Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Teknologi Layanan Jaringan Kelas Xi Dan Xii Tkj K13

MATERI KOMUNIKASI DATA KELAS XI

Berikut ini Materi Teknologi Layanan Jaringan TKJ Kurikulum 2013 revisi 2017 yang diajarkan di Kelas XI dan XII Teknik Komputer dan Jaringan Sekolah Menengah kejuruan.

Kelas XI TKJ Semester 1

1. Keragaman Komunikasi: (30)

2. Standar Komunikasi: (30)
OSI (Open System Interconnection)

3. Proses Komunikasi: (30)

4. Teknologi Komunikasi Data dan Suara: (30)

Kelas XI TKJ Semester 2

5. Analisis Kebutuhan Telekomunikasi : (30)

6. Analisis Kebutuhan Bandwidth : (30)

7. Server VoIP Softswitch :(30)

8. Bagan dan Konsep Kerja PBX pada server Softswitch :(30)

Kelas XII TKJ Semester 1

1. Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan pada server Softswitch :(30)

2. Prosedur Instalasi Server Softswitch berbasis SIP : (30)

3. Konfigurasi Ekstensi dan dial-plan Server Softswitch :(30)
• Konfigurasi ekstensi server softswitch
• Konfigurasi dial-plan server softswitch

4. Fungsi Firewall pada jaringan VoIP :(30)
• Fungsi firewall pada jaringan komputer
• Fungsi firewall pada jaringan VoIP

Kelas XII TKJ Semester 2

5. Prinsip kerja subscriber internet telepon :(30)
• Pengertian subscriber
• Prinsip kerja subscriber pada internet telepon

6. Konfigurasi pada subscriber internet telepon :(30)
• Instalasi subscriber secara umum internet telepon
• Konfigurasi subscriber pada internet telepon

7. Mengevaluasi kerja tata cara komunikasi VoIP :(30)
• Prosedur pengamatan kerja tata cara telekomunikasi
• ProseduR pengamatan kerja telekomunikasi menggunakan VoIP

8. Perawatan metode komunikasi VoIP :(30)
 Jenis-jenis perawatan tata cara komunikasi VoIP
 Alat kerja perawatan sistem komunikasi VoIP
 Langkah-langkah perawatan tata cara komunikasi VoIP
 Prosedur pembuatan laporan perawatan metode komunikasi VoIP

9. Penyelesaian problem metode komunikasi VoIP :(30)
• Prosedur dan teknik pemeriksaan permasalahan pada sistem komunikasi VoIP
• Teknik perbaikan problem pada sistem komunikasi VoIP
• Prosedur pengecekan hasil perbaikan
• Prosedur pengerjaan laporan hasil perbaikan pada metode komunikasi VoIP











Berikut ini bahan untuk Standar Komunikasi yang kami ambil dari berbagai sumber di internet, kami mohon masukannya jika ada yang kurang atau tidak cocok untuk perbaikan dan penyempurnaan materi ini.

Kompetensi Dasar 

  1. Menganalisis aneka macam persyaratan komunikasi data
  2. Menyajikan banyak sekali persyaratan komunikasi data
Latar Belakang
  • Jaringan telekomunikasi dirancang untuk melayani beragam pengguna yang menggunakan banyak sekali macam perangkat yang berasal dari vendor yang berbeda
  • Untuk menyiapkan dan membangun sebuah jaringan secara efektif, diharapkan sebuah standard yang menjamin interoperability, compatibility, dan kinerja yang dipersyaratkan secara hemat
  • Suatu standard yang terbuka (open standard) dibutuhkan untuk memungkinkan interkoneksi metode, perangkat maupun jaringan yang berasal dari vendor maupun operator yang berlainan
Yang memutuskan standard resmi sebuah negara tertentu mampu anda lihat berikut ini:
  • Indonesia : Menkominfo
  • Inggris : British Standard Institute (BSI)
  • Jerman : Deutsche Industrie-Normen (DIN)
  • Amerika : American National Standard Institute (ANSI)
  • BRT : Badan Regulasi Telekomunikasi >> BadanStandar Indonesia
Standar = Protokol ?

Protokol ialah suatu aturan atau persyaratan yang mengendalikan atau mengizinkan terjadinya korelasi, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol mampu dipraktekkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang paling rendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Protokol perlu diutamakan pada penggunaan tolok ukur teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. Protokol secara biasa digunakan pada komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi untuk penyimpanan jangka panjang.

Sangat sulit untuk menggeneralisir protokol dikarenakan protokol mempunyai banyak kombinasi di dalam tujuan penggunaanya. Kebanyakan protokol mempunyai salah satu atau beberapa dari hal berikut:

  1. Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer atau mesin yang lain.
  2. Melakukan sistem "jabat-tangan" (handshaking).
  3. Negosiasi aneka macam macam karakteristik korelasi.
  4. Bagaimana mengawali dan menyelesaikan suatu pesan.
  5. Bagaimana format pesan yang digunakan.
  6. Yang mesti dilaksanakan ketika terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak tepat.
  7. Mendeteksi rugi-rugi pada hubungan jaringan dan langkah-langkah yang dikerjakan berikutnya
  8. Mengakhiri suatu koneksi.


Organisasi Standar Teknologi Komunikasi dan Data Internasional

Berikut ini banyak sekali Badan atau Organisasi yang mengatasi standarisasi Teknologi Komunikasi Data International.

