BUKU INSPIRASI PEMBELAJARAN YANG MENGUATKAN NUMERASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP DAN SELAIN MATEMATIKA SMP
Sebagai Buku PanduanPersiapan AKM Untuk Guru SMP, saatini Direktorat PSMP telah menerbitkan BukuInspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP,dan Buku Inspirasi Pembelajaran yangMenguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Selain Matematika SMP serta Buku InspirasiPembelajaran yang Menguatkan Literasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP,Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi Pada Mata Pelajaran SelainBahasa Indonesia SMP.
Seri dua buku tentang numerasuadalah Buku Inspirasi Pembelajaran yangMenguatkan Literasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan Buku Inspirasi Pembelajaran yang MenguatkanLiterasi Pada Mata Pelajaran Selain Bahasa Indonesia SMP. Buku ini dibuatdalam rangka memberikan inspirasi kepada guru matematika maupun nonmatematikadi jenjang Sekolah Menengah Pertama dalam mengembangkan aktivitas pembelajarandengan penguatan atau unsur numerasinya. Panduan ini tidak dimaksudkan untuk menggantikanModul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 yang telahdikembangkan oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Kemendikbud, 2020) ataubuku lainnya, namun bertujuan sebagai suplemen untuk memberikan pedoman salahsatu cara bagaimana penguatan numerasi dapat dilakukan. Melalui contoh yangdiberikan, diharapkan guru dapat mengembangkan aktivitas pembelajaran sehingga meningkatkankemampuan numerasi dari peserta didik. Perlu dicermati bahwa pendekatan yangdisampaikan dalam panduan ini bukan satu-satunya cara. Guru dapat menjajakicara-cara lain untuk makin memperkaya diri dalam berbagai pendekatan/ model/ metode/teknik peningkatan numerasi peserta didik.
Pada bagian awal Buku Inspirasi Pembelajaran yang MenguatkanNumerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP, dan Buku Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada MataPelajaran Selain Matematika SMP ini dijelaskan pentingnya numerasi. Numerasisering kali diartikan secara sempit sebagai keterampilan yang hanya melibatkankecakapan dengan angka dan berhitung menggunakan kertas dan pensil ataumencongak sehingga penggunaan kalkulator dianggap sebagai bukti seseorang tidakmemiliki numerasi. Namun, definisi “keterampilan dasar” dari numerasi semacamini sudah ketinggalan zaman di dunia abad ke-21 yang kaya akan data danteknologi (Goos, dkk., 2014).
Numerasi, disebut jugaliterasi numerasi dan literasi matematika, dapat diartikan sebagai kemampuanuntuk mengaplikasikan konsep dan keterampilan matematika untuk memecahkanmasalah praktis dalam berbagai ragam konteks kehidupan sehari-hari, misalnya,di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagaiwarga negara (Kemendikbud, 2017). Selain itu, numerasi juga termasuk kemampuanuntuk menganalisis dan menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat disekeliling kita yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.)lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi danmengambil keputusan (Kemendikbud, 2017).
Berdasarkan definisi diatas, numerasi merupakan kunci bagi peserta didik untuk mengakses dan memahamidunia dan membekali peserta didik dengan kesadaran dan pemahaman tentang peranpenting matematika di dunia modern. Penekanan pada aplikasi dari matematikayang berhubungan dengan kehidupan memungkinkan peserta didik untukmengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri untuk berpikir secara numerik, spasial,dan data untuk menafsirkan dan menganalisis secara kritis situasi sehari-haridan untuk memecahkan masalah.
Menjadi numerat, yaitumemiliki keterampilan numerasi yang baik, melibatkan lebih dari sekadarmenguasai matematika dasar saja, tetapi dapat menghubungkan matematika yangdipelajari di sekolah dengan situasi di luar sekolah yang juga membutuhkan pemecahanmasalah dan penilaian kritis dalam nonmatematika.
Lebih dari itu, di bagian awalBuku Inspirasi Pembelajaran yangMenguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP, dan Buku Inspirasi Pembelajaran yang MenguatkanNumerasi Pada Mata Pelajaran Selain Matematika SMP ini juga diuraikan mengapaperlu penguatan pembelajaran numerasi di dalam AKM? Salah satu kompetensi hasilbelajar peserta didik yang di ukur pada asesmen nasional mulai tahun 2021adalah literasi membaca dan numerasi, yang disebut sebagai Asesmen KompetensiMinimum (AKM) (Kemendikbud, 2020). Kompetensi mendasar numerasi yang diukurmencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalarmenggunakan konsep dan pengetahuan matematika yang telah dipelajari, sertaketerampilan memilah serta mengolah informasi kuantitatif dan spasial. Pesertadidik akan diuji kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, danalat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai konteksyang relevan dengan mereka sebagai warga Indonesia dan warga dunia.
Komponen AKM numerasi selainmencakup konten (bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian,dan aljabar) juga melibatkan proses kognitif, yaitu pemahaman, penerapan, dan penalaran.Peserta didik diharapkan memahami fakta, prosedur serta alat matematika yang dapat digunakan didalam penyelesaian masalah.
Bagi Bapak/Ibu guru khususdi wilayah binaan bagi yang ingin memiliki BukuInspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi Pada Mata Pelajaran BahasaIndonesia SMP dan Selain Bahasa Indonesia SMP, silahkan didownload melaluilink yang tersedia di bawah ini.
Link download Buku Inspirasi Pembelajaran yangMenguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP (disini)
Link download Buku Inspirasi Pembelajaran yang MenguatkanNumerasi Pada Mata Pelajaran Selain Matematika SMP (disini)
Baca Juga Buku Inspirasi Pembelajaran Yang Menguatkan LiterasiPada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dan Selain Bahasa Indonesia SMP (DISINI)
Demikian informasi tentang Buku Inspirasi Pembelajaran Yang MenguatkanNumerasi Pada Mata Pelajaran Matematika SMP dan Selain Matematika SMP. Semogaada manfaatnya, terima kasih.