, mitra pembangunan, dinas pendidikan, kanwilkementerian terkait, satuan pendidikan, organisasi pendidikan, perusahaan dankomunitas pendidikan lainnya. Partisipasi dari seluruh pihak sangat dibutuhkanuntuk memastikan kelancaran pembelajaran di masa pandemi COVID-19 pada tahunajaran 2021 - 2022.
Berikut ini salinan Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tata Muka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19, yang dapat di downloadmelalui link yang tersedia di bawah ini
Link download Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TataMuka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 (disini)
Demikian informasi tentang Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran TataMuka (PTM) PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19, Semoga ada manfaatnya,terima kasih.