Badan Standard Eropa
  • ETSI: European Telecommunications Standards Institute > Suatu badan independent yang menetapkan standard untuk komunitas Eropa, Contoh : standard GSM
  • CEN/CENELEC: European Committee for Electrotechnical Standardization/European Committee for Standardization > Badan standardisasi teknologi berita
  • CEPT: Conférence Européenne des Administrations des Postes et des Telecommunications > Sebelum ada ETSI, melaksanakan pekerjaan yang dilaksanakan ETSI
Badan Standard Amerika
  • IEEE : Institute of Electrical and Electronics Engineers > Asosiasi engineer elektro internasional, Contoh standard : LAN
  • EIA: Electronic Industries Association > Organisasi pabrik perangkat elektro Amerika, Contoh persyaratan: RS232
  • FCC: Federal Communications Commission > Badan regulasi pemerintah Amerika
  • TIA: Telecommunications Industry Association > Bertugas mengadaptasi standard dunia ke dalam lingkungan Amerika
Organisasi Global

1. ITU : International Telecommunication Union > Badan khusus PBB yang bertanggung jawab di dalam bidang telekomunikasi

Dibagi ke dalam dua badan standard:
> ITU-T (huruf T berasal dari kata telekomunikasi)
Berasal dari CCITT (Comité Consultatif International de Télégraphique et Téléphonique, atau International Telegraph and Telephone Consultative Committee)
Mempublikasikan saran untuk jaringan telekomunikasi publik
> ITU-R (aksara R berasal dari kata radio)
Berasal dari CCIR (Comité Consultatif International des Radiocommunications atau International Radio Consultative Committee)
Mempublikasikan saran yang bekerjasama dengan aspek-faktor radio seperti penggunaan frekunsi di seleuruh dunia

2. ISO/IEC : The International Standards Organization/International Electrotechnical Commission
Organisasi standard bidang teknologi informasi
> ISO berperan dalam standard dan protokol komunikasi data
> IEC berperan di dalam standard yang meliputi faktor electromechanical (seperti konektor), lingkungan dan keselamatan

3. IETF: Internet Engineering Task Force > Bertanggung jawab kepada arsitektur Internet dan Mengatu standardisasi protokol TCP/IP untuk Internet

Tiga teknologi yang yang diperlukan untuk berkomunikasi lewat jaringan telekomunikasi:

1. Transmisi

  • Transmisi adalah proses menjinjing gosip antar end points di dalam sistem atau jaringan
  • Sistem transmisi yang kini memakai empat buah medium transmisi berikut : Kabel tembaga, Kabel serat optik, atau Gelombang radio
  • Cahaya pada ruang bebas (misalnya infra merah)
  • Dalam suatu jaringan telekomunikasi, metode transmisi dipakai untuk saling menghubungkan sentral (router)
  • Keseluruhan metode transmisi ini disebut jaringan transmisi atau jaringan transport (transport network)

2. Switching

  • Suatu teknologi yang digunakan pada switch untuk menghubungkan (men-switch) panggilan (pada jaringan telepon) atau
  • Mengarahkan/memforward paket dari suatu link ke link yang lain

3. Signaling

  • Signaling ialah mekanisme yang memungkinkan entitas yang berada di dalam jaringan (misalnya perangkat di pelanggan, switch dsb.)
  • Untuk membentuk, mempertahankan, dan memutuskan suatu sesi di dalam jaringan
  • Proses signaling dijalankan memakai sebuah sinyal atau pesan tertentu
  • Contoh: ketika kita mengangkat handset telepon untuk melaksanakan panggilan akan terdengar nada panggil (dial tone)
  • Dial tone mengindikasikan bahwa sentral telepon siap menerima informasi nomor yang dituju


Komunikasi data yakni pengirim dan peserta data dari 2 device atau lebih device yang terhubung dalam satu jaringan.
Transmiter adalah data yang dibangkitkan dari system
Transmission System yakni berupa jalur transmisi tunggal
Receiver yakni mendapatkan sinyal dari system transmisi
Destination adalah menangkap data yang dihasilkan receiver
Fungsi komdat ialah  :
1.       Memberikan informasi terhadap orang yang tepat dengan sempurna waktu
2.       Memberikan isu data tertentu (Up To Date)
3.       Memungkinkan orang yang berada pada lokasi geografis berbeda mampu saling berkomunikasi
Perangkat Komunikasi yaitu  :
1.       DCE (Data Communication Equipment) untuk menyalurkan info antar lokasi
2.       DTE (Data Terminal Equipment) menertibkan masuk-keluarnya gosip (pemakai-komputer)
3.       DCCU (Data Communication Control Unit) pengatur korelasi perlengkapan
Bandwidth yakni luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.
Bandwidth pada hosting ialah bandwidth yang ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload.
Bandwidth dalam jaringan yaitu transfer rate atau jumlah data yang mampu dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (kebanyakan dalam detik).
Rumusan  :  Bandwidth = ∑ bits/secon   (1 byte = 8 bit)
Troughput yaitu menggambarkan bandwidth yang bergotong-royong (actual) pada suatu waktu tertentu dan pada keadaan dan jaringan internet tertentu yang dipakai untuk mendownload sebuah file dengan ukuran tertentu.
Protocol yakni himpunan kaidah yang menertibkan proses komunikasi data.
Model OSI layer mengatur layanan komunikasi dibagi 7 kelompok yaitu :
a.       Physical Layer    : Menjelaskan spesifikasi listrik, mekanis dan fungsional guna menangani data jaringan.
b.      Data Link Layer  : Menjelaskan proses untuk mendeteksi dan memperbaiki eror data tingkat rendah selama transfer data antar lapis fisik dan lapis diatas lapis fisik.
c.       Network Layer  : Menjelaskan proses routing (pengedaran) data diantara alamat jaringan dan menilik apakah pesan suadah dikirim dengan lengkap dan akurat.
d.      Transport Layer : Mencangkup fungsi penetapan korelasi yang cocok, mengawali transmisi data dan membebaskan korelasi sehabis transmisi tamat.
e.      Session Layer     : Mencangkup proses untuk mengontrol transfer data, menanggulangi eror transmisi dan legalisasi, serta mengelola record transmisi yang dikirim.
f.        Presentation Layer          : Mengontrol kaidah untuk memformat transmisi data.
g.       Applications Layer           : Menjelaskan spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringan.
TCP/IP (Transmisison Control Protokol/Internet Protokol) adalah protocol yang menerapkan desain conection oriented yang mempunyai arti bahwa 2 buah computer yang akan melaksanakan pertukaran data harus terhubung secara pribadi dalam suatu jaringan.
Letak OSI yakni Implementasinya di serahkan terhadap developer yang di kerjakan protocol-protokol sesuai OSI.
Komunikasi Suara ialah :
a)      Komunikasi Radio Siaran
b)      Komunikasi Radio Amatir
c)       Panggil
d)      Telephone
Bentuk Ragam Komunikasi ialah :
a)      Komunikasi Suara (Audio)
b)      Komunikasi Gambar (Video – Audio Video)
c)       Komunikasi Data
Komunikasi Data ialah :
a)      Publik
b)      Private
FileZilla yakni ialah software yang digunakan sebagai alat untuk mengugah suatu file dari computer local kita ke suatu hosting/server yang nantinya file tersebut mampu diakses oleh orang lain seluruh dunia.
CuteFTP yakni sebuah File Transfer Protokol (FTP) client yang dipakai untuk mentransfer file amtara computer dan server



JENIS KOMUNIKASI dan TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Komunikasi data yaitu proses pengantaran dan penerimaan data dari 2 device atau lebih yang terhubung dalam satu jaringan.
Jenis komunikasi ada 4, ialah :
1.      Audio
2.      Video
3.      Komunikasi radio
4.      Data
Bentuk komunikasi data  ada 3, yakni :
1.      Suara (Audio)
2.      Video ( Video, Audio – Video)
3.      Data
Komunikasi ada 2, ialah :
1.      Komunikasi public
2.      Komunikasi private

Bentuk komunikasi dibagi menjadi 3 :
1.       komunikasi radio siaran atau amatir  bersifat biasa , radio amatir bersifat hanya 2 arah. teladan : HT


2.      radio panggil berjarak lebih pendek. Contoh : pager


3.      telepon  bersifat bias menerima atau mengatakan secara bareng – sama. Contoh : telepon seluler


3 ragam komunikasi dan gambarkan ragam komunikasi :
a. komunikasi audio, b. Komunikasi video dan c. Komunikasi data 


Source ialah kawasan dimana data yang akan diantarbias berupa gambar atau text. Data tersebut berupa sinyal digital dan dirubah menjadi bentuk analog oleh transmitter. Oleh transmitter diterima oleh system transmisi atau ISP dalam bentuk sinyal analog. Setelah dari situ diterima oleh reciver dan di terjemahkan ke dalam bentuk sinyal digital menuju ke tujuan dan dirubah kebentuk semula berupa gambar atau text.
Fungsi unsur yang ada pada digram komunikasi data sederhana :
1.      Source berfungsi sebagai sumber
2.      Transmitter berfungsi memindahkandan mendapatkan isu dari data digital ke data analog
3.      System transmisi berfungsi menghubungkan antara source dengan destination
4.      Reciver berfungsi menerima sinyal dari system transmisi dan menghubungkan ke tujuan
5.      Destination berfungsi tujuan data yang dikirim
Perangkat komunikasi :
1.      DCE ( data communication equipment)
Untuk menyalurkan informasi antar lokasi.
2.      DTE ( data terminal equipment )
Mengatur masuk dan keluarnya berita (pemakai computer)
3.      DCCU ( data communication control unit) = In/Out put control dan pengendali terminal yaitu lokasi dalam jaringan kawasan informasi keluar masuk.
Tugas DCCU :
·         Membentuk antar muka / interface antara system I/O bus dalam modem
·         Mengendalikan sinyal antarmuka modem dan konvernsi level modem
·         Mengubah data yang hendak diantarkan menjadi serial dan sebaliknya
·         Mengatur eror recovery dengan prosedur retry
·         Melakukan konverensi sendii
·         Melakukan singkronisasi aksara baik dengan cara start/stop maupun dengan karakter SYN (singkronisasi)
·         Melakukan bit singkronisasi untuk controller asinkron
·         Melakukan pengajuan kesalahan ( parity, longitudinal / BCC )
·         Mengendalikan mekanisme dengan  melacak karakter transmition control.

Perangkat jaringan computer dan telepon :
1.      PC
2.      NIC
3.      Kabel ( kobel coaxial, tembaga dan serat optic)
4.      Server
5.      HUB dan switch
6.      Repeater
7.      Bridge
8.      Router
9.      Modem
10.  AP
Teknoligi komunikasi data dan bunyi :
1.      Contoh teknologi komunikasi data:
Pengiriman  file dari komputer ke komputer lain
Dari server ke client
browsing
2.      Contoh teknologi komunikasi suara:
telepon
HT
Pager

Bandwidth &  Thoughtput
Bandwidth ialah luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam bahasa mudahnya adalah sebuah dosis lalu lintas data yang masuk dan yang keluar .
Bandwidth pada Hosting
Bandwidth yang diputuskan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload. Makin banyak anda melaksanakan acara upload, ditambah makin banyaknya hadirin yang mengakses, maka kian menyusut jatah Bandwidth yang  diberikan.
Bandwidth dlm Jaringan Komputer
Transfer rate/jumlah data yang dapat dibawa dari suatu titik ke titik lain dalam rentang waktu tertentu (kebanyakan dalam detik). Bedakan bandwidth “Up To” yang memiliki arti Bandwidth pada kecepatan Maksimal suatu jaringan yang diberikan.
Cara mengkalkulasikan banswidth :


Throughput
Menggambarkan bandwidth yang  sesungguhnya (konkret) pada sebuah waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk nendownload sebuah file dengan ukuran tertentu.
Karakteristik Throughput
a.       Tidak menjumlah bit per second secara murni,  sebab dipengaruhi alamat komputer pengantardan tujuan.
b.       512kb yang perkirakan mampu diantar1 detik dengan ukuran bandwidth, tetapi kenyataannya Throughput bisa 4 detik, jadi 512kb/4 detik = 129 kbps (detik=second).

Standar Komunikasi
Organisasi
Istilah organisasi berasal dari bahasa Latin organizare, yang secara harafiah memiliki arti paduan dari bagian-bagian yang satu sama yang lain saling bergantung.  Di antara para ahli ada yang menyebut paduan itu tata cara, ada juga yang  menamakannya sarana.
Protokol/Protocol
Protokol yaitu himpunan kaidah yg menertibkan proses komunikasi data. Kaidah ini mesti mengontrol setiap faktor komunikasi jaringan,  hingga yg paling rinci. Misalnya protokol hrs  mengatur bagaiman akomunikas idata bermula, berlanjut& diakhiri.
Protokol telah ditetapkan utk banyak sekali jenis perangkat keras,  Perangkat lunak, & data yg berlainan-beda. Apabila semua protokol yg Berbeda ini dpt melakukan pekerjaan sama membentuk komunikasi data,  maka himpunan protokol ini disebut dg perangkat protokol (protocol  suite).
OSI/RM
Layer – layer pada OSI :
7: Layer Application
Layer  7  yaitu  layer  Applikasi  mendifinisikan  interface  antara  softwaresoftware  atau  applikasi  yang  berkomunikasi keluar  dari  komputer  dimana
aplikasi  tersebut  berada.  Layer  ini  menjelaskan hukum-hukum  untuk  yang
berikut:
1.  Penyediaan layanan jaringan
2.  Penawaran – pengiklanan layanan jaringan
3.  Pengaksesan layanan jaringan
Contoh berikut ialah protocol-protocol yang mengimplementasikan aturan
layer Application.
1.  Netware’s services advertising protocol (SAP)
2.  TCP/IP Network File System (NFS)
3.  TCP/IP Simple Mail Transfer Protocol (SMTP); Telnet; HTTP; FTP;
WWW browser
4.  Termasuk  dalam  contoh  ini  ialah  file;  print;  applikasi  database;
message.
6: Layer Presentasi
Layer  6  ialah  layer  presentation  dimana  tujuan  khususnya  ialah
mendefinisikan format data mirip text ASCII, text EBCDIC, binary, BCD
dan  juga  jpeg.  Enkripsi  juga  didefinisikan  dalam  layer  6  ini.  Layer
Presentation menspesifikasikan aturan-2 untuk yang berikut:
1.  Penterjemahan Data
2.  Enkripsi dan kompresi data
Protocol-2 berikut yakni pola yang mengimplementasikan aturan layer
Presentation
1.  Netware Core Protocol (NCP)
2.  AppleTalk Filing Protocol (AFP)
Jaringan Dasar
3.  JPEG; ASCII; EBCDIC; TIFF; GIF; PICT; encryption; MPEG; MIDI
Misal  mainframe  memiliki  format  EBCDIC;  sementara  WIndows
memiliki  format  data  ASCII.  Tugas  layer  Presentation  yaitu
menterjemahkan format yang berlawanan ini sehingga mampu saling nyambung.
5: Layer Session
Session  layer  ini  mendefinisikan  bagaimana  mengawali,  mengendalikan,  dan
menyelesaikan  sebuah  percakapan  (disebut  session).Hal  ini  tergolong  dalam
kendali dan administrasi dari berbagai pesan bidirectional sehingga aplikasi
mampu menambahkan suatu sinyal pemberitahuan atau notifikasi jikalau beberapa
pesan  telah  lengkap.  Layer  ke  lima  Session  menspesifikasikan  aturan-2
berikut:
1.  Pengendalian sesi komunikasi antara dua perabotan
2.  Membuat; mengorganisir; dan melepas koneksi
Yang  berikut  adalah  protocol  yang  menimplementasikan  layer  session
versi OSI:
1.  Netware’s Servise Advertising Protocol (SAP)
2.  TCP/IP remote procedure call (RPC)
3.  SQL; NFS; NetBIOS names; AppleTalk ASP; DECnet SCP
Contoh  sederhana  analoginya  adalah  operator  telpon.Jika  anda  mau
menelpon suatu nomor sementara anda tidak tahu nomornya, maka anda
bisa nanya ke operator.Layer session ini analoginya  yach kayak operator
telpon getu.
4: layer Transport
Layer  4  (Transport  layer)  lebih  konsentrasi  pada  masalah  yang  berafiliasi
dengan pengantaran data terhadap komputer lain mirip proses memperaiki
sebuah  kesalahan  atau  error  recovery,  segmentasi  dari  blok  data  dari
aplikasi yang besar kedalam potongan kecil-2 untuk di kirim, dan pada sisi
komputer peserta penggalan-2 tersebut disusun kembali.
Layer OSI ke 4 ini menspesifikasikan hukum-2 untuk yang berikut:
1.  Menyembunyikan struktur jaringan dari layer diatasnya
2.  Pemberitahuan jika data pesan telah diterima
3.  Menjamin kehandalan, pengantaran pesan bebas kesalahan
Jaringan Dasar
Contoh-2 berikut adalah protocol-2 yg mengimplementasikan aturan layer
transport
1.  Netware’s Sequence Packet Exchange (SPX) protocol
2.  TCP/IP’s Transmision Control Protocol (TCP)
3.  TCP/IP’s Domain Name System (DNS)
Analogi  dari  layer  transport  ini  kayak  penyedia  jasa  pengiriman  paket,
missal  Tiki,  POS  atau  Fedex.  Tiki  atau  Fedex  bertanggung  jawab  penuh
untuk  sampainya  paket  ke  alamat  tujuan  dan  paket  dalam  keadaan  utuh
tanpa cacat. Seperti juga ISP, jika kita ketikkan WWW.dotkom.com maka
ISP akan menterjemahkan kedalam address tujuan.
3: Layer Network
Layer  Network dari  model  OSI  ini  mendefinisikan  pengantaran  paket  dari
ujung-ke-ujung.  Untuk  melengkapi  pekerjaan  ini,  Network  layer
mendefinisikan logical address sehingga setiap titik ujung perangkat yang
berkomunikasi bisa diidentifikasi. Layer ini juga mendefinisikan bagaimana
routing bekerja dan bagaimana jalur dipelajari sehingga semua paket mampu
dikirim.
Layer Network menspesifikasikan hukum-2 untuk yang berikut:
1.  Data routing antar banyak jaringan
2.  Frakmentasi dan membentuk ulang data
3.  Identifikasi segmen kabel jaringan
Protocol-2 berikut menerapkan hukum layer Network
1.  Netware’s Internetwork Packet Exchange (IPX) Protocol
2.  TCP/IP’s Internet Protocol (IP); AppleTalk DDP
Analogi dari layer ini tugasnya mengirim surat atau paket ke kota atau arahan
pos  tertentu,  tidak  langsung  di  kirim  ke  alamat  tujuan.  Layer  ini  sungguh
penting  dalam  jaringan  yang  kompleks,  dimana  layer  Network  mengirim
data paket ke jaringan logical.Router berfungsi pada layer ini.
2: Data link layer
Layer Data link menspesifikasikan hukum berikut:
1.  Koordinasi bits kedalam golongan-2 logical dari suatu berita
2.  Mendeteksi dan sering kali juga memperbaiki kesalahan
3.  Mengendalikan ajaran data
Jaringan Dasar
4.  Identifikasi piranti jaringan
Protocol-2 berikut mengimplementasikan Data link layer:
1.  Ntware’s Link Support layer (LSL)
2.  Asynchronouse Transfer Mode (ATM)
3.  IEEE 802.3/802.2, HDLC, Frame Relay, PPP, FDDI, IEEE
802.5/802.2
Analogi data link ini seperti surat tercatat yang dikirm pada alamat rumah
dan dijamin hingga dengan adanya resi yang ditandatangani akseptor.
Layer ini mengidentifikasi address yang bergotong-royong dari sebuah perabotan.
1: Layer Physical
Layer  Physical  dari  versi  OSI  ini  berafiliasi  dengan  karakteristik  dari
media  transmisi.Contoh-2  spesifikasi  dari  konektor,  pin,  pemakaian  pin,
arus listrik, encoding dan modulasi cahaya. Biasanya dalam menuntaskan
semua detail dari layer Physical ini melibatkan banyak spesifikasi. Layer ini
menspesifikasikan aturan-2 berikut:
1.  Struktur fisik suatu jaringan missal bentuk konektor dan aturan pin
pada  konektor  kabel  RJ-45.  Ethernet  dan  standard  802.3
mendefinisikan  pemakaian  dari  kabel  pin  ke  1,2,3  dan  6  yang
digunakan  dalam  kabel  Cat  5  dengan  konektor  Rj-45  untuk  koneksi
Ethernet.
2.  Aturan mekanis dan elektris dalam pemakaian medium transmisi
3.  Protocol Ethernet seperti IBM Token ring; AppleTalk
4.  Fiber  Distributed  Data  Interface  (FDDI)  EIA  /  TIA-232;  V.35,
EIA/TIA-449, RJ-45, Ethernet, 802.3, 802.5, B8ZS
5.   Sinkronisasi sinyal-2 elektrik melalui jaringan
6.   Encoding data secara electronic
Keuntungan dan kerugian model OSI
Anda  mesti  faham  betul  dengan  model  OSI  ini  alasannya adalah  ini  sangat  luas
digunakan  jikalau  bicara  soal  komunikasi  jaringan.Akan  namun  perlu  dikenang
bahwa  ini  hanyalah  sebuah  versi  teori  yang  mendefinisikan  standards
bagi  programmer  dan system  administrator jaringan, jadi  bukanlah  versi
layer fisik yang bantu-membantu.
Menggunakan  model  OSI  dalam  diskusi  konseps  jaringan  mempunyai
beberapa laba:
1.  Memberikan  bahasa  dan  referensi  yang  sama  antar  sesame
professional jaringan
2.  Membagi tugas-2 jaringan ke dalam layer-2 logis demi fasilitas
dalam pengertian
3.  Memberikan fleksibilitas fitur-2 khusus pada level-2 yang berlainan
4.  Memudahkan dalam troubleshooting
5.  Mendorong standard interoperability antar jaringan dan perabotan
6.  Memberikan  modularity  dalam  fitur-2  jaringan  (developer  mampu
mengubah  fitur-2  tanpa  mengganti  dengan  cara  pendekatan
keseluruhan), jadi bisa main comot antar modul getu lho
Akan tetapi anda perlu mengetahui beberapa batas-batas:
1.  Layer-2  OSI  yaitu  teoritis  dan  tidak  melakukan  fungsi-2  yang
bergotong-royong
2.  Dalam  implementasi  industry  jarang  sekali  memiliki  hubungan
layer-ke-layer
Jaringan Dasar
3.  Protocol-2  yang  berlawanan  dalam  stack  melakukan  fungsi-2  yang
berbeda  yang  menolong  menerima  dan  mengirim  data  pesan
secara keseluruhan
4.  Implementasi suatu protocol tertentu bisa tidak mewakili setiap layer
OSI (atau mampu tersebar di beberapa layer)

TCP/IP (Transmission control protocol/internet protocol)
            TCP menerina data dengan panjang & membaginya kedalam bab-bab berukuran 64k. IP mengambil bab-bagian, menilik ketetapan tiap bab, mengalamatkan ketujuan & menentukan bahwa bagian-bab tersebut telah terkirim dengan urutan yang benar. Pada ketika menyampaikan pesan untuk IP, TCP dapat menanggulangi berbagsi jenis pesan yang berbeda dengan cara yang berbeda-beda.
1.      Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Memproses pesan text yang cuma berisi rangkaian abjad ASCII sera alamat sasaran.
2.      File Transfer Protocol (FTP)
Adalah himpunan kaidah pemroses data yang lebih banyak yang dipakai untuk memproses data yang lebih kompleks. Data yang membutuhkan karakter non ASCII, atau berisi karakter biner yang dapat dibaca oleh mesin.
3.      Telnet
Adalah himpunan kaidah yang memungkinkan user(local terminal) mengakses computer lain pada jaringan(remot terminal)
TCP/IP dipakai oleh hamper semua system berbasis UNIX, Banyan VINES, Microsoft LAN Manager, Novell Netware dan Microsoft Windows.
Net Bios
            Singkatan dari Network Basic Input/Output System. IBM Corporation berbagi dalam upaya menawarkan sarana standard dalam menggunakan system operasi yang mendasari computer guna mengakses layanan jaringan.
            Net Bios adalah standard biasa untuk jaringan peer-to-peer, misalnya LANtastic, & Invisible NET/30. Umaumnya tidak dipakai system jaringan yang sangat besar atau sungguh kompleks.
XNS(Xerox Network System)
            Corporation menyebarkan untuk Local Area Network yang lebih kecil sebagai perangkat protocol yang ditawarkan oleh protocol lain yang lazimnya tidak diharapkan pada system local kecil.
            Protocol dasar dalam XNS adalah Internrt Datagram Protocol(IDP), yang mengatasi investigasi data& tanggung jawab pengalamatan serupa dengan yang dijumpai dalam TCP/IP.
Apple Talk
            Adalah perangkat protocol untuk Macinthos. Perangkat ini cukup rumit, dan melibatkan banyak protocol terpadu yang mengorganisir berbagai faktor rinci system komunikasi data Mac.
Ether Talk & Token Talk
            Ether Talk yakni Appel talk diatas landasan Ethernet pada lapis fisik&data lik. Token Talk yakni Appel Talk da atas landasan Token Ring pada lapis fisik&data link. Varian ini membutuhkan adapter crad khusus yang mampu dijumpai pada mesin Macinthos yang lebih berdaya guna ( Mac Quadra).
Protocol Netware
            Protokal ini digunakan terhadab standard mirip diatas keciali Apple Talak, Netware sudah memperkenalkan beberapa protocol komplemen khusus untuk Netware.
Protocol Netware digunakan untuk jaringan Netware, untuk melengkapi protocol standard, &dirancang agar Netware mampu berkompetisi melawan sistm lainnya yang menghalangi implementasinya hanya pada protocol standard.
Internet Packet Exchane (IPX)
Mengenai pemeriksaan data & tanggungjawab pengalamatan serupa dengan yang dijumpai dalam TCP/IP. Menagani pesan antar jaringan.
NetWare Core Protocol (NCP)
Mengelola pemikiran data antara client dan server Netware untuk mendapatkan tingkat efisiensi maksimum.
Sequenced Packet Exchange(SPX)
Menggunakan fungsi NOS Netware untuk menilik kekuatan data.
Server Advertising Protocol(SAP)
Memantau proses logging (pencatatan) pada & diluar jaringan, sreta mengorganisir transfer pesan antar simpul pada antar jaringan keseluruhan.
Protokol Windows NT mendukung 4 protocol. TCP/IP sudah dibahas, dan 3 protokol lainya yaitu :
1.      Microsoft NWlink
Versi dari protocol IPX/SPX Novell, yang disertakan demi tercapainya kompatibilitas antara Windows NT dengan NetWare.
2.      NetBUI
Perluasan dari NetBIOS. Protocol ini menggunakan NetBIOS sebagai antarmuka ke jaringan,namun dengan menambahkan  fungsi yang memungkinkannya melakukan pekerjaan dengan bermacam-macam perangkat keras dan perangkat lunak.
3.      Data Link Control
Procol yang terbatas, yang dirancang untuk relasi ke computer IBM Manframe untuk perabotan perangkat keras yang terhubung langsung ke kabel jaringan & bukan ke workstation atau server.



Aplikasi Internet & Jaringan
1.      Resource Sharing
a.       Sharing File (Data, Program) : sebuah data yang kita punya bias dibaca atau diakses oleh user lain yang telah
FILEZILLA & CUTEFT
1.      Pengertian Filezilla &cuteFTP
FileZilla adalah acara aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. Software FileZilla dibuat dan dikembangkan oleh Tim Kosse. Perangkat lunak komputer ini mempunyai keunggulan pada kecepatan dan kemudahannya dalam melakukan transfer file. Jendela aplikasi terbagi menjadi dua, satu untuk menampilkan file dan folder di komputer lokal, dan satu lagi untuk memperlihatkan file dan folder di komputer server. Program FileZilla banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kelompok pengguna jaringan komputer dan internet. FileZilla merupakan software gratis. FileZilla mampu dikerjakan di metode operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, juga tersedia untuk Linux dsn Mac OS.
CuteFTP merupakan salah satu aplikasi file transfer (FTP) populer yang bisa disandingkan dengan pesaingnya mirip Filezilla. CuteFTP Home yakni suatu File Transfer Protocol (FTP) client yang dipakai untuk mentransfer file antara computer dan server FTP anda. CuteFTP Home mampu digunakan untuk memindahkan file dari setiap ukuran dan tipe, mencakup web page, multi-media file, atau dokumen lain ke dan dari sebuah file transfer pada FTP, standard untuk memindahkan file pada internet.
2.      Kegunaan Filezilla & cuteFTP
Kegunaan Filezilla :
a.       Mengupload ke web dan sebaliknya mengambil dari web
b.      Mengupload file, image ke server
c.       Mengubah patch game, program / demo game
d.      Mengubah file berskala besar
Fitur utama dari Filezilla adalah:
a.       Site manager (Manajer situs) Mengizinkan pengguna untuk menciptakan daftar situs FTP beserta data koneksinya.
b.      Message log (Log pesan) Ditampilkan di bab atas jendela. Fitur ini memperlihatkan output berjenis konsol (console-type) yang menawarkan perintah yang diantaroleh FileZilla dan tanggapanyang diterima dari server.
c.       File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP.
  1. Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang bab bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.
Kegunaannya cuteFTP meliputi:
a.       Mengupload web page anda kedalam FTP Server ISP untuk dapat dilihat pada suatu web browser.
b.      Mengupload file pekerjaan kedalam suatu server FTP
c.       Mengupload image anda kedalam suatu server FTP
d.      Mengupload atau mengunduh multimedia file seperti file music,video, atau image
e.      Mengunduh patch game, program, atau demo game terbaru dari server FTP
f.        Mengunduh file berskala besar lebih singkat dibandingkan dikala menggunakan web browser anda
g.       Membackup critical file kedalam sebuah FTP server jika system anda bermasalah.
3.      Cara menggunakan Filezilla & cuteFTP
Filezilla :
1.      Download FTP-Client Filezilla terlebih dahulu dan install
2.      Buka FTP client pada applikasi filezilla
3.      Isi kolom username dan password ftp domain hosting anda pada bab atas bar
4.      Buka file folder yang hendak diupload
5.      Pastikan lokasi data/ file web localhost pada sebelah kiri filezilla
6.      Drag file web yang hendak diupload lalu kilk kanan pilih upload
7.      Tunggu sampai file terungguh
Cara Menggunakan Aplikasi FileZilla
1. Silahkan Anda unduh file-nya lewat situs resmi FileZilla di www.filezilla-project.org atau bisa juga langsung lewat link di sini.
2. Setelah proses unduh selesai, silahkan pribadi Anda install.
3. Kemudian, silakan kalian masukan Host, Username, dan Password, pada bagian atas bar.
Keterangan :
A
Host : Masukan dengan domain kalian tanpa menggunakan www ataupun Temporary IP, yang diberitahukan di email subjek kalian pada “Detail Hosting Anda”
BUsername : Isi dengan username cPanel kalian
C
Password : Isi dengan password cPanel kalian.
D
Port : Silakan bab ini dikosongkan untuk memakai port secara default atau Anda isis dengan port 21
3. Sekarang, kita akan melaksanakan antisipasi Upload file web yang telah kalian siapkan apalagi dahulu. Harus semua file web supaya tidak ada kesalahan, maka dari itu pastikan lebih dahulu semua file sudah siap.
Sekarang, kita buka file folder yang mau kita upload.
4. Sekarang, tentukan lokasi data atau file web localhost kalian pada sebelah kiri FileZilla Client kalian, lihat gambar.
5. Silakan drag semua file web kalian yang nantinya akan diunggah/upload pada server hostingan kalian. Pastikan semua file kalian drag/blok, lalu klik kanan dan pilih “Upload” dan destinasi upload kalian pastikan didestinasi ke folder public_html pada server hostingan kalian.
cuteFTP :
1.      Buka cuteftp, pilih hidangan file
2.      Masukkan / isi label, host address, usrename dam password
3.      Klik hidangan edit pastikan pilihan use passitive mode tlh dichack
4.      Klik ok -> connect
5.      Isi username dan password
“Jika proses tidak berhasil, kerjakan langkah pelengkap
1.      Upload data ke folder publick_html
2.      Untuk mengganti permission file / chmod, memindahkan file ke sebuah folder
3.      Menghapus file, tinggal klik kanan pada file yang bersangkutan & pilih pilihan yang tepat.”

VoIP(Voice over Internet Protocol)
VoIP yakni cara berkomunikasi bunyi (voice) lewat jaringan Internet, sehingga komunikasi jarak jauh SLJJ maupun SLI dapat dilakukan dengan ongkos setempat.
Keuntungan VoIP
a.        Biaya lebih rendah untuk sambungan eksklusif jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah ongkos. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka ongkos percakapan menjadi sangat rendah.
b.      Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang telah ada untuk bunyi. Berguna kalau perusahaan telah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada mampu dibangun jaringan VoIP dengan gampang.  Tidak diharapkan suplemen biaya bulanan untuk penambahan komunikasi bunyi.
c.        Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth  untuk voice kini ini menjadi sangat kecil.  Teknik pemampatan data memungkinkan bunyi hanya memerlukan sekitar 8kbps bandwidth.
d.      Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon setempat yang  telah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bias disambungkan dengan PABX yang ada dikantor .  Komunikasi antar kantor mampu memakai pesawat telepon biasa
e.       Variasi penggunaan perlengkapan yang ada, misal dari PC  sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
Kelemahan VoIP
a.       Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN.
b.       Ada jeda dalam berkomunikasi.
c.       Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal.
d.       Berpotensi menimbulkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak,  maka ada kesempatanjaringan data  yang ada menjadi penuh bila tidak dikontrol dengan baik. Pengaturan bandwidth ialah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akhir pemakaian VoIP.
e.        Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menyebabkan kekacauan dalam metode penomoran.
Metode VoIP
1.      ATA (Analog Telephone Adaptor)
ATA yaitu alat pengubah sinyal dari analog  menjadi digital. Cara kerjanya yakni mengganti sinyal analog  dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet.
2.      IP Phones
IP Phones juga memiliki konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan didalam IP Phones telah ada semua perangkat keras maupun lunak yang telah terpasang didalamnya yang menunjang melaksanakan pemanggilan IP.
3.      Computer-to-Computer
Cara Praktis dan Sederhana menghubungkan komputer dengan komputer . Yang mesti anda sediakan cuma acara (software), mikrofon,  speaker, soundcard  dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi internet yang  relatif cepat seperti koneksi Kabel atau DSL. Selain ongkos bulanan ISP, umumnya tidak ada lagi biaya untuk panggilan Computer-to Computer, seberapa jauh pun  jaraknya.
Softswitch
·         Entitas (sesuatu yang digambarkan oleh data) berbasis software yang menawarkan fungsi kontrol panggilan pada jaringan IP .
·         Dikenalkan oleh ISC (International  Softswitch Consortium)/  IPCC (International Packet Communications Consortium)/  MSC (Multiservice Swiching Forum).

PBX dan SIP Bedasarkan Softswtich
Pengertian PBX
PBX ialah suatu sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh sebuah lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
Proses kerja PBX server softswitch
          Sebuah metode IP PBX berisikan satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berbentuksoftware (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan dikala mereka ingin menciptakan panggilan mereka meminta IP PBX untuk melaksanakan panggilan. IP PBX mempunyai daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang cocok dengan SIP mereka dan dengan demikian mampu menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau pemasoklayanan VOIP.

PBX (Private Branch eXchange)

IP PBX dan PBX
            PBX yaitu suatu sentral privat dengan fitur mirip sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
 Line cards merupakan terminasi /interface antar susukan extension dengan sentral PBX
Berfungsi melakukan borscht(battery Over loaded, Ringing, signaling, coding, hybrid, testing).
Trunk cards selaku interface/ terminasi antar kanal/ trunk ke PSTN dengan sentral PBX.
Berfungsi melakukan konverer sinyal jalan masuk dengan sinyal  internal sentral PBX
Switch cards melakukan fungsi penyambungan  (switching) antar port extension (line cards) dengan
Port extension line cards lain dalam panggilan internal dan antar port extension line cards dengan port Trunk cards dalam panggilan external (incoming/ outgoing call)
Signaling  akseptor/ pengiriman sinyal dengan extension (DTMF) (decadi pulses)
Dan pensinyalandengan senrtal public (DTMF/MCF decadi pulses)
Prosessor cards sebagai pusar control yang menertibkan seluruh aktifitas sentral.